Harga Burung Gelatik Sultan

Harga Burung Gelatik Sultan

Kicauanburung.comHarga Burung Gelatik Sultan – Burung Gelatik Sultan dikenal sebagai burung pengicau yang memiliki ukuran kecil. Burung ini memiliki warna bulu yang indah dengan ciri khas di kepala dan ekornya yang berwarna hitam. Selain itu, burung ini juga memiliki suara merdu yang membuatnya banyak diminati oleh para penggemar burung.

Mengenal Burung Gelatik Sultan

Karakteristik Burung Gelatik Sultan

Burung Gelatik Sultan memiliki ukuran yang kecil dengan panjang sekitar 10-12 cm. Warna bulunya bervariasi antara coklat, abu-abu, dan putih dengan ciri khas hitam di kepala dan ekornya. Burung ini juga memiliki paruh kecil yang berbentuk lancip dan kaki yang pendek.

Habitat dan Perilaku Burung Gelatik Sultan

Burung Gelatik Sultan biasanya hidup di hutan dan daerah perbukitan dengan ketinggian 500-1500 mdpl. Burung ini juga sering ditemukan di kebun, taman, dan pekarangan rumah dan termasuk jenis burung yang cukup aktif dan suka bergerak. Mereka sering terlihat bergerombol dan saling berinteraksi dengan burung sejenisnya.

Perbedaan Burung Gelatik Sultan dan Burung Gelatik Biasa

Burung Gelatik Sultan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan burung gelatik biasa. Selain dari segi ukuran yang lebih kecil, burung ini memiliki warna bulu yang lebih menarik dan suara kicauan yang lebih merdu. Perbedaan lainnya terletak pada ciri khas hitam di kepala dan ekornya yang tidak dimiliki oleh burung gelatik biasa.

Baca Juga :  Jenis Makanan untuk Burung Gelatik Batu

Harga Burung Gelatik Sultan

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Gelatik Sultan

Harga burung Gelatik Sultan bervariasi tergantung pada beberapa faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung ini adalah usia, jenis kelamin, keindahan bulu, serta suara kicauannya. Semakin cantik dan merdu suara kicauannya, maka harga burung Gelatik Sultan akan semakin mahal.

Harga Pasar Burung Gelatik Sultan

Rata-rata harga burung Gelatik Sultan di pasaran berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000. Namun, harga tersebut dapat berubah-ubah tergantung pada faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Burung Gelatik Sultan yang masih anakan biasanya lebih murah dibandingkan dengan burung dewasa.

Cara Membeli Burung Gelatik Sultan

Jika Anda ingin membeli burung Gelatik Sultan, sebaiknya beli dari penjual yang terpercaya. Pastikan juga bahwa burung yang akan dibeli dalam kondisi sehat dan memenuhi kriteria yang diinginkan. Lakukan pengecekan fisik dan suara kicauannya sebelum membeli.

Tips Merawat Burung Gelatik Sultan

Penempatan Kandang

Burung Gelatik Sultan dapat ditempatkan dalam kandang berukuran kecil dengan bahan dasar dari rotan atau bambu. Kandang sebaiknya ditempatkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan angin yang kencang.

Pemberian Makanan

Burung Gelatik Sultan dapat diberikan makanan seperti voer, jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan. Pastikan makanan yang diberikan segar dan tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi burung.

Perawatan Bulu

Perawatan bulu burung Gelatik Sultan dapat dilakukan dengan menyemprotkan air ke tubuh burung secara perlahan dan halus. Hindari menyemprotkan air terlalu keras dan jangan memandikan burung terlalu sering agar bulunya tidak rusak.

Kesimpulan

Burung Gelatik Sultan adalah salah satu jenis burung pengicau yang populer di Indonesia. Selain memiliki warna bulu yang indah, burung ini juga memiliki suara kicauan yang merdu. Variasi Harga pada burung ini tergantung pada beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, keindahan bulu, dan suara kicauannya. Untuk merawat burung Gelatik Sultan, pastikan kandangnya bersih dan nyaman, serta pemberian makanan dan perawatan bulu yang tepat.

Baca Juga :  Gelatik Timor, Burung yang Semakin Terancam