Makanan Pokok dan Tambahan Burung Pleci

Makanan Pokok dan Tambahan Burung Pleci

Kicauanburung.com – Makanan Pokok dan Tambahan Burung Pleci – Burung Pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Selain suaranya yang merdu, burung Pleci juga dikenal dengan kecantikan warna bulunya. Agar burung Pleci selalu sehat dan suaranya tetap merdu, memilih makanan yang tepat adalah hal yang sangat penting. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai berbagai jenis makanan burung Pleci yang sehat dan bergizi.

Makanan Pokok untuk Burung Pleci

Biji-bijian

Makanan pokok untuk burung Pleci berupa biji-bijian seperti jagung, beras, kacang hijau, dan mile. Biji-bijian tersebut dapat diberikan langsung atau dalam bentuk tepung. Penting untuk memilih biji-bijian yang berkualitas dan segar untuk menjaga kesehatan burung Pleci. Selain itu, biji-bijian harus diberikan dalam jumlah yang cukup agar burung Pleci mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Buah-buahan dan Sayuran

Nutrisi lain untuk burung pleci bisa berupa buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan seperti apel, pisang, dan pepaya dapat diberikan secara langsung atau dalam bentuk jus. Sayuran seperti bayam, wortel, dan brokoli juga dapat diberikan dalam bentuk potongan kecil. Pastikan buah-buahan dan sayuran yang diberikan segar dan bersih untuk menjaga kesehatan burung Pleci.

Telor

Sumber protein yang baik untuk burung Pleci didapat dari telor. Telor dapat diberikan dalam bentuk rebus atau dadar. Telor juga dapat dicampur dengan biji-bijian untuk memberikan variasi pada makanan burung Pleci. Namun, jangan terlalu sering memberikan telor karena dapat menyebabkan kegemukan pada burung Pleci.

Baca Juga :  Hobi Menarik dengan Burung Pleci Cantik

Makanan Tambahan untuk Burung Pleci

Kroto

Makanan tambahan pertama yang sangat disukai burung pleci yaitu kroto. Kroto dapat diberikan dalam bentuk hidup atau yang telah diolah menjadi serbuk. Kroto mengandung protein dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan burung Pleci. Namun, jangan terlalu sering memberikan kroto karena dapat membuat burung Pleci kelebihan protein.

Madu

Demi menjaga energi yang baik, burung pleci dapat diberikan madu. Madu dapat dicampur dengan air untuk membuat minuman yang segar dan bergizi

Ulat Hongkong

Sumber protein lainnya untuk burung pleci yaitu ulat hongkong karena kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan burung Pleci. Ulat Hongkong dapat diberikan dalam bentuk hidup atau yang telah diolah menjadi serbuk. Namun, jangan terlalu sering memberikan ulat Hongkong karena dapat membuat burung Pleci kelebihan protein.

Cacing Tanah

Makanan tambahan selanjutnya yaitu cacing tanah. Cacing tanah merupakan sumber protein yang baik untuk burung Pleci. Cacing tanah dapat diberikan dalam bentuk hidup atau yang telah diolah menjadi serbuk. Namun, pastikan cacing tanah yang diberikan tidak terlalu besar dan bersih untuk menjaga kesehatan burung Pleci.

Tepung Insek

Makanan tambahan yang kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan burung Pleci. Tepung Insek dapat diberikan dalam bentuk serbuk dan dicampur dengan biji-bijian atau sayuran. Namun, jangan terlalu sering memberikan tepung Insek karena dapat membuat burung Pleci kelebihan protein.

Makanan Siap Pakai

Jika Anda kesulitan dalam menyediakan makanan burung Pleci, Anda dapat membeli makanan siap pakai yang tersedia di pasaran. Pastikan memilih makanan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi burung Pleci. Namun, makanan siap pakai hanya boleh diberikan sebagai makanan tambahan dan tidak boleh menjadi makanan utama bagi burung Pleci.

Baca Juga :  Harga Burung Pleci: Segala yang Perlu Anda Ketahui

Cara Memberikan Makanan untuk Burung Pleci

Menentukan Porsi yang Tepat

Penting untuk menentukan porsi makanan yang tepat untuk burung Pleci. Berikan biji-bijian sebanyak 1-2 sendok makan per hari dan sayuran serta buah-buahan sebanyak 1 sendok makan per hari. Makanan tambahan seperti kroto, madu, ulat Hongkong, cacing tanah, dan tepung Insek dapat diberikan 1-2 kali dalam seminggu.

Menyajikan Makanan dengan Benar

Menyajikan makanan dengan benar juga sangat penting untuk menjaga kesehatan burung Pleci. Pastikan makanan yang disajikan bersih dan segar. Berikan makanan dalam wadah yang bersih dan sesuai dengan ukuran burung Pleci. Selain itu, pastikan burung Pleci memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan makanan dan minuman.

Kesimpulan

Memilih makanan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan burung Pleci. Biji-bijian, buah-buahan, sayuran, telor, kroto, madu, ulat Hongkong, cacing tanah, tepung Insek, dan makanan siap pakai adalah beberapa pilihan makanan yang dapat diberikan untuk burung Pleci.

Namun, pastikan untuk memberikan porsi yang tepat dan menyajikan makanan dengan benar. Jangan lupa untuk memberikan air bersih dan segar setiap hari, serta membersihkan kandang burung secara rutin. Dengan memberikan makanan yang tepat dan perawatan yang baik, burung Pleci Anda akan tetap sehat dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *