Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

kicauanburung.comCara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina – Pada waktu lalu ada seseorang yang bertanya apakah ada perbedaan antara Burung Anis Kembang Jantan dan Betina. Jika kita melihat sepintas mungkin tidak jelas perbedaan keduanya, namun sebenarnya ada perbedaan antara jantan dan betina pada burung Anis Kembang ini.

Ketika akan memebeli Burung Anis Kembang, biasanya si pembeli merasa kesulitan membedakan antara jantan dan betina. Karena  memang bukan hanya dari tampilan luar saja yang jadi faktor pembeda, karena Anis Kembang Jantan dan yang Betina memiliki kemiripan atau dimorfik.

Buat para pemuli di dunia perburungan yang baru saja memelihara jenis burung kicauan. Biar tidak salah memilih Anis Kembang Jantan dan Betina yuk cari tahu ciri-ciri antara keduanya.

Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina

Perbedaan antara burung anis kembang jantan dan betina dapat kita lihat melalui ciri-ciri keduanya. Dari segi keseluruhan tampilan dan suara akan terlihat jelas bentuk perbedaan anis kembang jantan dan betina.

Jadi, perhatikan dan pahami hal yang membedakan dari burung anis kembang ini agar Anda tidak salah dalam memilih jenis kelamin hewan unggas tersebut. Berikut penjelasan soal perbedaannya antara lain.

Bagian Mata Anis Kembang

Perbedaan pertama pada burung anis kembang adalah bola mata. Bola mata yang menonjol dengan sorot mata tajam itu menandakan burung anis kembang jantan. Namun, jika tampilan bola mata terlihat datar atau tidak menonjol dan tidak melotot dengan sorot mata sayu artinya burung anis kembang berjenis kelamin betina.

Baca Juga :  Harga Anis Kembang Trotol Jantan

Postur Tubuh Anis Kembang

Setelah perbedaan pada bagian mata, selanjutnya yaitu pada postur tubuh anis kembang. Pada anis kembang jantan memiliki postur tubuh yang lebih terlihat panjang dan juga serasi. Burung anis kembang betina memiliki postur tubuh yang terlihat lebih buntet. Dan cenderung lebih pendek daripada anis kembang jantan.

Warna Bulu Anis Kembang

Warna Bulu juga merupakan perbedaan yang harus kita pertimbangkan ketika akan membeli  burung anis kembang tergolong jantan ataupun betina. Jika dilihat lebih cermat dan detail pada warna bulu anis kembang akan terlihat perbedaannya.

Warna bulu dari anis kembang jantan umumnya lebih mengkilap dan kontras. Tetapi untuk anis kembang betina memiliki warna bulu tidak kontras. Atau tidak tegas kata lain terlihat lebih kusam atau pudar dibandingkan anis kembang jantan.

Bagian Ekor Anis Kembang

Pada bagian ekor, Burung anis kembang jantan lebih panjang dibandingkan yang betina. Anis kembang jantan bagian pantat memiliki tampilan warna bulu hitam atau abu-abu yang berbentuk menyerupai tampilan awan. Sedangkan anis kembang betina bagian pantat terdapat bulu berwarna putih.

Jenis warnanya ada dua yaitu warna putih bersih dan juga berwarna putih keruh pada burung anis kembang betina. Pada faktor ini, kita harus lebih jeli karena bagian ekor dan warna bulu tidak terlalu jelas dengan hanya sepintas saja, maka dari penting dalam hal membedakan anis kembang jantan dan betina.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Anis Kembang Trotolan

Bentuk Kaki Anis Kembang

Jika dilihat dari bentuk kaki anis kembang, Anis kembang jantan memiliki bentuk kaki yang lebih rapat dan terasa keras kalau ditekan dengan jari. Tampilan bentuk kaki anis kembang betina terlihat lebih berjarak lebar dan juga terasa lunak kalau ditekan dengan jari. Bentuk kaki anis kembang termasuk hal pembeda yang cukup mudah dilakukan ketika hendak membedakan jantan atau betina. Pastikan Anda tidak melawati poin yang satu ini.

Baca Juga :  Perawatan Anis Kembang Trotol Mabung

Suara Kicauan Burung Anis Kembang

Suara kicauan penting untuk diperhatikan dalam membedakan burung anis kembang jantan atau betina. Untuk anis kembang jantan kalau sedang berkicau biasanya akan membuka paruhnya. Hal ini sering terjadi ketika anis kembang jantan dalam masa anakan, trotolan atau bakalan.

Berbeda dengan anis kembang betina yang hanya terlihat lehernya saja yang menggelembung dengan suara yang cukup nyaring kemungkinan adalah anis kembang betina. Jadi, perhatikan baik-baik saat burung anis kembang ngeriwik atau berkicau dan suara yang dikeluarkan tergolong nyaring atau tidak.

Jangan sampai Anda berniat membeli sepasang jantan dan betina, malah dua-dua berjenis kelamin sama karena akan menimbulkan kekecewaan.

Gaya Berdiri Anis Kembang

Jika kita melihat burung anis kembang cenderung merapatkan kakinya itu artinya burung itu jantan. Jika anis kembang betina ketika berdiri akan terlihat merenggangkan kaki dan sedikit menunduk.

Masa Birahi Anis Kembang

Masa dewasa atau birahi burung anis kembang jantan di tandai dengan menunjukkan sifat agresif apalagi ketika berdekatan dengan betinanya. Sedangkan anis kembang betina yang sudah dewasa akan membuka dan menutup bagian sayap. Bahkan menggetarkan sayapnya ketika berada didekat burung anis kembang jantan yang tengah berkicau.

Inilah menandakan bahwa anis kembang betina merespon dari kicauan burung anis kembang jantan.

Itulah Cara Membedakan Burung Anis Kembang Jantan dan Betina. Meskipun terlihat hampir sama antara jantan dan betina, namun ternyata ia memiliki kelebihan dan kekurangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *