Jenis-Jenis Pakan Burung Perkutut di Indonesia

Jenis-Jenis Pakan Burung Perkutut di Indonesia

Kicauanburung.com – Jenis-Jenis Pakan Burung Perkutut di Indonesia – Burung perkutut merupakan burung yang populer di Indonesia, terutama sebagai burung peliharaan. Sebagai pemilik burung perkutut, memberikan pakan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan burung tersebut sangatlah penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis pakan burung perkutut dan cara pemberiannya.

Jenis-Jenis Pakan Burung Perkutut

1. Beras Merah

Jenis yang pertama yaitu beras merah merupakan salah satu jenis pakan yang umum diberikan kepada burung perkutut. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan burung. Namun, perlu diingat bahwa beras merah harus dicuci dahulu sebelum diberikan kepada burung.

2. Biji-bijian

Selain beras merah ada biji-bijian seperti jagung, kacang hijau, dan kacang tanah juga dapat diberikan sebagai pakan burung perkutut. Biji-bijian ini mengandung protein dan serat yang baik untuk kesehatan burung. Namun, pastikan untuk memberikan biji-bijian yang sudah dimasak atau direbus terlebih dahulu.

3. Voer

Untuk mendukung pertumbuhannya, dapat diberikan voer merupakan pakan khusus untuk burung yang sudah diolah dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh burung. Voer sangat cocok diberikan kepada burung perkutut yang sedang dalam masa perkembangan dan pertumbuhan.

4. Buah-buahan

Kemudian ada jenis pakan buah-buahan seperti pisang, jambu biji, dan pepaya dapat diberikan sebagai makanan tambahan untuk burung perkutut. Buah-buahan mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan burung. Namun, perlu diingat bahwa buah-buahan harus dalam keadaan matang dan segar.

Baca Juga :  Jenis-jenis Pakan Kutilang

5. Udang

Jenis pakan lain yaitu udang juga dapat diberikan sebagai pakan burung perkutut. Udang mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan burung. Namun, pastikan untuk memberikan udang yang sudah dimasak atau direbus terlebih dahulu.

Cara Pemberian Pakan Burung Perkutut

1. Waktu Pemberian

Waktu pemberian pakan burung perkutut sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Hal ini bertujuan agar burung perkutut memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan sebelum tidur malam.

2. Jumlah Pemberian

Jumlah pemberian pakan burung perkutut sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan burung. Pemberian pakan yang berlebihan dapat menyebabkan burung mengalami obesitas dan gangguan pencernaan.

3. Cara Pemberian

Pemberian pakan burung perkutut dapat dilakukan dengan cara diletakkan di atas tempat makan atau di dalam wadah. Pastikan wadah atau tempat makan burung selalu bersih dan terhindar dari kotoran burung.

4. Air Minum

Selain pakan, air minum juga sangat penting untuk kesehatan burung perkutut. Pastikan selalu menyediakan air minum yang bersih dan segar untuk burung.

5. Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin dan suplemen juga dapat membantu menjaga kesehatan burung perkutut. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum memberikan vitamin atau suplemen.

Kesimpulan

Pemberian pakan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan burung perkutut sangatlah penting untuk menjaga kesehatan burung. Jenis-jenis pakan seperti beras merah, biji-bijian, voer, buah-buahan, dan udang dapat diberikan sebagai pakan burung perkutut. Selain itu, cara pemberian pakan dan penyediaan air minum yang bersih dan segar juga sangat penting untuk kesehatan burung. Dengan memberikan pakan dan perawatan yang baik, burung perkutut dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan optimal.

Baca Juga :  Cara Memberikan Makanan Kapinis untuk Burung