Jenis Makanan untuk Burung Tekukur

Makanan Burung Tekukur

Kicauanburung.com – Jenis Makanan untuk Burung Tekukur – Burung Tekukur atau biasa juga disebut dengan burung puyuh adalah salah satu jenis burung yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Selain karena suaranya yang merdu, burung ini juga memiliki keunikan pada pola perilakunya saat mengepakkan sayap. Agar burung tekukur dapat tumbuh sehat dan aktif, perlu diberikan makanan yang tepat. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan burung tekukur dan cara pemberiannya yang tepat.

Jenis Makanan untuk Burung Tekukur

1. Biji-bijian

Makanan utama burung tekukur adalah biji-bijian seperti padi, jagung, dan kedelai. Pemberian biji-bijian dapat dilakukan dengan memberikan langsung kepada burung atau diletakkan pada tempat yang terbuka agar burung dapat mengambil sendiri. Pastikan biji-bijian yang diberikan tidak terlalu keras dan dalam keadaan segar.

Burung tekukur juga dapat diberikan biji-bijian yang telah diolah seperti kacang-kacangan dan biskuit burung. Namun, pastikan makanan yang diberikan tidak mengandung gula dan bahan pengawet berbahaya.

2. Sayuran dan Buah-buahan

Selain biji-bijian, burung tekukur juga memerlukan asupan sayuran dan buah-buahan sebagai sumber serat dan vitamin. Beberapa jenis sayuran yang cocok untuk burung tekukur antara lain bayam, kangkung, dan sawi. Sedangkan untuk buah-buahan, dapat diberikan buah apel, pisang, dan jeruk.

Untuk memberikan sayuran dan buah-buahan, pastikan untuk mencuci bersih dan memotongnya kecil-kecil agar mudah dimakan oleh burung tekukur. Jangan memberikan sayuran dan buah-buahan yang sudah layu atau busuk karena dapat menimbulkan penyakit pada burung.

Baca Juga :  Jenis-jenis Makanan Burung Leopard

3. Jangkrik dan Ulat Sagu

Jangkrik dan ulat sagu merupakan makanan tambahan yang dapat diberikan kepada burung tekukur. Kandungan protein yang tinggi pada jangkrik dan ulat sagu dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi burung tekukur. Namun, pemberian jangkrik dan ulat sagu tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena dapat menyebabkan obesitas pada burung.

Cara Pemberian Makanan untuk Burung Tekukur

1. Tetapkan porsi yang tepat

Pemberian makanan untuk burung tekukur harus tetap dalam porsi yang tepat. Jangan memberikan terlalu banyak makanan karena dapat menyebabkan obesitas pada burung. Sebaliknya, jangan pula memberikan terlalu sedikit makanan karena dapat menyebabkan burung kekurangan nutrisi.

2. Bersihkan tempat makanan secara berkala

Tempat makanan burung tekukur harus selalu dalam keadaan bersih. Bersihkan tempat makanan secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada burung. Ganti air minum setiap hari dan jangan biarkan air menjadi keruh.

3. Berikan makanan yang segar

Pastikan makanan yang diberikan kepada burung tekukur dalam keadaan segar. Jangan memberikan makanan yang sudah layu atau busuk karena dapat menimbulkan penyakit pada burung. Berikan makanan baru setiap hari agar burung tidak bosan dengan jenis makanan yang sama.

4. Berikan makanan dengan variasi

Agar burung tekukur tidak bosan dengan jenis makanan yang sama, berikan makanan dengan variasi yang cukup. Berikan biji-bijian, sayuran, buah-buahan, jangkrik, dan ulat sagu secara bergantian agar burung tetap terstimulasi untuk makan.

Table Makanan Burung Tekukur

Jenis Makanan Cara Pemberian Porsi
Biji-bijian Diberikan langsung atau diletakkan pada tempat terbuka 1 sendok makan
Sayuran dan buah-buahan Dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil 1 sendok makan
Jangkrik dan ulat sagu Diberikan secara bergantian 3-4 ekor
Baca Juga :  Kandungan Nutrisi dalam Pakan Burung Cucak Ijo

Kesimpulan

Makanan yang tepat dan cara pemberiannya yang baik sangatlah penting untuk menjaga kesehatan burung tekukur. Berikan makanan yang beragam dan dalam porsi yang tepat agar burung tetap sehat dan aktif. Selain itu, pastikan tempat makanan dalam keadaan bersih dan makanan yang diberikan dalam keadaan segar. Dengan memberikan perawatan yang baik, burung tekukur dapat tumbuh sehat dan aktif.