Cara Merawat Burung Anis Kembang Trotolan

Cara Merawat Burung Anis Kembang Trotolan

Kicauanburung – Cara Merawat Anis Kembang trotolan – Bagi para pecinta burung, hal yang akan menjadi kebanggakan salah satunya yaitu merawat burung dari menetas sampai dewasa. Itu alasan banyak mania anis kembang telah memelihara burung ini sejak masih berumur anakan.

Perawatan anakan anis kembang yang berumur kurang dari 3 bulan harus dilakukan penuh perhatian, karena kondisi burung masih lemah. Ketika burung baru menetas, anakan burung sebaiknya tetap ditempatkan dalam sarangnya atau menggunakan mangkuk plastik yang dilengkapi bahan sarang dan kertas tisu.

Cara Merawat Burung Anis Kembang Trotolan

Burung Anis Kembang Trotolan sebaiknya jam berapa dan berapa kali.

Sekali sehari saja. Kalau bisa, jemur dulu barang sebentar pagi hari sebelum dimandikan. Jadi tidak dalam kondisi dingin langsung dimandikan. Tetapi sebaliknya, jangan habis dijemur lama langsung dimandikan. Untuk AK dewasa, bisa dia kali sehari, pagi-sore. Habis dimandikan jangan langsung dijemur. Angin2kan dulu biar airnya kering dulu, baru dijemur.

Penjemuran Burung Anis Kembang Trotolan waktunya berapa lama.

Jemur normal paling setengah jam saja di pagi hari.Porsi jemur bisa ditambah jika bulu sudah kuat/tua. Penambahan porsi jemur dilakukan secara bertahap dari hari ke hari.

Baca Juga :  Jenis Burung Pemakan Biji-Bijian di Indonesia

Pemberian kroto, Jangkrik, Cacing, buah berapa banyak & berapa kali dalam sehari.

Pagi hari, jangkrik 4-5 (sehabisnya berapa). Setelah itu tambah kroto dengan porsi minimal sesendok makan sehari. Sore jangkrik 4 ekor. Diberikan tiap hari. Untuk cacing,1-2 ekor di siang hari (nggak mutlak).

Kapan pengkrodongan harus dilakukan.

Di malam hari. Tapi kalau pengin nglatih agar bunyi di kala sunyi, nggak usah dikerodong di malam hari dan didekatkan lampu (suasana terang).

Master apa yg bagus untuk AK.

Suara jangkrik. Jika anakan AK bisa merekam suara jangkrik, dia akan relatif mudah merekam suara apa saja.

Selain itu untuk hasil yang maksimal perawatan ini harus memperhatikan pola perawatan lain seperti pemberian pakan yang sesuai demi menghasilkan anis kembang yang benar-benar lincah, cerdas, dan rajin berbunyi. Berikut tipsnya

  • Sejumput kroto bersih yang masih segar diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Porsi kangkrik 2-3 ekor, diberikan setelah burung Sebelum dijemur, burung diberikan cacing tanah yang sudah dipotong kecil-kecil. Jenis cacing yang digunakan sebaiknya seperti yang banyak dijual di toko pakan burung. Para kicaumania menyebutnya cacing plungker.
  • Buah-buahan hanya diberikan sebagai pakan tambahan untuk melengkapi nutrisinya.
  • Pengembunan dilakukan sejak pagi-pagi sekali, terutama waktu subuh.
  • Rajin memandikan burung, meski hanya berupa penyemprotan sekilas, dengan mempertimbangkan faktor suhu dan cuaca.
  • Penjemuran jangan terlalu berlebihan, dengan durasi kurang dari 1 jam.
  • Pemasteran dilakukan pagi hari setelah penjemuran, dan siang hari saat burung sedang beristirahat.
  • Pemberian multivitamin seperti BirdVit diperlukan untuk menjaga kondisi trotolan anis kembang agar tetap sehat dan aktif.

Untuk perawaan perbulan dapat dilakukan dengan metode berkut ini :

Perawatan anis kembang umur 4 – 6 bulan

1. Pada umur ini burung sudah mampu mengenali jenis makanannya, berikan pakan tambahan yang bervariasi untuk membiasakan dengan pakan tersebut, misalnya kroto, cacing tanah, dan jangkrik. Sebab pakan-pakan seperti itulah yang akan dijumpainya setiap hari.

Baca Juga :  Perawatan Anis Kembang Trotol

2. Pakan tambahan / extra fooding (EF) sebaiknya diberikan secara teratur setiap hari, untuk mengkondisikan burung agar setelah dewasa bisa dan terbiasa menerima setelan / setingan untuk membuat birahinya stabil atau meningkat.

3. Bentuk perawatan lain mulai bisa diterapkan misalnya mandi dan jemur, mandi bisa dilakukan dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya atau mandi semprot menggunakan hand sprayer setiap pagi dan sore hari.

4. Penjemuran dilakukan secukupnya dalam waktu tidak lebih dari 30 menit, membiasakan burung berjemur pada pagi hari sangat baik bagi pertumbuhannya, dan membuat bulu-bulunya menjadi lebih kuat dan staminanya juga lebih terjaga.

5. Anis kembang jantan yang berumur lebih dari 4 bulan biasanya mulai berlatih berkicau dengan mengeluarkan berbagai macam suara termasuk suara ngeriwik, panggilan, bahkan suara crecetan yang keras. Pada tahap ini pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa suara masteran atau menggunakan burung master yang gacor yang digantang tidak jauh dari sangkarnya.

Setelah berumur 5 – 6 bulan anis kembang mulai mengalami pergantian bulu atau mabung yaitu bergantinya bulu trotolan menjadi bulu remaja, pada saat itu pula Anda bisa memberi pakan buah-buahan yang bervariasi secara rutin setiap harinya.

Perawatan anis kembang umur 7 – 10 bulan

Anis kembang kini sudah menjelma menjadi burung dewasa, penampilan dan perilakunya akan menjadi lebih aktif. Untuk mendukung aktivitasnya pola perawatan hariannya harus disetel ulang.

1. Pemberian pakan tambahan seperti kroto, jangkrik, dan cacing tanah harus lebih ditingkatkan dan diberikan secara teratur setiap hari. Begitu juga buah-buahan harus diberikan lebih bervariasi.

2. Pengembunan bisa dilakukan untuk mempercepat burung bersuara kencang / ngeplong, saat pengembunan burung diberikan kroto sebanyak 1 sendok teh untuk merangsangnya agar mau berbunyi kencang.

Baca Juga :  Perawatan Anis Kembang Jantan dan Betina

3. Mandi bisa dilakukan menggunakan karamba mandi, biarkan burung mandi sepuasnya atau sampai terlihat melompat-lompat dari tenggeran di karamba mandinya.

4. Penjemuran di bawah cahaya matahari berlangsung selama 1,5 – 2 jam, yang dilakukan setiap pagi dan sore hari.

Setelah berumur lebih dari 9 bulan burung kembali mengalami ganti bulu dari bulu remaja ke bulu dewasa. Setelah burung dewasa Anda bisa melakukan pengaturan ulang terhadap pola perawatannya, terutama soal EF. Berikan perawatan yang sesuai untuk meningkatkan birahi burung agar kelak lebih rajin berbunyi dengan penampilan maksimal.

Itulah beberapa tips Cara Merawat Burung Anis Kembang Trotolan. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *