Keunikan Burung Gelatik Biru

Keunikan Burung Gelatik Biru

Kicauanburung.com – Keunikan Burung Gelatik Biru – Burung gelatik biru (Cyanoptila cyanomelana) adalah salah satu jenis burung yang berasal dari keluarga Muscicapidae. Burung ini biasanya ditemukan di hutan perbukitan, lereng pegunungan, dan kawasan perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 600 hingga 2000 meter dari permukaan laut.

Karakteristik Burung Gelatik Biru

1. Warna

Burung gelatik biru memiliki warna bulu yang sangat cantik dan menarik perhatian. Bagian kepala, leher, dan punggung burung ini berwarna biru keabuan, sementara bagian bawahnya berwarna putih keabuan. Bagian sayap dan ekor burung ini berwarna hitam, dan di bagian tengah ekor terdapat bercak biru kehijauan yang sangat indah.

2. Bentuk Tubuh

Burung gelatik biru memiliki bentuk tubuh yang mungil dan ramping dengan panjang sekitar 14 hingga 15 cm dan berat sekitar 12 hingga 14 gram. Burung ini memiliki sayap yang lebar dan ekor yang pendek dengan ujung yang sedikit meruncing.

3. Suara

Burung gelatik biru juga memiliki suara yang sangat merdu dan khas. Suaranya sangat khas dan dapat dikenali dengan mudah, yaitu seperti suara ‘cuit-cuit’ yang terdengar cukup keras.

Baca Juga :  Cara Merawat Gelatik Putih

4. Makanan

Burung gelatik biru adalah burung pemakan serangga. Burung ini biasanya mencari makanan seperti ngengat, kupu-kupu, dan serangga kecil lainnya dengan cara terbang mengejar dan menangkapnya.

5. Perilaku

Burung gelatik biru merupakan burung yang aktif pada pagi dan sore hari. Burung ini akan sering terlihat terbang cepat-cepat di antara dedaunan dan cabang pohon saat mencari makanan atau sekadar bermain-main di sekitar habitatnya.

Habitat Burung Gelatik Biru di Indonesia

1. Daerah Jawa

Burung gelatik biru dapat ditemukan di beberapa daerah di Pulau Jawa seperti di Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan sekitar kawasan yang memiliki ketinggian sekitar 600 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

2. Daerah Sumatera

Burung gelatik biru juga dapat ditemukan di beberapa daerah di Pulau Sumatera seperti di Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan sekitar kawasan pegunungan sekitar Lampung dan Bengkulu.

3. Daerah Sulawesi dan Papua

Burung gelatik biru juga tersebar di beberapa daerah di Sulawesi dan Papua seperti di Taman Nasional Lore Lindu, Taman Nasional Wasur, dan sekitar kawasan pegunungan di Papua Barat dan Papua.

4. Daerah Kalimantan dan Nusa Tenggara

Burung gelatik biru juga dapat ditemukan di beberapa daerah di Kalimantan dan Nusa Tenggara seperti di Taman Nasional Betung Kerihun, Taman Nasional Baluran, dan sekitar kawasan pegunungan di Flores dan Sumba.

5. Daerah Maluku dan Kepulauan Riau

Burung gelatik biru juga tersebar di beberapa daerah di Maluku dan Kepulauan Riau seperti di Taman Nasional Manusela, Taman Nasional Aketajawe-Lolobata, dan sekitar kawasan pegunungan di Pulau Natuna.

Keunikan Burung Gelatik Biru

1. Warna Bulu yang Indah

Burung gelatik biru memiliki warna bulu yang sangat indah dan menarik perhatian. Warna biru kehijauan pada bagian ekor yang sangat khas membuat burung ini mudah dikenali dan menjadi burung yang banyak dicari oleh para penggemar burung di Indonesia.

Baca Juga :  Faktor yang Mempengaruhi Harga Gelatik Batu

2. Habitat yang Luas

Burung gelatik biru memiliki habitat yang sangat luas dan tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Kepulauan Riau. Hal ini membuat burung ini menjadi burung yang sangat penting bagi keanekaragaman hayati di Indonesia.

3. Suara Khas yang Merdu

Burung gelatik biru juga memiliki suara yang sangat khas dan merdu. Suaranya yang seperti ‘cuit-cuit’ ini menjadi daya tarik tersendiri bagi burung ini dan membuatnya semakin populer di kalangan para penggemar burung di Indonesia.

4. Peran Penting dalam Ekosistem

Burung gelatik biru memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di Indonesia. Sebagai burung pemakan serangga, burung ini membantu mengendalikan populasi serangga yang dapat merusak tanaman dan hutan di Indonesia.

5. Populasi yang Terancam

Meskipun burung gelatik biru masih tersebar di seluruh Indonesia, namun populasi burung ini terancam oleh perburuan liar dan habitatnya yang semakin berkurang akibat deforestasi dan perambahan hutan. Oleh karena itu, perlindungan dan pelestarian burung gelatik biru menjadi sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup burung ini di Indonesia.

Kesimpulan

Burung gelatik biru adalah salah satu jenis burung yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Burung ini memiliki warna bulu yang sangat indah, suara yang khas dan merdu, serta habitat yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, populasi burung gelatik biru terancam oleh perburuan liar dan habitatnya yang semakin berkurang akibat deforestasi dan perambahan hutan. Oleh karena itu, perlindungan dan pelestarian burung gelatik biru menjadi sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup burung ini di Indonesia.