Harga Burung Pleci di Pasaran

Harga Burung Pleci di Pasaran

Kicauanburung.com – Harga Burung Pleci di Pasaran – Burung Pleci atau Pleci Jawa (Pycnonotus aurigaster) merupakan burung endemik Indonesia yang banyak ditemukan di pulau Jawa dan Bali. Nama “pleci” berasal dari suara kicauannya yang khas, yang sering dikatakan mirip dengan suara plecikan. Burung ini memiliki ukuran kecil dengan panjang sekitar 13 cm dan berat sekitar 22 gram.

Ciri-ciri burung Pleci memiliki tubuh yang ramping dengan bulu berwarna cokelat kehitaman di bagian atas, dan kuning keputihan di bagian bawah. Burung betina memiliki corak warna yang lebih polos dibandingkan dengan burung jantan. Burung ini juga memiliki ekor yang panjang dengan ujung berwarna hitam. Selain itu, burung pleci juga memiliki paruh yang pendek dan cukup kuat untuk memecahkan biji-bijian sebagai makanan utamanya.

Burung Pleci termasuk dalam famili Pycnonotidae dan banyak dipelihara sebagai burung kicauan. Suara kicauannya yang khas dan mudah dipelajari menjadikannya populer di kalangan penggemar burung. Di samping itu, burung ini juga memiliki penampilan yang menarik dengan bulu-bulu yang rapi. Itulah sebabnya, harga burung pleci di pasaran dapat cukup tinggi.

Untuk melakukan perawatan burung pleci, diperlukan ketersediaan waktu dan komitmen. Burung pleci membutuhkan perawatan yang baik agar tetap sehat dan aktif. Berikan pakan yang seimbang, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga kecil. Sedangkan untuk kandang, pastikan kandangnya cukup besar dan nyaman agar burung pleci dapat bergerak dengan leluasa.

Harga Burung Pleci di Pasaran

Harga Burung Pleci Umur Muda

Burung pleci yang baru menetas biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan burung pleci dewasa. Harga burung pleci umur muda berkisar antara 50 ribu hingga 200 ribu rupiah, tergantung pada jenis dan mutunya.

Baca Juga :  Harga Pleci Auri: Berapa Harga Burung Pleci Auri?

Untuk membedakan umur burung pleci, Anda dapat melihat warna paruhnya. Burung pleci umur muda memiliki paruh yang berwarna kuning, sedangkan burung pleci dewasa memiliki paruh yang telah berubah menjadi hitam. Selain itu, burung pleci jantan umur muda belum memiliki suara kicauan yang berkualitas sehingga harganya pun lebih rendah dibandingkan dengan burung pleci jantan dewasa.

Harga Burung Pleci Dewasa

Harga burung pleci dewasa biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan burung pleci umur muda. Burung pleci jantan dewasa yang memiliki suara kicauan yang bagus dapat mencapai harga lebih dari 1 juta rupiah. Sedangkan burung pleci betina dewasa, yang biasanya memiliki corak warna yang lebih polos, biasanya dijual dengan harga sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Harga burung pleci dewasa juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti keadaan dan kualitas burung tersebut. Burung pleci yang sudah memiliki prestasi dalam lomba burung kicau, misalnya, biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung pleci biasa.

Harga Burung Pleci Lokal vs. Impor

Tidak hanya mempengaruhi harga burung pleci, tetapi asal-usul burung juga dapat memengaruhi kualitas dan karakteristiknya. Burung pleci lokal biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan burung pleci impor. Hal ini disebabkan oleh perbedaan dalam proses perawatan dan biaya impor yang harus dikeluarkan.

Harga burung pleci lokal biasanya berkisar antara 200 ribu hingga 500 ribu rupiah untuk burung pleci dewasa dengan mutu biasa. Sedangkan harga burung pleci impor bisa mencapai jutaan rupiah tergantung pada jenis, usia, dan mutunya.

Perbandingan Harga dengan Jenis Burung Lainnya

Harga burung pleci memang cukup tinggi, terutama jika dibandingkan dengan beberapa jenis burung kicauan lainnya. Namun, hal ini bisa dipahami mengingat popularitas dan keunikan burung pleci. Jika Anda menginginkan burung kicauan yang harganya lebih terjangkau, beberapa jenis burung seperti burung lovebird, burung kenari, atau burung murai batu dapat menjadi alternatif yang baik.

Baca Juga :  Apa yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Pleci

Seperti halnya dengan burung pleci, harga burung jenis-jenis tersebut juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk usia, jenis kelamin, dan mutu burung tersebut.

Kesimpulan

Burung Pleci adalah burung endemik Indonesia yang populer di kalangan penggemar burung kicauan. Harga burung pleci di pasaran sangat bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, asal-usul, dan mutu burung tersebut.

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung pleci, pastikan Anda memperhatikan perawatan yang baik agar burung pleci Anda tetap sehat dan aktif. Terakhir, sebelum membeli burung pleci, pastikan Anda mempertimbangkan harga yang sesuai dengan anggaran Anda, serta pertimbangkan juga jenis burung alternatif lainnya yang lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *