Jenis Burung Gelatik di Indonesia

Jenis Burung Gelatik di Indonesia

Kicauanburung.comJenis Burung Gelatik di Indonesia – Burung gelatik merupakan salah satu jenis burung yang banyak ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki ciri khas yang menarik dan suaranya yang merdu membuat banyak orang menjadikannya burung peliharaan. Berikut ini adalah beberapa jenis burung gelatik yang populer di Indonesia.

Gelatik Jawa (Padda oryzivora)

Ciri-ciri

Burung gelatik jawa memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 15 cm. Bulu-bulunya berwarna keabu-abuan dengan bagian kepala berwarna hitam. Di bagian bawahnya terdapat warna putih yang membuatnya terlihat sangat cantik. Burung ini juga memiliki suara yang merdu dan bisa menirukan suara burung lain.

Habitat dan Penyebaran

Gelatik jawa banyak ditemukan di daerah Jawa dan Bali. Burung ini sering ditemukan di daerah perkebunan dan hutan.

Perawatan

Untuk merawat burung gelatik jawa, Anda perlu memberikan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Pastikan juga Anda memberikan kandang yang cukup besar dan bersih serta memberikan banyak ruang untuk burung agar bisa terbang dan bergerak secara bebas.

Harga

Harga burung gelatik jawa bervariasi, tergantung pada umur dan kondisinya. Biasanya, harga burung gelatik jawa berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Baca Juga :  Cara Merawat Gelatik Putih

Gelatik Siam (Lonchura malacca)

Ciri-ciri

Gelatik siam memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada gelatik jawa, yaitu sekitar 19 cm. Burung ini memiliki bulu-bulu yang berwarna hitam keabu-abuan dengan bagian perut berwarna putih. Gelatik siam memiliki suara yang merdu dan bisa menirukan suara burung lain.

Habitat dan Penyebaran

Burung gelatik siam banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini sering ditemukan di daerah perkebunan, hutan, dan kota-kota besar.

Perawatan

Untuk merawat burung gelatik siam, Anda perlu memberikan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Pastikan juga Anda memberikan kandang yang cukup besar dan bersih serta memberikan banyak ruang untuk burung agar bisa terbang dan bergerak secara bebas.

Harga

Harga burung gelatik siam bervariasi, tergantung pada umur dan kondisinya. Biasanya, harga burung gelatik siam berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 800.000.

Gelatik Batu (Pycnonotus melanicterus)

Ciri-ciri

Burung gelatik batu memiliki ukuran tubuh yang sedang, yaitu sekitar 20 cm. Burung ini memiliki bulu-bulu yang berwarna cokelat dengan bagian bawah berwarna putih. Gelatik batu memiliki suara yang unik dan keras.

Habitat dan Penyebaran

Gelatik batu banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini sering ditemukan di daerah perkebunan, hutan, dan dataran rendah.

Perawatan

Untuk merawat burung gelatik batu, Anda perlu memberikan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Pastikan juga Anda memberikan kandang yang cukup besar dan bersih serta memberikan banyak ruang untuk burung agar bisa terbang dan bergerak secara bebas.

Harga

Harga burung gelatik batu bervariasi, tergantung pada umur dan kondisinya. Biasanya, harga burung gelatik batu berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 600.000.

Baca Juga :  Harga Burung Gelatik Sultan

Gelatik Taiwan (Lonchura punctulata)

Ciri-ciri

Burung gelatik taiwan memiliki ukuran tubuh yang kecil, yaitu sekitar 11-12 cm. Burung ini memiliki bulu-bulu yang berwarna abu-abu dengan bagian perut berwarna putih. Gelatik taiwan memiliki suara yang merdu dan bisa menirukan suara burung lain.

Habitat dan Penyebaran

Gelatik taiwan banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini sering ditemukan di daerah perkebunan, hutan, dan kota-kota besar.

Perawatan

Untuk merawat burung gelatik taiwan, Anda perlu memberikan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Pastikan juga Anda memberikan kandang yang cukup besar dan bersih serta memberikan banyak ruang untuk burung agar bisa terbang dan bergerak secara bebas.

Harga

Harga burung gelatik taiwan bervariasi, tergantung pada umur dan kondisinya. Biasanya, harga burung gelatik taiwan berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 300.000.

Gelatik Padi (Lonchura oryzivora)

Ciri-ciri

Burung gelatik padi memiliki ukuran tubuh yang kecil, yaitu sekitar 10-12 cm. Burung ini memiliki bulu-bulu yang berwarna kecokelatan dengan bagian perut berwarna putih. Gelatik padi memiliki suara yang merdu dan bisa menirukan suara burung lain.

Habitat dan Penyebaran

Gelatik padi banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini sering ditemukan di daerah perkebunan, hutan, dan dataran rendah.

Perawatan

Untuk merawat burung gelatik padi, Anda perlu memberikan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Pastikan juga Anda memberikan kandang yang cukup besar dan bersih serta memberikan banyak ruang untuk burung agar bisa terbang dan bergerak secara bebas.

Harga

Harga burung gelatik padi bervariasi, tergantung pada umur dan kondisinya. Biasanya, harga burung gelatik padi berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 300.000.

Baca Juga :  Jenis Burung Gelatik dan Harganya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis burung gelatik yang populer di Indonesia. Burung gelatik memang memiliki suara yang merdu dan ciri fisik yang menarik sehingga banyak orang memeliharanya sebagai burung peliharaan. Namun, perlu diingat bahwa merawat burung gelatik juga memerlukan perhatian dan tanggung jawab yang besar. Pastikan Anda memahami cara merawat burung gelatik dengan baik sebelum memutuskan untuk memeliharanya.