Cara Merawat Parkit Jambul

Cara Merawat Parkit Jambul

Kicauanburung.com – Cara Merawat Parkit Jambul – Parkit jambul adalah salah satu burung yang banyak ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki ciri khas yaitu jambul yang tumbuh di bagian atas kepalanya. Jambul ini berfungsi sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk menarik perhatian pasangan atau anggota kelompoknya.

Parkit jambul sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena kecerdasannya dalam menirukan suara manusia. Burung ini juga memiliki warna dan corak yang cantik sehingga sering dijadikan sebagai burung hias.

Asal Usul Parkit Jambul

Asal usul parkit jambul masih belum diketahui dengan pasti. Namun, burung ini diyakini berasal dari daerah tropis Asia bagian selatan, termasuk Indonesia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa parkit jambul pertama kali ditemukan di Pulau Jawa pada abad ke-18.

Parkit jambul juga dikenal dengan sebutan “hill myna” atau “gracula religiosa” dalam bahasa Inggris. Nama latinnya berasal dari kata “religiosa” yang berarti suci, karena burung ini dianggap suci oleh beberapa agama di Asia Selatan.

Ciri-ciri Fisik Parkit Jambul

Parkit jambul memiliki ukuran tubuh yang kecil, hanya sekitar 25-30 cm. Bulu tubuhnya berwarna hitam kecokelatan dengan garis putih di sekitar matanya. Jambulnya yang khas berwarna putih atau kuning dengan ujung berwarna hitam.

Bagian bawah ekor dan sayap parkit jambul berwarna putih. Burung jantan dan betina memiliki perbedaan warna pada jambulnya. Jambul jantan lebih panjang dan berwarna lebih cerah dibandingkan dengan jambul betina.

Baca Juga :  Keberhasilan Peternakan Burung Parkit Lokal Asli Indonesia

Habitat Parkit Jambul

Parkit jambul memiliki habitat alami yang tersebar di seluruh Indonesia. Burung ini biasanya ditemukan di hutan-hutan tropis, perkebunan, dan daerah perkotaan. Parkit jambul juga sering terlihat di sekitar pemukiman penduduk, terutama di daerah pedesaan.

Di alam liar, parkit jambul hidup dalam kelompok yang terdiri dari 5-15 ekor burung. Mereka sering terlihat terbang dan bermain bersama-sama di atas pohon-pohon yang tinggi.

Cara Merawat Parkit Jambul

Parkit jambul adalah burung yang mudah untuk dirawat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar burung ini dapat tumbuh dengan sehat dan aktif. Berikut adalah beberapa tips dalam merawat parkit jambul:

1. Kandang

Gunakan kandang yang cukup besar dan nyaman untuk parkit jambul. Kandang yang ideal memiliki ukuran 60x40x40 cm dengan lubang udara yang cukup besar. Pastikan kandang selalu bersih dan kering agar parkit jambul tidak terkena penyakit.

2. Makanan

Burung parkit jambul adalah jenis burung frugivora, yang berarti lebih suka makan buah-buahan. Namun, burung ini juga membutuhkan makanan tambahan seperti biji-bijian dan serangga kecil. Berikan makanan yang seimbang dan jangan berlebihan agar burung tidak kegemukan.

3. Minuman

Sebagai burung penghuni kandang, parkit jambul membutuhkan air bersih dan segar setiap hari. Pastikan tempat minum selalu diisi dengan air bersih dan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh burung.

4. Kesehatan

Perhatikan kesehatan parkit jambul dengan memeriksanya secara rutin. Jika burung terlihat lesu, kurang nafsu makan, atau terdapat tanda-tanda penyakit lainnya, segera bawa ke dokter hewan.

5. Interaksi

Parkit jambul adalah burung yang senang berinteraksi dengan manusia. Berikan waktu untuk bermain dan berbicara dengan burung agar dia tidak merasa kesepian atau stres.

Baca Juga :  Burung Parkit Australia, Kakaktua paling Kecil

Manfaat Parkit Jambul

Selain sebagai burung hias dan burung peliharaan, parkit jambul juga memiliki manfaat lain yang tidak banyak diketahui. Berikut adalah beberapa manfaat parkit jambul:

1. Pengendali Hama

Parkit jambul sering disebut sebagai burung pengendali hama karena makanan utamanya adalah serangga kecil. Burung ini dapat membantu mengendalikan populasi serangga di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

2. Penghias Lingkungan

Parkit jambul memiliki warna dan corak yang cantik sehingga sering dijadikan sebagai burung hias. Burung ini dapat menjadi penghias lingkungan dan memberikan suasana yang menyenangkan di sekitar tempat tinggalnya.

3. Hiburan

Parkit jambul adalah burung yang cerdas dan pandai menirukan suara manusia. Burung ini dapat menjadi hiburan bagi pemiliknya dan dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Kesimpulan

Parkit jambul adalah salah satu burung yang menarik dan banyak ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki ciri khas yaitu jambul yang tumbuh di atas kepalanya. Parkit jambul sering dijadikan sebagai burung hias dan burung peliharaan karena kecerdasannya dalam menirukan suara manusia. Selain itu, burung ini juga memiliki manfaat lain seperti pengendali hama, penghias lingkungan, dan hiburan.

Dalam merawat parkit jambul, perhatikan kandang, makanan, minuman, kesehatan, dan interaksi dengan manusia. Dengan perawatan yang baik, parkit jambul dapat tumbuh dengan sehat dan aktif di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.