Beberapa Latihan yang bisa Dilakukan Lovebird

Beberapa Latihan yang bisa Dilakukan Lovebird

kicauanburung.com – Beberapa Latihan yang bisa Dilakukan Lovebird – Dalam melatih lovebird, para pecinta burung lovebird memiliki cara tersendiri dan sangat memungkinkan perawatan harian lovebirdnya tidak sama satu sama lain. Latihan yang diberikan pemiliknya juga bertujuan agar lovebird menjadi jinak.

Berikut beberpa latihan yang bisa dilakukan Lovebird

1.Melatih Lovebird dengan Clicker

Clicker merupakan sebuah alat kecil yang ketika ditekan dapat mengeluarkan bunyi klik. Dengan bunyi yang dihasilkan alat ini, lovebird akan lebih konsentrasi dan fokus ketika latihan. Selain itu penggunaan clicker juga menandakan bahwa lovebird akan di kasih hadiah atau reward berupa makanan.

Efek yang dihasilkan ketika sudah jinak, saat alat ini di bunyikan, lovebird akan otomatis menghampiri kita. Namun penggunaannya jangan terlalu sering karena bisa berakibat lovebird mengabaikan panggilan kita.

2. Melatih Loverbird dengan Stik

Selain clicker, kita juga bisa melatih lovebird mengunakan stik seperti sumpit atau tongkat kecil untuk memancing lovebird menghampiri kita.

Terkadang lovebird malu-malu ketika hinggap ditangan pemiliknya, dengan adanya stik ini bisa menjadi perantara lovebird yang akan hinggap ditangan kita.

Pada awalnya lovebird akan menggigit stik kita, namun seiring berjalannya waktu lovebird akan hinggap di stik dan mulai mendekati tangan kita.

Baca Juga :  Suara Burung Lovebird

3. Melatih Lovebird mengambil makanan di tangan kita (Feed on First)

Setelah lovebird mau hinggap ditangan kita, langkah berikutnya yaitu Feed on First atau mengambil makanan di telapak tangan pemiliknya. Latihan ini akan mudah dilakukan jika lovebird sudah terbiasa dipegang dan sudah jinak.

Caranya yaitu dengan memberikan pakan yang diletakan pada telapak tangan. Lovebird akan otomatis mengampiri dan memakannya.  Sembari makan, kita bisa mengelus-elus dengan lembut supaya lovebird merasa disayang. Kita juga bisa sesekali membunyikan Clicker untuk melatih fokusnya.

4. Melatih Lovebird lompat ke tangan (jump to the first)

Latihan selanjutnya yaitu Lovebird dilatih untuk lompat ke tangan pemiliknya.  Dalam kasus ini, posisi burung harus lebih tinggi dari tangan kita. Misalnya Lovebird ditaruh pada tempat yang lebih tinggi dari kita, kemudian berikan pakan melalui tangan kita. Atur posisi jarak antara Burung dan kita tidak terlalu jauh sehingga Lovebird berani untuk melompat.

Tips untuk lovebird yang tidak mau lompat, berikan terapi lapar setidaknya 2 jam sebelum latihan. sehingga ketika latihan napsu makannya sudah naik.

5. Melatih Lovebird terbang ke tubuh kita (fly to me)

Jika latihan lompat ketangan sudah berhasil, tahap latihan selanjutnya yaitu terbang ketubuh kita atau Fly To Me. Cara melatihnya yaitu dengan meletakan Lovebird jauh dari tubuh kita sekitar 1 meter. Kemudian biarkan lovebird terbang kearah kita untuk mengambil makanan.

Agar lovebird mengetahui posisi kita, maka gunakan peluit atau clicker. Jika takut lovebid lepas ke alam liar, kita bisa melatihnya di dalam ruangan.

Biasanya kalo metode ini berhasil, lovebird akan selalu terbang mengikuti kita. Lovebird akan terbang dan hinggap di kepala, pundak, tangan atau pakaian kita. Jika sudah sering terjadi seperti ini, kita sudah tidak perlu lagi menghantarkan barang-barang.

Baca Juga :  Makanan Burung Lovebird

6. Latihan terbang bebas (Free Light)

Lovebird yang sudah lulus di bagian soal 5, kemungkinan untuk sesi latihan ini akan jauh lebih mudah, Teknik latihan terbang bebas dilakukan dengan cara melepaskan ke luar ruangan, terbang bebas kemudian dapat kembali kepada pemiliknya.

Cara ini cukup beresiko mengingat ada kasus ketika lovebird dilepaskan, dia tidak kembali ke kita. Apalagi burung yang belum mengenal pemiliknya. Oleh karena itu memang sudah diwajibkan sebelum melalukan latihan ini, lovebird harus dilatih teknik sebelum ini.

Itulah Beberapa Latihan yang bisa Dilakukan Lovebird yang dapat kami bagikan ke anda semua. Yang terpenting jalinlah hubungan dengan lovebird anda terlebih dahulu. Kemudian baru diajak atraksi pertunjukan untuk menghibur masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *