Makanan Burung Pleci Yang Bagus

Makanan Burung Pleci Yang Bagus

Kicauanburung.com – Makanan Burung Pleci Yang Bagus – Burung pleci merupakan salah satu burung yang banyak dijadikan burung peliharaan oleh masyarakat Indonesia. Burung pleci memiliki kicauan yang merdu sehingga sering diikutkan dalam lomba burung kicau. Untuk menjaga kesehatan dan keindahan burung pleci, pemberian makanan yang baik dan sesuai sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberapa makanan burung pleci yang bagus untuk diberikan:

Makanan Burung Pleci Yang Bagus

Voer

Makanan pertama yaitu voer, makanan burung pleci yang paling umum dan mudah ditemukan di toko burung. Voer berupa campuran biji-bijian yang telah dikeringkan dan dihaluskan. Voer mengandung nutrisi yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi burung pleci. Namun, sebaiknya jangan memberikan voer terlalu banyak karena dapat menyebabkan obesitas pada burung pleci.

Jangkrik

Yang kedua yaitu jangkrik. Jangkrik adalah makanan burung pleci yang kaya akan protein dan sangat disukai oleh burung pleci. Jangkrik dapat diberikan dalam jumlah yang sedikit namun sering, sekitar 2-3 ekor setiap hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa jangkrik yang diberikan harus dalam kondisi yang segar dan sehat.

Ulat Hongkong

Kemudian makanan selanjutnya yaitu ulat hongkong yang merupakan makanan burung pleci yang juga kaya akan protein. Ulat hongkong dapat diberikan dalam jumlah yang sedikit namun sering, sekitar 2-3 ekor setiap hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa ulat hongkong yang diberikan harus dalam kondisi yang segar dan sehat.

Baca Juga :  Harga Burung Kacamata: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Telur Puyuh

Pleci juga suka dengan telur puyuh log sob, Telur puyuh adalah makanan burung pleci yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Telur puyuh dapat diberikan dalam jumlah yang sedikit namun sering, sekitar 1-2 butir setiap minggu. Namun, perlu diperhatikan bahwa telur puyuh yang diberikan harus dalam kondisi yang segar dan matang sempurna.

Sayuran dan Buah-buahan

Tidak lupa pleci harus diberikan Sayuran dan buah-buahan juga merupakan makanan burung pleci yang baik untuk diberikan sebagai variasi makanan. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang dapat diberikan antara lain bayam, kangkung, wortel, apel, dan pepaya. Namun, perlu diperhatikan bahwa sayuran dan buah-buahan yang diberikan harus dalam kondisi yang segar dan dicuci bersih terlebih dahulu.

Kroto

Makanan yang sangat umum untuk burung yaitu kroto. Kroto adalah makanan burung pleci yang kaya akan protein dan juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral. Kroto dapat diberikan dalam jumlah yang sedikit namun sering, sekitar 2-3 ekor setiap hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa kroto yang diberikan harus dalam kondisi yang segar dan sehat.

Nasi dan Mie

Nasi dan mie juga dapat diberikan sebagai variasi makanan burung pleci. Namun, perlu diperhatikan bahwa nasi dan mie yang diberikan harus dalam kondisi yang matang sempurna dan tidak mengandung bumbu atau penyedap rasa.

Serangga Kecil

rangga kecil seperti kutu buku atau kutu kecil juga dapat diberikan sebagai variasi makanan burung pleci. Namun, perlu diperhatikan bahwa serangga yang diberikan harus dalam kondisi yang segar dan sehat.

Jagung dan Kacang Hijau

Jagung dan kacang hijau merupakan makanan burung pleci yang kaya akan karbohidrat dan protein. Namun, perlu diperhatikan bahwa jagung dan kacang hijau yang diberikan harus dalam kondisi yang matang sempurna.

Baca Juga :  Ciri Pleci Jantan

Pelet

Untuk makanan tambahan, pleci bisa diberikan pelet burung. Pelet adalah makanan burung pleci yang terbuat dari campuran biji-bijian dan bahan-bahan lain yang telah dihaluskan dan dicetak menjadi pelet. Pelet mengandung nutrisi yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi burung pleci. Namun, sebaiknya jangan memberikan pelet terlalu banyak karena dapat menyebabkan obesitas pada burung pleci.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa makanan burung pleci yang bagus untuk diberikan. Sebaiknya variasi makanan diberikan secara bergantian dan tidak hanya satu jenis makanan saja. Dengan memberikan makanan yang baik dan sesuai, burung pleci akan tetap sehat dan indah penampilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *