Harga Burung Pleci: Segala yang Perlu Anda Ketahui

Harga Burung Pleci Segala yang Perlu Anda Ketahui

Kicauanburung.com – Harga Burung Pleci: Segala yang Perlu Anda Ketahui – Hello, Sobat Kicauan! Bagi Anda yang gemar memelihara burung, pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung Pleci. Burung yang juga dikenal dengan nama Cucak Rante ini memiliki keindahan suara yang khas dan indah. Selain itu, Pleci juga termasuk jenis burung yang cukup populer di Indonesia. Namun, tahukah Anda berapa sebenarnya harga burung Pleci?

Berdasarkan Jenis Kelamin

Harga burung Pleci memang bervariasi tergantung jenis kelaminnya. Untuk burung Pleci jantan yang memiliki suara kicauan lebih merdu, harganya bisa mencapai Rp 1.500.000,- hingga Rp 3.000.000,-. Sedangkan untuk betina, harganya lebih terjangkau dan biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 500.000,- hingga Rp 1.000.000,-. Namun, perlu diingat bahwa harga burung ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari penjual dan kondisi pasar.

Berdasarkan Jenis

Dilihat dari jenisnya, harga burung pleci berbeda-beda. Beberapa jenis burung Pleci yang paling populer di Indonesia antara lain Pleci Dakun, Pleci Mata Putih, Pleci Ngriwik, Pleci Dakocan, Pleci Blackthroat, dan Pleci Buxtoni. Untuk jenis Pleci Dakun bisa mencapai Rp 2.000.000,- hingga Rp 4.000.000,-, sedangkan untuk jenis Pleci Mata Putih bisa mencapai Rp 3.000.000,- hingga Rp 6.000.000,-. Untuk burung Pleci jenis lainnya biasanya berada di kisaran yang lebih terjangkau.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Pleci

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung Pleci di pasar. Faktor pertama adalah usia burung. Biasanya, burung Pleci yang lebih tua akan dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan burung Pleci yang masih muda. Faktor kedua adalah keindahan suara burung Pleci. Burung Pleci dengan suara yang lebih merdu dan indah biasanya akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang biasa-biasa saja. Faktor terakhir adalah keunikan dari burung Pleci tersebut. Burung Pleci yang memiliki corak warna yang unik atau langka biasanya akan dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan burung Pleci yang memiliki corak warna yang umum.

Baca Juga :  Harga Burung Pleci: Panduan Lengkap untuk Pemula

Harga Burung Pleci di Pasar Online

Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi dan internet, membeli dan menjual burung Pleci dapat dilakukan secara online. Berikut adalah daftar harga burung Pleci di beberapa situs jual beli online terkemuka di Indonesia:

  • Burung Pleci Jantan: mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 3.000.000,-
  • Burung Pleci Betina: mulai dari Rp 300.000,- hingga Rp 1.500.000,-
  • Pleci Dakun: mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-
  • Pleci Mata Putih: mulai dari Rp 2.000.000,- hingga Rp 6.000.000,-
  • Pleci Ngriwik: mulai dari Rp 800.000,- hingga Rp 2.500.000,-
  • Pleci Dakocan: mulai dari Rp 1.500.000,- hingga Rp 4.000.000,-
  • Pleci Blackthroat: mulai dari Rp 2.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-
  • Pleci Buxtoni: mulai dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 3.500.000,-

Harga burung Pleci di pasar online dapat berbeda-beda tergantung dari penjual dan kondisinya. Namun, biasanya yang dijual secara online lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar burung konvensional.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Burung Pleci

Bagi Anda yang ingin membeli burung Pleci, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak salah pilih dan mendapatkan burung Pleci yang berkualitas baik. Pertama, pastikan burung Pleci yang akan Anda beli dalam keadaan sehat dan aktif. Kedua, perhatikan suara burung Pleci tersebut apakah sudah merdu atau belum. Ketiga, periksa warna bulu burung Pleci apakah sesuai dengan jenisnya atau tidak. Keempat, pastikan burung Pleci yang Anda beli memiliki surat-surat yang lengkap dan sah.

Cara Merawat Burung Pleci agar Tetap Sehat dan Aktif

Setelah Anda berhasil membeli burung Pleci, langkah selanjutnya adalah merawatnya dengan baik agar burung Pleci tetap sehat dan aktif. Berikut adalah beberapa tips merawat burung Pleci:

  • Pastikan burung Pleci selalu dalam kondisi kandang yang bersih dan nyaman
  • Beri makanan yang sehat dan bergizi seperti jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan
  • Rutin membersihkan kandang dan peralatan makan minum burung Pleci
  • Menjaga kelembapan dan suhu kandang burung Pleci yang ideal
  • Menghindari paparan sinar matahari langsung dan udara yang terlalu dingin
Baca Juga :  Pleci Dakun Muria Asal Jawa Tengah

Dengan merawat burung Pleci dengan baik, burung Pleci Anda akan tumbuh sehat dan aktif, serta suara kicauannya semakin merdu.

Kesimpulan

Sebagai salah satu jenis burung kicauan yang populer, burung Pleci memiliki suara kicauan yang merdu dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta burung kicauan. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara burung ini, penting bagi Anda untuk mengetahui harga yang bervariasi tergantung dari jenisnya dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli dan merawat burung Pleci agar tetap sehat dan aktif. Dengan memperhatikan semua hal tersebut, diharapkan burung Pleci yang Anda miliki dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta memberikan kicauan yang merdu.

Sekian artikel mengenai harga burung Pleci yang santai dan informatif. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai burung Pleci. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya dari kami.

Baca Juga :

  1. Segala yang Perlu Anda Ketahui tentang Burung Pleci
  2. Makanan Pokok dan Tambahan Burung Pleci
  3. Pleci Dakun, Burung Populer di Indonesia
  4. Panduan Lengkap untuk Pemula
  5. Berapa Harga Burung Pleci Auri?
  6. Cara Merawat dan Memelihara Kurungan Pleci
  7. Tips Membedakan, Merawat dan Memaster Suara Pleci Jantan
  8. Minuman Burung Pleci: Manfaat dan Cara Membuatnya
  9. Karakteristik Fisik Burung Pleci Dakun
  10. Minuman Pleci Biar Gacor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *