Harga Burung Perkutut di Indonesia

Harga Burung Perkutut di Indonesia

Kicauanburung.com – Harga Burung Perkutut di Indonesia – Di Indonesia, burung perkutut adalah salah satu burung yang populer dan digemari oleh banyak orang. Selain memiliki suara yang merdu, burung perkutut juga memiliki keindahan yang memukau. Namun, sebelum membeli burung perkutut, ada baiknya untuk mengetahui harga dan jenis burung perkutut yang ada di Indonesia. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap tentang harga burung perkutut dan jenis burung perkutut yang ada di Indonesia.

Jenis Burung Perkutut

Ada beberapa jenis burung perkutut yang populer di Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis burung perkutut yang ada:

1. Burung Perkutut Jawa

Salah satu jenis burung perkutut yang paling populer di Indonesia yaitu Burung perkutut Jawa. Burung ini memiliki suara yang merdu dan kicauannya yang khas. Burung perkutut Jawa dapat ditemukan di daerah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Keistimewaan

Burung perkutut Jawa memiliki keistimewaan dalam warna bulunya yang beragam, mulai dari putih, coklat, hingga hitam. Selain itu, burung ini juga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, sehingga nampak gagah ketika dilihat.

Harga

Harga burung perkutut Jawa bervariasi, tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, dan kualitas suaranya. Untuk burung perkutut Jawa yang masih muda, harganya berkisar antara Rp. 200.000,- – Rp. 500.000,-. Sedangkan untuk burung perkutut Jawa yang sudah dewasa dan memiliki kualitas suara yang baik, harganya bisa mencapai Rp. 2.000.000,- atau bahkan lebih.

Baca Juga :  Keistimewaan Sangkar Perkutut Antik

2. Burung Perkutut Sumatera

Selain burung perkutut Jawa, burung perkutut Sumatera juga sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan nampak sangat cantik dengan warna bulunya yang cerah.

Keistimewaan Burung Perkutut Sumatera

Burung perkutut Sumatera memiliki keistimewaan dalam warna bulunya yang cerah dan cantik. Selain itu, burung ini juga memiliki ukuran tubuh yang sedang, sehingga mudah dipelihara dan tidak memerlukan ruangan yang terlalu besar.

Harga Burung Perkutut Sumatera

Harga burung perkutut Sumatera juga bervariasi, tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, dan kualitas suaranya. Untuk burung perkutut Sumatera yang masih muda, harganya berkisar antara Rp. 100.000,- – Rp. 300.000,-. Sedangkan untuk burung perkutut Sumatera yang sudah dewasa dan memiliki kualitas suara yang baik, harganya bisa mencapai Rp. 1.500.000,- atau bahkan lebih.

Harga Burung Perkutut

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga burung perkutut bervariasi tergantung pada faktor usia, jenis kelamin, dan kualitas suaranya. Berikut adalah daftar harga burung perkutut di Indonesia:

Jenis Burung Perkutut Harga
Perkutut Jawa Rp. 200.000,- – Rp. 2.000.000,-
Perkutut Sumatera Rp. 100.000,- – Rp. 1.500.000,-
Perkutut Madura Rp. 150.000,- – Rp. 1.000.000,-
Perkutut Bali Rp. 150.000,- – Rp. 800.000,-
Perkutut Kalimantan Rp. 200.000,- – Rp. 1.500.000,-

Memilih Burung Perkutut yang Baik

Sebelum membeli burung perkutut, ada baiknya untuk memilih burung yang sehat dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih burung perkutut yang baik:

1. Perhatikan Kondisi Fisik Burung

Perhatikan kondisi fisik burung seperti kondisi bulu, mata, paruh, dan kaki. Pastikan burung tidak memiliki luka atau tanda-tanda penyakit.

2. Perhatikan Suara Burung

Perhatikan suara burung, pastikan suaranya merdu dan tidak cempreng.

Baca Juga :  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Sangkar Perkutut

3. Perhatikan Umur Burung

Perhatikan umur burung, pastikan burung masih muda atau belum dewasa untuk memastikan kualitas suaranya masih bagus.

Perawatan Burung Perkutut

Setelah membeli burung perkutut, penting untuk merawatnya dengan baik agar burung tetap sehat dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dalam merawat burung perkutut:

1. Memberikan Makanan yang Sehat

Memberikan makanan yang sehat seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

2. Membersihkan Kandang

Membersihkan kandang secara teratur untuk menghindari penyebaran penyakit.

3. Melatih Burung

Melatih burung agar lebih aktif dan memiliki suara yang lebih merdu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap tentang harga dan jenis burung perkutut di Indonesia. Sebelum membeli burung perkutut, pastikan untuk memilih burung yang sehat dan berkualitas serta merawatnya dengan baik agar tetap sehat dan merdu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin membeli burung perkutut.