Keunikan Gelatik Batu Anakan

Keunikan Gelatik Batu Anakan

Kicauanburung.com Keunikan Gelatik Batu Anakan – Gelatik Batu Anakan, atau yang juga dikenal sebagai Finch Anakan, merupakan salah satu jenis burung kicauan yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki ciri khas suara kicauannya yang merdu dan dapat menirukan suara burung lain dengan sangat baik. Selain itu, Gelatik Batu Anakan juga memiliki penampilan yang cantik dengan warna bulu yang cerah. Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai Gelatik Batu Anakan, termasuk asal-usul, ciri-ciri fisik, serta perawatan dan pemeliharaannya.

Asal-Usul Gelatik Batu Anakan

Sejarah Singkat

Gelatik Batu Anakan berasal dari keluarga burung Finch, yang berasal dari Amerika Utara. Burung ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1970-an dan menjadi populer di kalangan penggemar burung kicauan. Gelatik Batu Anakan dikenal dengan sebutan “Finch Anakan” karena sering dijadikan anak burung untuk dipelihara dan dirawat hingga dewasa.

Ciri-Ciri Fisik

Gelatik Batu Anakan memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 10 cm dan berat sekitar 10-15 gram. Burung ini memiliki paruh yang kecil dan ramping, dengan warna hitam di bagian atas dan merah di bagian bawah. Selain itu, Gelatik Batu Anakan juga memiliki warna bulu yang cerah, dengan kombinasi warna merah, kuning, hijau, dan biru di bagian atas tubuhnya. Bagian bawah tubuh burung ini berwarna putih atau kuning pucat.

Baca Juga :  Faktor yang Mempengaruhi Harga Gelatik Batu

Cara Membedakan Jantan dan Betina

Untuk membedakan antara jantan dan betina Gelatik Batu Anakan, Anda dapat melihat perbedaan warna di bagian tubuhnya. Jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok, serta memiliki suara kicauan yang lebih merdu dan bervariasi. Sedangkan betina memiliki warna bulu yang lebih polos dan cenderung tidak terlalu mencolok, serta suara kicauan yang tidak sebaik jantan.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk memelihara Gelatik Batu Anakan, Anda perlu menyediakan kandang yang cukup besar dan nyaman bagi burung tersebut. Kandang sebaiknya dilengkapi dengan tangkringan dan tempat bertelur yang aman dan nyaman. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan makanan dan minuman yang diberikan kepada burung ini. Gelatik Batu Anakan sebaiknya diberi makanan berupa biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil.

Keunikan Gelatik Batu Anakan

Suara Kicauan yang Merdu

Salah satu keunikan Gelatik Batu Anakan adalah suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Burung ini dapat menirukan suara burung lain dengan sangat baik, sehingga sering dijadikan sebagai burung master untuk burung kicauan lainnya. Beberapa suara yang dapat ditirukan oleh Gelatik Batu Anakan antara lain suara burung lovebird, murai batu, dan kenari.

Senang Bermain Air

Gelatik Batu Anakan juga senang bermain air, sehingga sebaiknya Anda menyediakan tempat mandi yang cukup besar dan dalam bagi burung ini. Selain membantu menjaga kelembapan bulu, mandi juga dapat mempererat ikatan antara burung dan pemiliknya.

Mudah Dibudidayakan

Gelatik Batu Anakan termasuk burung yang mudah dibudidayakan, sehingga sering dijadikan sebagai burung peliharaan di rumah. Burung ini dapat berkembang biak dengan cara bertelur, dengan jumlah telur yang biasanya sekitar 4-6 butir.

Menjadi Primadona di Pasar Burung

Gelatik Batu Anakan menjadi primadona di pasar burung karena keunikan suara kicauannya. Harga burung ini dapat mencapai jutaan rupiah, tergantung pada tingkat keindahan dan keunikan suara kicauannya.

Baca Juga :  Keunikan Burung Gelatik Biru

Menjadi Burung Master pada Lomba Burung Kicauan

Gelatik Batu Anakan sering dijadikan sebagai burung master pada lomba burung kicauan. Burung ini dapat menirukan suara burung lain dengan sangat baik, sehingga sering dijadikan sebagai burung master untuk burung kicauan lainnya.

Kesimpulan

Gelatik Batu Anakan merupakan salah satu jenis burung kicauan yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki ciri khas suara kicauannya yang merdu dan dapat menirukan suara burung lain dengan sangat baik. Selain itu, Gelatik Batu Anakan juga memiliki penampilan yang cantik dengan warna bulu yang cerah.

Perawatan dan pemeliharaan burung ini cukup mudah, sehingga sering dijadikan sebagai burung peliharaan di rumah. Gelatik Batu Anakan juga memiliki keunikan suara kicauannya yang menjadi primadona di pasar burung dan sering dijadikan sebagai burung master pada lomba burung kicauan.