Manfaat Bergizi dari Makanan Kenari

Manfaat Bergizi dari Makanan Kenari

Kicauanburung.com – Manfaat Bergizi dari Makanan Kenari – Indonesia adalah negara kepulauan besar dengan beragam flora dan fauna. Salah satu spesies burung yang ditemukan di negara ini adalah burung kenari atau kenari dalam bahasa lokal. Pada artikel ini, kita akan membahas salah satu makanan burung paling populer di Indonesia, makanan kenari.

Apa Makanan Kenari?

Makanan kenari adalah jenis makanan burung yang diformulasikan khusus untuk burung kenari. Itu terbuat dari campuran biji-bijian, biji-bijian, dan bahan-bahan lain yang memberikan nutrisi penting bagi kesehatan dan kesejahteraan burung. Makanan ini biasanya dijual di toko hewan peliharaan atau pasar burung di seluruh Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Komposisi Makanan Kenari

Komposisi makanan kenari bervariasi tergantung pada merek dan tujuan penggunaan. Namun, makanan umumnya mengandung campuran biji seperti biji kenari, biji rami, biji niger, dan biji bunga matahari. Bahan lainnya termasuk menir gandum, jagung, millet, gandum, dan buah-buahan kering. Beberapa merek juga menambahkan vitamin dan mineral untuk menyediakan makanan lengkap dan seimbang untuk burung.

Manfaat Makanan Kenari

Makanan kenari merupakan sumber nutrisi penting bagi burung kenari. Berikut adalah beberapa manfaat memberi makan burung Anda dengan makanan ini:

  • Protein: Biji dan biji-bijian dalam makanan kenari adalah sumber protein yang baik, yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan di tubuh burung .
  • Fiber: Makanan mengandung serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit pada burung.
  • Asam Lemak Esensial: Biji-bijian dalam makanan kenari kaya akan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu, dan meningkatkan kesehatan dan vitalitas burung secara keseluruhan.
  • Vitamin dan Mineral: Makanan kenari sering diperkaya dengan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin D, kalsium, dan fosfor, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan burung .
Baca Juga :  Cara Merawat Burung Kenari Putih

How to Feed Makanan Kenari

Makanan kenari dapat diumpankan ke burung kenari setiap hari. Makanan harus ditempatkan di pengumpan yang bersih dan kering, dan air tawar harus disediakan setiap saat. Untuk menghindari pembusukan, makanan harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung dan kelembaban.

Tabel Komposisi Makanan Kenari

Bahan Persentase
Benih Kenari 35%
Biji Rami 20%
Benih Niger 15%
Biji Bunga Matahari 10%
Oat Groats 10%
Jagung 5%
Millet 3%
Gandum 1%
Buah Kering 1%

Kesimpulan

Kesimpulannya, makanan kenari adalah makanan bergizi dan penting bagi burung kenari. Ini menyediakan berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan burung. Dengan memberi makan burung Anda dengan makanan ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa mereka hidup panjang dan sehat. < / p>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *