Cara Merawat dan Melatih Perkutut Katuranggan

Cara Merawat dan Melatih Perkutut Katuranggan

Kicauanburung.com – Cara Merawat dan Melatih Perkutut Katuranggan – Perkutut Katuranggan atau sering juga disebut sebagai Perkutut Jawa merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Dikenal dengan suaranya yang merdu dan unik, perkutut menjadi burung yang banyak dicari oleh para pecinta kicau mania. Selain itu, burung ini juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai hobi.

Asal Usul Perkutut Katuranggan

Perkutut Katuranggan berasal dari kota Klaten, Jawa Tengah. Burung ini sering ditemukan di daerah pedesaan, khususnya di tempat yang dekat dengan sawah atau persawahan. Asal usul nama Katuranggan sendiri berasal dari suara kicauannya yang mirip dengan suara “katuranggan” atau lebah dalam bahasa Jawa.

Ciri-ciri Fisik Perkutut Katuranggan

Perkutut Katuranggan memiliki ciri-ciri fisik yang membedakannya dengan jenis burung kicau lainnya, antara lain:

1. Ukuran Tubuh yang Kecil

Perkutut Katuranggan memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 20 cm dan berat sekitar 150 gram. Meskipun begitu, burung ini memiliki suara yang cukup lantang dan bisa terdengar dari jarak yang jauh.

Baca Juga :  Harga Sangkar Perkutut

2. Warna Bulu yang Menarik

Warna bulu perkutut Katuranggan bervariasi, mulai dari coklat tua, abu-abu, hingga kehitaman. Bulu pada bagian perut biasanya lebih terang daripada bagian lainnya.

3. Paruh yang Panjang

Perkutut Katuranggan memiliki paruh yang panjang dan ramping, sehingga memudahkan burung ini untuk mencari makanan di antara rumput atau dedaunan yang lebat.

4. Kaki yang Pendek

Kaki burung ini pendek dan kuat, cocok untuk bertahan di atas tanah atau di antara semak-semak yang lebat.

5. Suara Kicau yang Unik

Perkutut Katuranggan dikenal dengan suara kicauannya yang unik dan merdu. Suara kicauannya terdiri dari beberapa jenis, antara lain suara kicauan pendek, suara kicauan panjang, dan suara kicauan nembak.

Cara Merawat dan Melatih Perkutut Katuranggan

Untuk menjaga kesehatan dan keindahan burung perkutut Katuranggan, Anda bisa melakukan beberapa cara merawat dan melatihnya, antara lain:

Merawat Perkutut Katuranggan

Untuk merawat burung perkutut Katuranggan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Memberikan Pakan yang Sehat

Anda bisa memberikan pakan berupa biji-bijian seperti jagung, beras, atau gabah. Selain itu, Anda juga bisa memberikan sayuran atau buah-buahan segar yang dicincang halus.

2. Menjaga Kebersihan Kandang

Pastikan kandang perkutut Katuranggan selalu bersih dan kering. Bersihkan kandang secara rutin, dan ganti alas kandang setiap hari.

3. Memberikan Nutrisi Tambahan

Anda bisa memberikan nutrisi tambahan seperti vitamin atau mineral untuk menjaga kesehatan burung perkutut Katuranggan.

Melatih Perkutut Katuranggan

Untuk melatih burung perkutut Katuranggan agar bisa berkicau dengan baik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Menjaga Suasana yang Tenang

Perkutut Katuranggan sangat sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Pastikan lingkungan tempat Anda melatih burung ini tenang dan tidak bising.

Baca Juga :  Makanan untuk Burung Perkutut

2. Memberikan Latihan Teratur

Latih burung perkutut Katuranggan secara teratur, setiap hari selama 30 menit hingga 1 jam. Berikan rangsangan suara kicauan dari rekaman atau dari burung perkutut Katuranggan yang sudah bisa berkicau dengan baik.

3. Memberikan Makanan yang Sehat

Memberikan makanan yang sehat dan bergizi juga bisa membantu meningkatkan kemampuan suara kicauan burung perkutut Katuranggan.

Manfaat dari Burung Perkutut Katuranggan

Selain menjadi burung peliharaan atau sebagai hobi, burung perkutut Katuranggan juga memiliki manfaat lain, antara lain:

1. Menenangkan Pikiran

Suara kicauan burung perkutut Katuranggan diketahui bisa menenangkan pikiran dan meredakan stres. Hal ini membuat burung ini banyak dicari oleh para pecinta kicau mania sebagai hewan peliharaan atau sebagai terapi relaksasi.

2. Menambah Kecerdasan

Merawat dan melatih burung perkutut Katuranggan juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi Anda. Hal ini karena melatih burung memerlukan kesabaran, ketekunan, dan keterampilan.

3. Sebagai Hobi yang Menghasilkan

Burung perkutut Katuranggan juga bisa dijadikan sebagai hobi yang menghasilkan. Anda bisa menjual burung ini kepada kolektor atau pecinta burung kicau dengan harga yang cukup tinggi.

Kesimpulan

Perkutut Katuranggan merupakan burung kicau yang populer di Indonesia, dikenal dengan suaranya yang merdu dan unik. Burung ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai hobi. Untuk merawat dan melatih burung ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti memberikan pakan yang sehat, menjaga kebersihan kandang, dan memberikan latihan teratur. Selain itu, burung perkutut Katuranggan juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan sebagai hobi yang menghasilkan.