Cara Pemeliharaan Burung Kenari Merah

Cara Pemeliharaan Burung Kenari Merah

Kicauanburung.com – Cara Pemeliharaan Burung Kenari Merah – Burung Kenari Merah atau yang sering disebut “red factor canary” adalah jenis burung kenari yang memiliki warna merah cerah pada bulu-bulunya. Burung kenari merah merupakan burung peliharaan yang populer di Indonesia karena kecantikan dan keindahan suaranya yang merdu.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang segala hal yang perlu Anda ketahui tentang burung kenari merah, dari sejarah hingga perawatan dan cara pemeliharaannya.

Sejarah Burung Kenari Merah

Asal Usul

Jenis burung kenari merah pertama kali ditemukan di Italia pada tahun 1960-an. Burung kenari merah berasal dari hasil perkawinan silang antara burung kenari bernyanyi dengan burung kenari dari Spanyol yang memiliki warna merah pada bulu-bulunya.

Populeritas

Burung kenari merah menjadi sangat populer di Eropa dan Amerika karena keindahan warna bulunya yang merah. Kemudian, burung kenari merah mulai diimpor ke Indonesia pada tahun 1970-an dan menjadi sangat populer di kalangan para pecinta burung di Indonesia.

Ciri-Ciri Burung Kenari Merah

Warna Bulu

Yang membuat burung kenari merah begitu menarik adalah warna bulunya yang merah cerah. Warna merah pada bulu burung kenari merah sangat beragam, dari merah jambu hingga merah tua. Warna merah pada bulu burung kenari merah tergantung pada genetik dan makanan yang dikonsumsinya.

Baca Juga :  Harga Burung Kenari: Informasi Lengkap untuk Pecinta Burung

Ukuran Tubuh

Burung kenari merah memiliki ukuran tubuh yang sama dengan burung kenari pada umumnya, yaitu sekitar 12-13 cm panjangnya dan berat sekitar 15-20 gram.

Suaranya

Burung kenari merah memiliki suara yang merdu dan indah. Suara burung kenari merah sering digunakan dalam kompetisi burung kenari di Indonesia.

Perawatan Burung Kenari Merah

Makanan

Burung kenari merah membutuhkan makanan yang seimbang dan berkualitas untuk menjaga kesehatannya dan keindahan warna bulunya. Makanan burung kenari merah dapat berupa biji-bijian seperti biji jagung, biji bunga matahari, dan biji kelapa.

Kandang

Burung kenari merah harus ditempatkan di kandang yang cukup besar dan nyaman. Kandang burung kenari merah harus dilengkapi dengan tempat minum, tempat makan, dan tempat bersarang.

Perawatan Bulu

Burung kenari merah perlu dirawat bulunya agar tetap bersih dan sehat. Bulu burung kenari merah dapat disemprot dengan air atau diberi mandian khusus untuk burung kenari.

Cara Pemeliharaan Burung Kenari Merah

Pemilihan Burung Kenari Merah yang Baik

Pemilihan burung kenari merah yang baik sangat penting dalam pemeliharaan burung kenari merah. Pilihlah burung kenari merah yang memiliki tubuh dan bulu yang sehat serta memiliki suara yang merdu.

Pemberian Makanan

Pemberian makanan burung kenari merah harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisinya. Ketika pemberian makanan yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas pada burung kenari merah, sedangkan pemberian makanan yang kurang dapat menyebabkan burung kenari merah menjadi kurus dan tidak sehat.

Perawatan Kandang

Kandang burung kenari merah harus selalu bersih dan terawat agar burung kenari merah merasa nyaman dan sehat. Kandang burung kenari merah dapat dibersihkan setiap hari dengan membersihkan kotak makanan dan minuman, membersihkan kandang, dan mengganti alas kandang.

Baca Juga :  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Kenari

Kesimpulan

Burung kenari merah adalah burung peliharaan yang populer di Indonesia karena keindahan warna bulunya dan suara yang merdu. Perawatan burung kenari merah cukup mudah, namun membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga kesehatannya dan keindahan warna bulunya.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda telah memperoleh pengetahuan yang lebih tentang burung kenari merah dan dapat mengambil langkah-langkah untuk memeliharanya dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *