Jenis Burung Perkutut Paling Mahal

Jenis Burung Perkutut Paling Mahal

Kicauanburung.com – Jenis Burung Perkutut Paling Mahal – Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung yang populer di kalangan para penggemar burung. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan indah sehingga banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Tidak hanya memiliki suara kicau yang indah, beberapa jenis burung perkutut juga memiliki harga yang sangat mahal. Dalam artikel ini, Sobat Kicauan akan mengetahui jenis burung perkutut paling mahal di Indonesia.

Burung Perkutut Dada Merah

Burung perkutut dada merah atau biasa disebut dengan nama latin Geopelia striata, merupakan salah satu jenis burung perkutut yang paling mahal di Indonesia. Harga burung ini bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung pada usia dan kondisi burung tersebut. Burung perkutut dada merah dikenal memiliki warna bulu yang indah serta suara kicau yang merdu.

Burung Perkutut Bali

Selain burung perkutut dada merah, burung perkutut Bali juga termasuk jenis burung perkutut yang sangat mahal di Indonesia. Harga yang mencapai puluhan juta rupiah menjadikan burung langka yang dilindungi. Burung perkutut Bali memiliki warna bulu yang indah dan suara kicau yang merdu.

Burung Perkutut Mandarin

Perkutut mandarin atau biasa disebut dengan nama latin Geopelia cuneata, merupakan salah satu jenis burung perkutut yang paling mahal di Indonesia. Harga perkutut mandarin mencapai puluhan juta rupiah tergantung pada usia dan kondisi burung tersebut. Burung perkutut mandarin dikenal memiliki suara kicau yang merdu dan unik.

Baca Juga :  Burung Perkutut Silver Langka dan Berharga di Indonesia

Burung Perkutut Jawa

Perkutut Jawa atau biasa disebut dengan nama latin Geopelia striata javanensis, merupakan salah satu jenis burung perkutut yang langka dan mahal di Indonesia. Burung perkutut Jawa dikenal memiliki suara kicau yang indah dan merdu.

Burung Perkutut Sumatera

Perkutut Sumatera atau biasa disebut dengan nama latin Geopelia striata sumatrensis, merupakan salah satu jenis burung perkutut yang paling mahal di Indonesia. Burung ini memiliki harga yang mencapai puluhan juta rupiah dan menjadi burung yang langka. Burung perkutut Sumatera dikenal memiliki suara kicau yang merdu dan unik.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Perkutut

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung perkutut, diantaranya adalah usia burung, kondisi fisik burung, suara kicau burung, serta keunikannya. Burung yang masih muda atau berusia di bawah 1 tahun bias membawa harga yang lebih murah dibandingkan dengan burung yang sudah dewasa. Selain itu, burung yang memiliki kondisi fisik yang baik dan sehat juga biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang kurang sehat.

Suara kicau burung juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi harga burung perkutut. Burung perkutut yang memiliki suara kicau yang merdu dan indah biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung perkutut yang suaranya biasa-biasa saja.

Keunikan burung juga bisa mempengaruhi harga burung perkutut. Burung perkutut yang memiliki warna bulu yang unik atau memiliki pola bulu yang menarik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung perkutut yang bulunya biasa saja.

Cara Merawat Burung Perkutut

Merawat burung perkutut memang memerlukan perhatian khusus. Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat burung perkutut agar tetap sehat dan memiliki suara kicau yang merdu.

Baca Juga :  Cara Membedakan Perkutut Silver Jantan dan Betina: Tips dari Seorang Peternak

Memberikan makanan yang bergizi dan seimbang, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.
Membersihkan kandang burung secara rutin dan memberikan tempat yang bersih dan nyaman untuk burung.
Melatih burung agar bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan memberikan latihan terbang dan menjinakkan burung.
Memberikan waktu yang cukup untuk burung untuk beristirahat agar tetap sehat dan tidak stres.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang jenis burung perkutut paling mahal di Indonesia. Burung perkutut memang memiliki suara kicau yang merdu dan indah sehingga banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Namun, beberapa jenis burung perkutut juga memiliki harga yang sangat mahal.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung perkutut, seperti usia burung, kondisi fisik burung, suara kicau burung, serta keunikannya. Merawat burung perkutut memang memerlukan perhatian khusus agar tetap sehat dan memiliki suara kicau yang merdu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Kicauan dan terima kasih sudah membacanya!. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *