Ciri-ciri Gelatik Batu Jantan

Ciri-ciri Gelatik Batu Jantan

Kicauanburung.com Ciri-ciri Gelatik Batu Jantan – Gelatik batu jantan (Pycnonotus zeylanicus) adalah jenis burung kicauan yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan indah sehingga sering menjadi pilihan para penggemar burung kicau. Selain itu, gelatik batu jantan juga memiliki penampilan yang menarik dengan bulu berwarna coklat dan hitam serta ekor yang panjang.

Ciri-ciri Gelatik Batu Jantan

Gelatik batu jantan memiliki tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 20 cm. Bulu-bulunya berwarna coklat kehitaman dengan bercak kuning di bagian perut dan kepala. Pada bagian kepala, terdapat garis hitam di sepanjang mata sehingga memberi kesan mata yang besar. Ekornya panjang dan memiliki bulu yang lebar sehingga memberi kesan indah saat burung ini terbang.

Suara gelatik batu jantan sangat merdu dan berirama. Bunyi kicauannya terdengar seperti “gelatik batu, gelatik batu” dan “cici cuit”. Suara ini sering dianggap sebagai salah satu jenis suara burung kicauan paling indah di Indonesia.

Perawatan Gelatik Batu Jantan

Perawatan gelatik batu jantan sangatlah mudah. Burung ini dapat ditempatkan di dalam sangkar yang cukup besar dengan ukuran minimal 60 cm x 30 cm x 30 cm. Selain itu, berikan pakan yang sehat dan bergizi seperti voer, jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan.

Untuk menjaga kesehatan gelatik batu jantan, pastikan sangkar selalu bersih dan terhindar dari kelembaban yang tinggi. Pemberian vitamin dan madu juga dapat membantu menjaga kondisi fisik burung tetap prima. Lakukan perawatan rutin seperti mandi dan penjemuran agar bulu-bulunya tetap bersih dan sehat.

Baca Juga :  Jenis-jenis Makanan Burung Gelatik Belong

Harga Gelatik Batu Jantan

Harga gelatik batu jantan bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kualitas burung. Untuk burung muda, harga berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Sedangkan untuk burung dewasa yang sudah jinak dan pandai berkicau, harganya bisa mencapai Rp 2 juta ke atas.

Kelebihan dan Kekurangan Memelihara Gelatik Batu Jantan

Kelebihan Memelihara Gelatik Batu Jantan

Gelatik batu jantan memiliki suara yang merdu dan indah sehingga sering menjadi pilihan para penggemar burung kicau. Selain itu, burung ini mudah dirawat dan perawatannya tidak memerlukan biaya yang besar. Gelatik batu jantan juga memiliki warna bulu yang menarik sehingga bisa menjadi hiasan yang indah di dalam rumah.

Kekurangan Memelihara Gelatik Batu Jantan

Gelatik batu jantan tidak terlalu pandai dalam menirukan suara manusia seperti beberapa jenis burung kicauan lainnya. Selain itu, burung ini juga memiliki tingkat keganasan yang cukup tinggi sehingga perlu dijaga dengan hati-hati, terutama jika ada anak-anak yang bermain di sekitar burung.

Sebelum memutuskan untuk memelihara gelatik batu jantan, pastikan Anda sudah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya dengan baik. Jangan lupa untuk memperhatikan aspek legalitas dalam membeli dan memelihara burung kicau ini.

Penutup

Gelatik batu jantan adalah jenis burung kicauan yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang indah dan warna bulu yang menarik sehingga sering menjadi pilihan para penggemar burung kicau. Perawatan gelatik batu jantan sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara burung ini, pastikan Anda sudah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya dengan baik serta memperhatikan aspek legalitas dalam membeli dan memelihara burung kicau ini.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Makanan Burung Gelatik