Harga Burung Kenari Kuning di Indonesia

Harga Burung Kenari Kuning di Indonesia

Kicauanburung.com – Harga Burung Kenari Kuning di Indonesia – Burung Kenari Kuning menjadi salah satu jenis burung yang banyak dicari oleh para penggemar burung di Indonesia. Selain memiliki suara yang merdu, burung ini juga dikenal sebagai burung yang mudah dirawat. Namun, sebelum membeli burung kenari kuning, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah harga burung kenari kuning di Indonesia.

Harga Burung Kenari Kuning di Pasar

Harga Burung Kenari Kuning di Pasar Tradisional

Di pasar tradisional, harga burung kenari kuning bisa bervariasi tergantung dari kualitas dan umur burung. Harga burung kenari kuning dewasa biasanya berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 500.000. Sedangkan untuk burung kenari kuning muda atau anakan, harganya bisa berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000.

Harga Burung Kenari Kuning di Pasar Online

Di pasar online, harga burung kenari kuning juga bervariasi tergantung dari kualitas dan umur burung. Harga burung kenari kuning dewasa biasanya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000. Sedangkan untuk burung kenari kuning muda atau anakan, harganya bisa berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 500.000.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Kenari Kuning

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung kenari kuning, di antaranya adalah:

Baca Juga :  Kandungan Nutrisi dan Cara Pemberian Makanan Burung Kenari

1. Kualitas Burung

Burung kenari kuning dengan kualitas bagus biasanya dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari kuning dengan kualitas biasa. Kualitas burung dapat dilihat dari warna bulu, ukuran tubuh, dan juga suara yang dihasilkan.

2. Umur Burung

Burung kenari kuning dewasa biasanya dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari kuning muda atau anakan. Hal ini dikarenakan burung kenari kuning dewasa sudah memiliki karakteristik suara yang matang dan stabil.

3. Lokasi Penjualan

Harga burung kenari kuning juga bisa dipengaruhi oleh lokasi penjualan. Burung kenari kuning yang dijual di daerah perkotaan biasanya dihargai lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari kuning yang dijual di daerah pedesaan.

4. Ketersediaan Pasar

Jika pasokan burung kenari kuning di pasar sedang melimpah, maka harga burung kenari kuning biasanya akan lebih murah. Namun, jika pasokan burung kenari kuning sedang terbatas, maka harga burung kenari kuning bisa naik.

5. Musim

Harga burung kenari kuning juga bisa dipengaruhi oleh musim. Pada musim tertentu, seperti saat menjelang Lebaran atau Natal, harga burung kenari kuning biasanya akan lebih tinggi karena permintaan pasar yang meningkat.

Perawatan Burung Kenari Kuning

Pemilihan Kandang

Untuk merawat burung kenari kuning, Anda perlu memilih kandang yang tepat. Kandang burung kenari kuning sebaiknya berukuran sedang, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan dilengkapi dengan tempat untuk minum dan makan.

Pemberian Makanan

Burung kenari kuning sebaiknya diberi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang cocok untuk burung kenari kuning antara lain biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji jagung, dan biji kacang hijau.

Perawatan Bulu

Untuk menjaga kesehatan bulu burung kenari kuning, Anda perlu merawat bulu secara rutin. Caranya adalah dengan memberikan mandi burung kenari kuning secara rutin dan merapikan bulu-bulu yang rontok.

Baca Juga :  Perawatan Kenari Merlok

Pemberian Vitamin

Jika burung kenari kuning Anda terlihat kurang sehat, Anda perlu memberikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung. Vitamin yang cocok untuk burung kenari kuning antara lain vitamin E dan vitamin B kompleks.

Perawatan Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan burung kenari kuning, Anda perlu memeriksakan burung secara rutin ke dokter hewan. Jangan lupa untuk memberikan vaksin dan obat cacing secara teratur.

Conclusion

Harga burung kenari kuning di Indonesia bisa bervariasi tergantung dari kualitas dan umur burung, lokasi penjualan, ketersediaan pasar, dan musim. Untuk merawat burung kenari kuning, Anda perlu memilih kandang yang tepat, memberikan makanan yang sehat dan bergizi, dan merawat bulu secara rutin. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan burung secara rutin ke dokter hewan dan memberikan vaksin dan obat cacing secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *