Jenis-jenis Makanan Burung Gelatik Belong

Jenis-jenis Makanan Burung Gelatik Belong

Kicauanburung.comJenis-jenis Makanan Burung Gelatik Belong – Burung gelatik belong adalah salah satu jenis burung yang banyak dijumpai di Indonesia. Burung ini memiliki corak bulu yang cukup menarik, sehingga banyak penggemar burung yang tertarik untuk memeliharanya. Selain itu, burung gelatik belong juga dikenal sebagai burung pemakan serangga. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatannya, diperlukan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.

Jenis-jenis Makanan Burung Gelatik Belong

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan burung gelatik belong yang bisa Anda berikan kepada burung peliharaan Anda:

1. Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu jenis serangga yang sering dijadikan makanan burung peliharaan, termasuk burung gelatik belong. Kandungan dalam jangkrik kaya akan protein dan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh burung. Anda bisa membeli jangkrik hidup atau mati di toko hewan peliharaan terdekat.

2. Ulat Hongkong

Seperti halnya jangkrik, ulat Hongkong juga merupakan salah satu jenis makanan burung gelatik belong yang kaya akan nutrisi. Ulat Hongkong biasanya dijual dalam bentuk kemasan, dan bisa Anda beli di toko hewan peliharaan.

3. Kroto

Kroto adalah jenis makanan burung yang terbuat dari telur semut kecil. Kandungan yang terdapat pada kroto yaitu protein dan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung. Anda bisa membeli kroto di toko hewan peliharaan atau membuatnya sendiri dengan cara menangkap semut kecil dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Baca Juga :  Jenis Burung Gelatik di Indonesia

4. Sayuran dan Buah-buahan

Selain serangga, burung gelatik belong juga bisa diberikan sayuran dan buah-buahan sebagai makanan tambahan. Beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa diberikan antara lain kangkung, sawi hijau, apel, dan pisang.

5. Telur Ayam

Telur ayam adalah salah satu jenis makanan burung gelatik belong yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Namun, pemberian telur ayam sebaiknya tidak terlalu sering, karena dapat menyebabkan burung menjadi gemuk.

Cara Pembuatan Makanan Burung Gelatik Belong

1. Membuat Jangkrik Panggang

Bahan-bahan:

  • Jangkrik hidup
  • Baking powder
  • Garam

Cara membuat:

  1. Cuci bersih jangkrik hidup.
  2. Letakkan jangkrik di atas wadah beserta baking powder dan garam, aduk rata.
  3. Panggang jangkrik di atas wajan dengan api kecil sampai matang.
  4. Dinginkan jangkrik panggang dan berikan kepada burung gelatik belong.

2. Membuat Kroto Goreng

Bahan-bahan:

  • Kroto
  • Tepung beras
  • Garam
  • Air matang

Cara membuat:

  1. Cuci bersih kroto.
  2. Campurkan tepung beras, garam, dan air matang hingga adonan mengental.
  3. Masukkan kroto ke dalam adonan tepung, aduk rata.
  4. Goreng kroto dalam minyak panas sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  5. Dinginkan kroto goreng dan berikan kepada burung gelatik belong.

Kesimpulan

Makanan burung gelatik belong sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran burung peliharaan Anda. Anda bisa memilih beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, atau membuat sendiri makanan burung gelatik belong sesuai dengan resep yang sudah dijelaskan. Selalu pastikan kesehatan dan kenyamanan burung peliharaan Anda dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya.