Harga Burung Gelatik Batu Terbaru

Harga Burung Gelatik Batu Terbaru

Kicauanburung.comHarga Burung Gelatik Batu Terbaru – Burung Gelatik Batu merupakan salah satu jenis burung berkicau yang cukup populer di Indonesia. Selain suara kicauannya yang merdu, gelatik batu juga memiliki keindahan dan keunikan yang membuatnya diminati oleh banyak penghobi burung. Namun, harga burung gelatik batu bisa berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Berikut adalah ulasan mengenai harga burung gelatik batu lengkap dengan fakta dan jenisnya.

Fakta tentang Burung Gelatik Batu

1. Habitat

Burung Gelatik Batu atau yang memiliki nama ilmiah Pycnonotus Cafer ini dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Mereka biasanya tinggal di hutan-hutan atau area terbuka yang memiliki banyak pepohonan. Selain itu, beberapa jenis gelatik batu juga bisa ditemukan di perkotaan, seperti di taman atau lingkungan perumahan.

2. Ciri-ciri

Gelatik batu memiliki ciri khas berupa tubuh yang kecil dengan warna bulu yang bervariasi dari kehitaman, kecoklatan, sampai keabuan. Burung ini juga memiliki suara kicauan yang merdu dan bisa menirukan suara burung lainnya. Selain itu, gelatik batu juga memiliki paruh yang kuat dan pendek serta kaki yang kuat untuk bertengger di dahan pohon.

3. Makanan

Meskipun termasuk burung pemakan serangga, gelatik batu juga menyukai buah-buahan dan nektar bunga sebagai makanannya. Biasanya, mereka mencari makanan di pepohonan atau semak-semak yang tumbuh di sekitar habitatnya.

Baca Juga :  Cara Merawat Burung Gelatik Batu Gacor

4. Kebiasaan Hidup

Gelatik batu merupakan burung yang aktif pada pagi hari dan sore hari. Mereka sering terlihat bergerombol bersama-sama di pohon atau semak-semak. Selain itu, burung ini juga sering bermain di air untuk membersihkan tubuhnya atau mencari makanan.

5. Persebaran di Indonesia

Di Indonesia, gelatik batu termasuk burung yang banyak ditemukan di berbagai wilayah, mulai dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi. Beberapa jenis gelatik batu yang populer di Indonesia antara lain Gelatik Batu Biasa, Gelatik Batu Sumatra, dan Gelatik Batu Kalimantan.

Jenis-jenis Burung Gelatik Batu

1. Gelatik Batu Biasa

Jenis gelatik batu ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan warna bulu yang kehitaman dan memiliki garis-garis putih di bagian sayapnya. Gelatik batu biasa memiliki suara kicauan yang merdu dan bisa menirukan suara burung lainnya.

2. Gelatik Batu Sumatra

Gelatik batu Sumatra memiliki bulu yang lebih coklat dan kehijauan dibandingkan dengan jenis gelatik batu lainnya. Mereka juga memiliki suara kicauan yang lebih keras dan nyaring.

3. Gelatik Batu Kalimantan

Jenis gelatik batu yang satu ini memiliki bulu yang lebih abu-abu kebiruan. Mereka juga memiliki suara kicauan yang khas dan berbeda dengan jenis gelatik batu lainnya.

Harga Burung Gelatik Batu Terbaru

1. Faktor yang Mempengaruhi Harga

Harga burung gelatik batu bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis burung, usia, kondisi fisik, dan juga popularitasnya di pasaran. Biasanya, harga burung gelatik batu yang masih muda dan belum jinak akan lebih murah dibandingkan dengan yang sudah dewasa dan jinak.

2. Rentang Harga

Harga burung gelatik batu yang ada di pasaran bisa bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Harga yang mahal biasanya diberikan untuk burung gelatik batu yang masih muda dan sudah jinak, serta memiliki suara kicauan yang bagus. Namun, harga tersebut juga bisa dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan permintaan pasar.

Baca Juga :  Jenis-jenis Makanan Burung Gelatik Belong

3. Tempat Pembelian

Burung gelatik batu bisa dibeli di beberapa tempat, seperti pasar burung, toko hewan peliharaan, atau dari penghobi burung yang menjual burungnya secara langsung. Namun, penting untuk membeli burung gelatik batu dari tempat yang terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa burung gelatik batu merupakan salah satu jenis burung berkicau yang cukup populer di Indonesia. Meskipun harga burung gelatik batu bisa bervariasi, namun tetap banyak penghobi burung yang mencari burung ini karena suara kicauannya yang merdu dan keindahan bulunya. Sebagai penghobi burung, penting untuk mengetahui fakta, jenis, dan harga burung gelatik batu sebelum membeli atau memeliharanya.