Jenis Burung Gelatik dan Harganya

Jenis Burung Gelatik dan Harganya

Kicauanburung.comJenis Burung Gelatik dan Harganya – Burung gelatik menjadi salah satu burung yang populer di Indonesia. Selain memiliki suara yang merdu, burung ini juga memiliki beragam jenis yang menarik untuk dipelihara. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara burung gelatik, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenisnya dan harga pasarnya. Berikut adalah penjelasan tentang jenis burung gelatik dan harganya.

Jenis Burung Gelatik dan Harganya

Gelatik Batu

Gelatik batu (Pycnonotus jocosus) merupakan jenis burung gelatik yang paling populer di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 20-23 cm dan berat sekitar 45-50 gram. Gelatik batu memiliki warna bulu yang dominan hitam, putih, dan coklat. Burung ini memiliki suara yang merdu dan sering digunakan sebagai burung master dalam latihan burung kicau.

Harga pasaran gelatik batu bervariasi tergantung pada kualitas dan kemampuan suaranya. Harga untuk gelatik batu yang berkualitas baik dan memiliki suara yang bagus dapat mencapai Rp 2-5 juta.

Gelatik Jawa

Gelatik jawa (Pycnonotus aurigaster) merupakan jenis burung gelatik asli Indonesia yang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan gelatik batu. Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 16-18 cm dan berat sekitar 23-30 gram. Gelatik jawa memiliki warna bulu yang dominan coklat kekuningan dengan bercak-bercak hitam pada bagian kepala dan sayap.

Harga pasaran gelatik jawa bervariasi tergantung pada kualitas dan kemampuan suaranya. Harga untuk gelatik jawa yang berkualitas baik dan memiliki suara yang bagus dapat mencapai Rp 1-3 juta.

Baca Juga :  Ciri-Ciri dan Karakteristik Burung Gelatik

Gelatik Borneo

Gelatik borneo (Pycnonotus atriceps) merupakan jenis burung gelatik yang hanya ditemukan di Pulau Borneo. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 18-20 cm dan berat sekitar 33-35 gram. Gelatik borneo memiliki warna bulu yang dominan coklat kemerahan dengan bercak-bercak hitam pada bagian kepala dan sayap.

Kualitas dan kemampuan suara sangat mempengaryhi harga burung ini. Harga untuk gelatik borneo yang berkualitas baik dan memiliki suara yang bagus dapat mencapai Rp 3-5 juta.

Harga Pasar Burung Gelatik

Kualitas burung, kemampuan suara, dan perawatan yang diberikan merupakan faktor yang mempengaruhi harga pasar burung gelatik. Harga pasar burung gelatik juga bervariasi tergantung pada daerah dan tempat penjualan. Berikut adalah estimasi harga pasar burung gelatik berdasarkan jenisnya:

Jenis Burung Gelatik Harga Pasar (Rp)
Gelatik Batu 2-5 juta
Gelatik Jawa 1-3 juta
Gelatik Borneo 3-5 juta

Perawatan Burung Gelatik

Kandang

Kandang untuk burung gelatik harus cukup besar agar burung dapat bergerak dan terbang secara bebas. Dalam kandang juga harus dilengkapi dengan tempat bertelur, tempat makan, dan tempat minum yang bersih. Kandang harus selalu dibersihkan secara teratur untuk menghindari penyebaran penyakit.

Pakan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung gelatik, pakan yang diberikan harus mengandung berbagai macam biji-bijian dan buah-buahan segar. Pemberian pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan burung dan dilakukan secara teratur.

Perawatan

Perawatan burung gelatik meliputi pemotongan kuku, membersihkan bulu, dan mandi. Mandi dapat dilakukan dengan menyediakan air dalam wadah yang cukup besar atau dengan menyemprotkan air pada burung. Selain itu, burung gelatik juga perlu diberi asupan vitamin dan suplemen untuk menjaga kesehatannya.

Baca Juga :  Harga Burung Gelatik di Indonesia

Kesimpulan

Burung gelatik merupakan salah satu jenis burung yang populer di Indonesia. Terdapat beberapa jenis burung gelatik yang menarik untuk dipelihara, seperti gelatik batu, gelatik jawa, dan gelatik borneo. Harga pasar burung gelatik bervariasi tergantung pada jenisnya dan kualitas burung tersebut. Untuk memelihara burung gelatik, diperlukan kandang yang cukup besar, pakan yang sehat, dan perawatan yang baik untuk menjaga kesehatan burung.