Burung Pleci Maput Kicauan Favorit Para Pecinta Burung

Burung Pleci Maput Kicauan Favorit Para Pecinta Burung

Kicauanburung.com – Burung Pleci Maput Kicauan Favorit Para Pecinta Burung – Pleci Maput atau dalam bahasa latin disebut Zosterops atricapilla adalah jenis burung kecil yang sering dijadikan burung kicauan oleh para pecinta burung. Burung ini memiliki bulu yang berwarna hitam di atas dan putih di bawahnya. Kicauannya yang merdu membuat Pleci Maput sangat diminati oleh para penikmat burung kicau.

Asal-usul Pleci Maput

Pleci Maput adalah burung asli Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Burung ini biasanya ditemukan di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Pleci Maput juga termasuk ke dalam keluarga burung Zosteropidae yang terdiri dari 120 jenis burung di seluruh dunia.

Karakteristik Pleci Maput

Pleci Maput memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 8-10 cm. Bulu hitam di atas dan putih di bawahnya membuat burung ini terlihat sangat cantik dan menarik. Selain itu, Pleci Maput juga memiliki kicauan yang merdu dan sering dijadikan sebagai burung kicauan favorit para pecinta burung. Selain itu, burung ini juga mudah dipelihara dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Cara Merawat Pleci Maput

Untuk merawat Pleci Maput, Anda perlu memberikan makanan yang sehat dan bergizi seperti voer, kroto, jangkrik, dan ulat hongkong. Selain itu, Anda juga perlu memberikan air minum yang bersih dan segar setiap hari. Pleci Maput juga perlu diberikan tempat yang nyaman dan aman untuk tinggal seperti dalam sangkar yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Anda juga perlu membersihkan sangkar setiap hari untuk menjaga kesehatan burung tersebut.

Baca Juga :  Makanan Burung Pleci Yang Bagus

Kicauan Pleci Maput

Kicauan Pleci Maput tergolong merdu dan indah. Burung ini sering dijadikan sebagai burung kicauan favorit para pecinta burung. Agar kicauan Pleci Maput semakin merdu, Anda perlu memberikan perawatan yang baik dan makanan yang sehat. Selain itu, Anda juga perlu melatih Pleci Maput agar bisa berkicau dengan baik dan teratur.

Perawatan Pleci Maput Selama Moulting

Selama proses moulting atau pergantian bulu, Pleci Maput memerlukan perawatan khusus. Anda perlu memberikan makanan yang sehat dan bergizi seperti voer, jangkrik, dan ulat hongkong. Selain itu, Anda juga perlu memberikan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral untuk membantu proses pergantian bulu. Anda juga perlu menjaga suhu dan kelembaban di sekitar sangkar agar Pleci Maput merasa nyaman dan aman.

Penyakit yang Sering Menyerang Pleci Maput

Pleci Maput rentan terkena berbagai jenis penyakit seperti cacingan, diare, dan infeksi saluran pernapasan. Untuk mencegah terjadinya penyakit, Anda perlu memberikan makanan yang sehat dan bersih serta menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan sekitar. Jika Pleci Maput terkena penyakit, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Manfaat Memelihara Pleci Maput

Memelihara Pleci Maput memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai hobi yang menyenangkan, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, Pleci Maput juga bisa dijadikan sebagai burung kicauan yang menghasilkan uang jika dilatih dengan baik dan teratur.

Kesimpulan

Pleci Maput adalah burung kecil yang sering dijadikan sebagai burung kicauan favorit para pecinta burung. Burung ini memiliki kicauan yang merdu dan bulu yang cantik membuat Pleci Maput sangat diminati oleh para penikmat burung kicau. Untuk merawat Pleci Maput, Anda perlu memberikan makanan yang sehat dan bergizi, tempat yang nyaman dan aman untuk tinggal, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Memelihara Pleci Maput memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai hobi yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas hidup.

Baca Juga :  Apa yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Pleci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *