Hobi Menarik dengan Burung Pleci Cantik

Hobi Menarik dengan Burung Cantik

Kicauanburung.com – Hobi Menarik dengan Burung Pleci Cantik – Burung pleci adalah jenis burung kecil yang berasal dari Indonesia. Pleci memiliki suara yang indah dan sering dipelihara sebagai hobi. Bagi para pecinta burung, harga pleci menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih hewan peliharaannya.

Apa itu Pleci?

Pleci atau Pycnonotus aurigaster adalah burung kecil yang berasal dari keluarga burung bulbul. Burung ini memiliki ukuran yang kecil yakni sekitar 14 sampai 15 cm dengan berat sekitar 22 gram. Pleci dikenal dengan suaranya yang khas dan memiliki kemampuan menirukan suara burung lain.

Asal Usul Pleci

Pleci berasal dari Indonesia, khususnya Jawa dan Bali. Burung ini sering ditemukan di hutan-hutan dan daerah terbuka seperti perkebunan dan ladang. Selain itu, pleci juga sering ditemukan di kawasan perkotaan.

Karakteristik Pleci

Burung Pleci memiliki ciri khas berupa bulu yang berwarna hitam, putih, dan coklat. Bagian kepala dan leher pleci berwarna hitam dan putih. Sedangkan bagian tubuhnya berwarna coklat keabu-abuan. Pleci juga memiliki paruh yang pendek dan bentuk tubuh yang ramping.

Suara Pleci

Suara pleci sangat khas dan indah. Burung ini memiliki kemampuan menirukan suara burung lain. Pleci sering dijadikan burung master dalam latihan suara burung lain. Selain itu, pleci juga sering dipelihara untuk lomba kicau burung.

Harga Pleci

Harga pleci bervariasi tergantung dari jenis dan kualitas burungnya. Untuk pleci yang memiliki kemampuan menirukan suara burung lain biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Harga pleci berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.500.000 untuk burung yang berkualitas.

Baca Juga :  Cara Memilih Kurungan Pleci yang Baik

Perawatan Pleci

Perawatan pleci cukup mudah. Burung ini bisa diberi makan berupa biji-bijian seperti milet, jagung, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Pleci juga perlu diberi air bersih setiap hari. Selain itu, pleci juga perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi selama 15-30 menit setiap hari agar burung tetap sehat.

Kesimpulan

Pleci adalah burung kecil yang memiliki suara khas dan indah. Harga pleci bervariasi tergantung dari jenis dan kualitas burungnya. Untuk pecinta burung, pleci menjadi salah satu burung yang menarik untuk dipelihara. Dalam merawat pleci, perlu diperhatikan asupan makanan dan perawatan yang baik agar burung tetap sehat. Sekian pembahasan Hobi Menarik dengan Burung Pleci Cantik. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *