Karakteristik Fisik Burung Pleci Dakun

Mengenal Jenis Burung Kicau dengan Suara Khas dan Dilindungi Undang-Undang

Kicauanburung.com – Karakteristik Fisik Burung Pleci Dakun – Siapa yang tak kenal burung pleci? Burung kecil berparuh pendek ini memang terkenal dengan suara kicauan yang merdu dan khas. Salah satu jenis pleci yang paling populer adalah burung pleci dakun. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat tentang burung pleci dakun, dari karakteristik fisik, suara kicauan, cara perawatan, hingga status perlindungannya di Indonesia.

Karakteristik Fisik Burung Pleci Dakun

Burung pleci dakun memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 12-13 cm dan berat sekitar 20-30 gram. Warna bulu burung pleci dakun umumnya dominan hitam, dengan sedikit sentuhan warna-warna cerah di bagian sayap, ekor, atau bagian-bagian tertentu pada tubuhnya.

Secara umum, burung pleci dakun termasuk burung yang mudah dikenali karena memiliki beberapa ciri fisik yang khas, seperti:

  • Paruh pendek dan kokoh
  • Mata yang cerah dan tajam
  • Bentuk kepala yang bulat dan sedikit besar
  • Bulu-bulu di bagian pundak yang lebih panjang dan bergelombang

Suara Kicauan Burung Pleci Dakun yang Merdu dan Khas

Salah satu daya tarik utama dari burung pleci dakun adalah suara kicauannya yang merdu dan khas. Suara kicauan burung pleci dakun dapat dijelaskan sebagai suara nyaring dan bervariasi, dengan beberapa nada dan irama yang berbeda-beda.

Beberapa jenis suara kicauan pleci dakun yang sering dikenal antara lain:

  • Suara kasar atau ciblek
  • Suara tembakan atau cililin
  • Suara sirine atau kapas tembak
  • Suara kenari atau glatik
Baca Juga :  Tips Membedakan, Merawat dan Memaster Suara Pleci Jantan

Tidaklah mengherankan jika burung pleci dakun sering dijadikan burung peliharaan oleh pecinta burung kicau. Namun, perlu diingat bahwa burung pleci dakun termasuk burung yang dilindungi oleh undang-undang di Indonesia.

Cara Perawatan Burung Pleci Dakun di Rumah

Bagi Anda yang ingin memelihara burung pleci dakun di rumah, perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam perawatannya. Beberapa tips perawatan burung pleci dakun yang direkomendasikan antara lain:

  • Memilih kandang yang cukup luas dan nyaman untuk burung pleci dakun. Pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung.
  • Memberikan pakan yang seimbang dan bergizi, seperti voer, jangkrik, ulat hongkong, atau sayuran segar.
  • Memberikan minum yang cukup dan selalu menyediakan air bersih setiap hari.
  • Menjaga kebersihan kandang dengan rutin membersihkan kotoran, pakan sisa, dan debu yang menumpuk.
  • Memberikan asupan vitamin dan suplemen yang dibutuhkan oleh burung pleci dakun, seperti multivitamin atau calcium.

Status Perlindungan Burung Pleci Dakun di Indonesia

Sebagai burung yang dilindungi oleh undang-undang di Indonesia, burung pleci dakun tidak dapat dipelihara atau diperdagangkan secara bebas. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian populasi burung pleci dakun yang semakin berkurang akibat habitatnya yang semakin berkurang dan burung yang diambil dari alam untuk dijual secara ilegal.

Jika ingin memelihara burung pleci dakun, pastikan untuk membeli burung yang diperoleh dari peternak burung yang terdaftar dan memiliki izin resmi dari pemerintah. Dengan cara ini, kita dapat membantu menjaga kelestarian burung pleci dakun serta mendukung upaya pemerintah dalam pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Kesimpulan

Burung pleci dakun memang merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling populer dan banyak diminati oleh pecinta burung di Indonesia. Namun, perlu diingat bahwa burung pleci dakun adalah burung yang dilindungi oleh undang-undang dan tidak dapat dipelihara atau diperdagangkan secara bebas. Oleh karena itu, sebagai pecinta burung, kita harus menyadari pentingnya menjaga kelestarian burung pleci dakun dan memberikan dukungan pada upaya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Baca Juga :  Pleci Dakun Muria Asal Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *