Burung Kenari Eksotis dari Indonesia bernama Blackred

Burung Kenari Eksotis dari Indonesia bernama Blackred

Kicauanburung.com – Burung Kenari Eksotis dari Indonesia bernama Blackred  – Kenari Blackred adalah spesies burung populer yang berasal dari Indonesia. Burung ini dikenal dengan kombinasi warna hitam dan merahnya yang unik , yang membuatnya menjadi favorit di kalangan penggemar burung. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi karakteristik dan kebiasaan Kenari Blackred dan mempelajari lebih lanjut tentang mengapa itu adalah burung yang dicari.

Sejarah dan Asal

Burung Kenari Blackred diyakini berasal dari Kepulauan Canary, yang terletak di lepas pantai Afrika. Burung-burung ini kemudian diperkenalkan ke Indonesia selama abad ke-19, dan mereka dengan cepat menjadi populer di kalangan peternak lokal .

Kenari Blackred adalah keturunan dari spesies Serinus canaria, yang umumnya dikenal sebagai burung kenari. Seiring waktu, peternak di Indonesia telah secara selektif membiakkan burung-burung ini untuk mengembangkan warna hitam dan merah mereka yang unik, yang telah membuat mereka sangat dihargai di kalangan penggemar burung di seluruh dunia.

Karakteristik Fisik

Karakteristik Fisik Kenari Blackred

Kenari Blackred adalah burung kecil yang biasanya berukuran panjang sekitar 13-14 cm. Mereka dikenal karena bulu hitam dan merahnya yang unik, yang merupakan hasil dari pembiakan selektif. Kenari Blackred jantan memiliki kepala, ekor, dan sayap hitam mencolok, dengan bulu merah cerah di tubuhnya. Betina, di sisi lain, memiliki warna yang lebih tenang, dengan tubuh coklat keabu-abuan dan bulu merah pucat di bulu dada dan sayap.

Burung ini juga memiliki paruh khas yang pendek, berbentuk kerucut, dan runcing. Mata mereka besar dan ekspresif, dengan iris hitam yang memberi mereka penampilan yang mencolok. Mereka memiliki kaki dan kaki yang kuat, yang memungkinkan mereka untuk hinggap di dahan dan memanjat pohon dengan mudah.

Baca Juga :  Harga Burung Kenari Merah di Indonesia

Habitat dan Diet

The Kenari Blackred adalah burung tropis yang ditemukan di alam liar di Indonesia. Mereka umumnya ditemukan di hutan, hutan, dan padang rumput terbuka, di mana mereka memakan berbagai biji, buah-buahan, dan serangga.

Di penangkaran, burung Kenari Blackred biasanya diberi makan biji, seperti biji kenari, millet, dan biji bunga matahari. Mereka juga membutuhkan buah-buahan dan sayuran segar untuk menjaga pola makan yang sehat. Penting untuk menyediakan burung-burung ini dengan makanan yang bervariasi untuk memastikan mereka menerima semua vitamin dan mineral yang diperlukan.

Pemuliaan dan Reproduksi

Kenari Burung Blackred dikenal karena kebiasaan berkembang biak dan reproduksinya. Burung-burung ini dimorfik secara seksual, yang berarti bahwa jantan dan betina memiliki karakteristik fisik yang berbeda.

Musim kawin untuk burung-burung ini biasanya dimulai pada musim semi, dan jantan akan mulai bernyanyi untuk menarik pasangan. Setelah pasangan ditemukan, betina akan meletakkan kopling 3-5 telur, yang akan menetas setelah sekitar dua minggu.

Penting untuk menyediakan pasangan pengembangbiakan dengan kotak bersarang yang cocok dan banyak bahan bersarang, seperti rumput, bulu, dan ranting. Anak-anak ayam akan membutuhkan diet makanan lunak, seperti kuning telur, selama beberapa minggu pertama kehidupan mereka, setelah itu mereka dapat secara bertahap disapih ke diet biji.

Perawatan dan Pemeliharaan

Kenari Burung Blackred membutuhkan sejumlah perawatan dan pemeliharaan untuk memastikan mereka tetap sehat dan bahagia. Burung-burung ini harus ditempatkan di kandang yang luas yang memungkinkan mereka banyak ruang untuk bergerak dan terbang. Kandang harus dibersihkan secara teratur, dan air tawar dan makanan harus disediakan setiap hari.

Penting juga untuk memberi burung-burung ini banyak mainan dan tempat bertengger agar mereka tetap terstimulasi secara mental dan aktif secara fisik. Burung Kenari Blackred adalah makhluk sosial, jadi disarankan untuk menjaga mereka berpasangan atau kelompok kecil .

Baca Juga :  Cara Merawat Burung Kenari Putih

Kesimpulan

The Kenari Blackred adalah burung unik dan eksotis yang sangat dicari oleh penggemar burung di seluruh dunia. Burung-burung ini dikenal karena warna hitam dan merahnya yang mencolok, serta paruhnya yang khas dan mata yang besar dan ekspresif.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menambahkan burung Kenari Blackred ke koleksi Anda, penting untuk memberi mereka habitat yang cocok, makanan yang bervariasi, dan banyak mainan dan tempat bertengger agar mereka tetap sehat dan bahagia. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, burung-burung ini dapat hidup hingga 10 tahun dan membawa sukacita dan persahabatan bagi pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *