Burung Parkit Spangle yang Populer Dikalangan Pecinta Burung

Burung Parkit Spangle yang Populer Dikalangan Pecinta Burung

Kicauanburung.com – Ciri-ciri Parkit Spangle Burung Parkit Spangle yang Populer Dikalangan Pecinta Burung – Parkit spangle adalah burung populer di Indonesia yang memiliki ciri khas bulu berwarna-warni. Burung yang populer di kalangan pecinta burung ini memiliki nama latin Melopsittacus Undulatus. Parkit spangle merupakan hasil persilangan antara parkit hijau dan parkit biru.

Asal Usul Parkit Spangle

Persilangan antara parkit hijau dan parkit biru untuk menghasilkan parkit spangle pertama kali dilakukan oleh peternak burung di Amerika Serikat pada tahun 1930-an. Parkit spangle kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Di Indonesia, parkit spangle pertama kali diimpor pada tahun 1970-an. Parkit spangle menjadi populer di Indonesia karena keindahan bulu dan kemampuannya untuk menirukan suara manusia.

Ciri-ciri Parkit Spangle

Parkit spangle memiliki ciri-ciri fisik yang mudah dikenali. Bulu-bulunya berwarna-warni, mulai dari hijau, kuning, biru, putih, hingga abu-abu. Parkit spangle memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm dan berat sekitar 100 gram.

Bagian kepala parkit spangle berwarna kuning cerah. Di sekitar matanya terdapat lingkaran putih yang menambah keindahan penampilannya. Parkit spangle memiliki paruh pendek yang berbentuk seperti biji beras.

Yang menarik dari parkit spangle adalah kemampuannya untuk menirukan suara manusia. Parkit spangle juga memiliki suara khas yang terdengar cukup keras dan jernih.

Makanan Parkit Spangle

Parkit spangle adalah burung pemakan biji-bijian seperti jagung, beras, dan biji bunga matahari. Selain itu, parkit spangle juga bisa diberikan sayuran dan buah-buahan sebagai variasi makanan.

Baca Juga :  Jenis Burung Falk yang Mahal di Indonesia

Parkit spangle juga membutuhkan pasokan kalsium untuk menjaga kesehatan tulangnya. Kalsium bisa didapatkan dari kerang atau tulang ikan yang dihancurkan.

Perawatan Parkit Spangle

Untuk menjaga kesehatan parkit spangle, pemilik perlu memberikan perawatan yang tepat. Parkit spangle membutuhkan kandang yang cukup besar untuk bergerak dan terbang. Kandang yang baik juga harus dilengkapi dengan tempat makan dan minum serta tempat untuk bertelur.

Parkit spangle juga membutuhkan perawatan bulu secara rutin. Pemilik perlu menyediakan tempat mandi agar parkit spangle bisa mandi dan membersihkan bulunya. Selain itu, pemilik juga perlu memotong kuku parkit spangle secara rutin agar tidak terlalu panjang dan menyebabkan cedera pada burung.

Peran Parkit Spangle di Indonesia

Parkit spangle memiliki peran penting di Indonesia sebagai burung peliharaan populer. Selain sebagai hewan peliharaan, parkit spangle juga bisa dijadikan sebagai burung kicau yang lomba di Indonesia.

Indonesia memiliki banyak komunitas pecinta burung kicau yang mengadakan lomba burung. Parkit spangle sering menjadi peserta lomba burung kicau dan sering kali berhasil meraih juara.

Ancaman Terhadap Populasi Parkit Spangle

Populasi parkit spangle di alam liar mulai menurun karena habitatnya semakin berkurang. Selain itu, burung ini juga sering ditangkap dan diperjualbelikan secara ilegal sebagai hewan peliharaan.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beberapa aturan untuk melindungi parkit spangle. Pemilik burung juga perlu memperhatikan aspek kesehatan dan keamanan parkit spangle sebagai hewan peliharaan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, parkit spangle adalah burung populer di Indonesia yang memiliki keunikan dan keindahan bulu yang menarik. Meski demikian, populasi parkit spangle di alam liar semakin menurun dan membutuhkan perlindungan.

Sebagai hewan peliharaan, parkit spangle membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap sehat dan bahagia. Pemilik perlu memperhatikan kebutuhan makanan, kandang yang cukup besar, dan perawatan bulu secara rutin.

Baca Juga :  Harga Burung Falk Australia di Indonesia

Indonesia juga memiliki peran penting dalam melestarikan parkit spangle sebagai burung peliharaan dan burung kicau yang lomba. Dengan peran aktif dari semua pihak, diharapkan populasi parkit spangle di Indonesia tetap terjaga dan keberadaannya tetap menjadi bagian penting dari keanekaragaman hayati Indonesia.