Cara Melatih Lovebird agar Jinak dan menjadi Teman Bermain

Cara Melatih Lovebird agar Jinak dan menjadi Teman Bermain

kicauanburung.com – Cara Melatih Lovebird agar Jinak dan menjadi Teman Bermain – Mempunyai hewan yang bisa diajak bermain merupakan impian bagi semua pecinta hewan. Salah satunya yaitu pecinta burung. Banyak orang terobsesi untuk memiliki penangkaran burung. Burung-burung hasil tangkaran sebagai teman bermain karena mereka merawat dari mulai menetas sampai dewasa.

Burung lovebird merupakan burung yang dapat melakukan atraksi dan trik jika pemiliknya mau melatih walaupun butuh waktu lama dan kesabaran ekstra serta perawatan khusus.

Lovebird termasuk burung yang pintar. Tidak heran jika burung ini mampu menirukan burung lain dengan mudah untuk dilatih. Sebagai pemilik Lovebird kita harus melatihnya secara berulang-ulang. Bahkan sejak lovebird menetas, biasanya sudah ada perlakuan khusus dari pemiliknya seperti pemberian pakan secara di manual atau diloloh oleh tangan kita sendiri. Hal tersebut dapat menimbulkan kedekatan antara pemilik dan lovebird.

Berikut beberapa tips Cara Melatih Lovebird agar Jinak dan menjadi Teman Bermain yang sudah kami rangkum :

Cara Melatih Lovebird agar Jinak dan menjadi Teman Bermain

1. Mandi Semprot atau dipegangi

Ada berbagai cara dalam memandikan burung lovebird, seperti mandi semprot dengan alat spray, mandi cepuk atau keramba dan mandi dengan cara dipegangi.

Baca Juga :  Tips Mudah Membuat Mainan untuk Burung Lovebird di Rumah

Burung lovebird akan lebih cepat jinak jika pemiliknya memandikan dengan cara disemprot halus atau bisa dilakukan di bawah pancuran sambil dipegangi. Kedua cara ini sangat bagus dan direkomendasikan, jika memilih salah satu diantara kedua cara tersebut. Akan lebih baik jika memandikan dengan cara dipegangi dibawah pancuran, karena lovebird akan lebih merasa disayangi.

Walaupun cara diatas sangat bagus akan tetapi perlu diingat bahwa air pancuran jangan sampai mengenaik mata dan hidung lovebird. Kemudian mengelus bulunya pun harus dilakukan dengan kelembutan supaya tidak merusak bulunya.

2. Gantang Lovebird di keramaian

Cara kedua yaitu gantang lovebird dikeramaian. Arti dikeramaian disini bukan meletakan burung ini di pinggir jalan ataupun di dekat suara bising. Akan tetapi lebih kepada di sekitaran rumah atau didalam rumah yang sering dilalui manusia. Hal ini untuk melatih keberanian lovebird terhadap manusia.

3. Mengelus Lovebird dengan lembut

Mengelus Lovebird merupakan salat satu tanda perkenalan dari pemiliknya, semakin sering mengelus burung ini, maka akan semakin akrab mereka. Misalnya saja ketika akan berangkat kerja, sempatkanlah mengelus lovebird, begitu pula ketika pulang kerja. Jika kegiatan itu dilakukan rutin maka lovebird akan merasa disayang.

4. Terapi lapar Lovebird

Membuat burung Lovebird lapar akan merangsang kemampuan fokus lovebird dalam menjalani latihan. Lapar disini bukan bearti tidak memberinya makan, akan tetapi tetap memberinya makan dengan jumlah yang sedikit. Artinya lovebird akan dikasih makan setelah sukses menjalasi seni latihan itu.

5. Terapi ludah agar cepat jinak

Walaupun terkesan jorok, ternyata cara ini cukup bagus dan menjadi pilihan dalam membuat lovebird jinak. Caranya yaitu lovebird diembunkan dahulu dipagi hari. Kemudian lovebird diberi ludah kita dibagian paruhnya. Perlu diingat sebelum pemberian ludah, kita harus membersihkan mulut dan gigi kita terlebih dahulu supaya tidak ada penyakit yang menular.

Baca Juga :  Cara Menjaga Kesehatan Bulu Burung Lovebird agar Tetap Indah

6. Beri nama panggilan

Lovebird akan lebih merasa dihargai jika dikasih nama. Kita bisa memanggilnya ketika memberi pakan, ini akan memberikan ingatan ketika nama itu disebut maka akan dikasih makan.

7. Sering mengajak bicara

Setelah dikasih nama, sering-seringlah mengajaknya bicara. Misalnya bicara pekerjaan, keluarga atau curhat apapun. Walapun lovebird tidak mengerti apa yang kita bicarakan, tetapi mereka akan merasa diperhatikan loh.

8. Menjadikan lovebird teman

Menjadikan lovebird teman supaya lebih dekat. Jika hubungan kita dengan lovebird sudah sangat dekat, lovebird ini tidak akan mau lepas dengan kita, kemanapun kita pergi lovebird pasti ikut. Nantinya akan memudahkan kita dalam melatih atraksi.

9. Lovebird diajak bermain

Lovebird jangan hanya diajak bicara, cobalah kita ajak bermain dengan cara memasukan tangan kita kedalam sangkar. Selain itu sangkar lovebird bisa diberikan ayunan didalamnya.

Itulah beberapa tips Cara Melatih Lovebird agar Jinak dan menjadi Teman Bermain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *