Harga Burung Falk Australia di Indonesia

Harga Burung Cockatiel di Indonesia

Kicauanburung.com – Harga Burung Falk Australia – Melihat keindahan burung dengan bulu-bulu yang berwarna-warni tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung. Salah satu jenis burung yang populer di Indonesia adalah burung Falk Australia. Namun, seberapa mahal harga burung Falk Australia di pasaran ? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Burung Falk Australia?

Burung Falk Australia atau Australian Hobby Falcon merupakan burung yang termasuk dalam keluarga Falconidae. Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 35-40 cm dan berat sekitar 200 gram. Ciri-ciri burung ini memiliki bulu-bulu dengan warna abu-abu kebiruan pada bagian punggung dan sayap, serta bulu dengan warna oranye pada bagian perut dan dada.

Burung Falk Australia memiliki karakteristik sebagai burung predator yang tangkas dan memiliki kemampuan terbang yang sangat baik. Burung ini biasanya memangsa burung kecil, serangga, dan mamalia kecil seperti tikus dan kelinci. Ekosistem burung ini sering ditemukan di daerah hutan, savana, dan tundra.

Harga Burung Falk Australia di Indonesia

Harga burung Falk Australia di Indonesia cukup bervariasi tergantung dari usia dan kondisi burung tersebut. Untuk burung muda atau yang baru menetas, harga burung Falk Australia di pasaran Indonesia rata-rata berada di kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan.

Sementara itu, untuk burung Falk Australia dewasa yang sudah bisa berkembang biak, harganya bisa mencapai Rp 7 juta hingga Rp 10 jutaan. Tentunya, harga burung Falk Australia dewasa yang sudah terlatih memiliki kemampuan terbang yang lebih baik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung muda atau yang baru menetas.

Baca Juga :  Jenis Burung Parkit dan Karakteristiknya

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Falk Australia

Sejumlah faktor dapat mempengaruhi harga burung Falk Australia di pasaran Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

1. Jenis Kelamin

Harga burung Falk Australia jantan dan betina bisa berbeda. Biasanya, harga burung jantan lebih mahal karena burung ini memiliki kemampuan terbang yang lebih baik dibandingkan dengan burung betina.

2. Usia Burung

Harga burung Falk Australia dewasa yang sudah bisa berkembang biak tentunya lebih tinggi dibandingkan dengan burung muda atau yang baru menetas.

3. Kondisi Burung

Burung Falk Australia yang sehat, terawat dengan baik, dan memiliki kemampuan terbang yang baik tentunya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang sakit atau memiliki cacat.

4. Lokasi Penjualan

Harga burung Falk Australia di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota kecil di luar pulau Jawa.

5. Tingkat Kelangkaan

Burung Falk Australia yang semakin langka di pasaran tentunya memiliki harga yang semakin tinggi. Namun, perlu diingat bahwa perdagangan burung liar yang dilindungi oleh undang-undang sangat dilarang di Indonesia.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai harga burung Falk Australia di Indonesia. Sebagai pecinta burung, tentunya kita harus memperhatikan dan melindungi keberadaan burung ini agar dapat terus hidup dan berkembang biak di alam bebas. Mari lestarikan alam dan burung-burung di sekitar kita.