Berbagai Jenis Kenari, Ragam Warna, Keunggulan, dan Popularitas

Berbagai Jenis Kenari

Berbagai Jenis Kenari, Ragam Warna, Keunggulan, dan Popularitas – Dunia burung peliharaan kembali menjadi sorotan dengan popularitas yang terus meningkat dari berbagai jenis Kenari. Dari bentuk tubuh yang elegan hingga warna bulu yang memukau, Kenari telah berhasil menarik minat para penggemar burung di seluruh dunia. Kehadiran Kenari tidak hanya memberikan hiburan melalui suara merdunya, tetapi juga menampilkan keindahan visual yang tak tertandingi.

Ketika melangkah ke dalam dunia Kenari, kita akan dihadapkan pada beragam jenis dengan keunggulan masing-masing. Mulai dari Belgian Fancy yang gagah dalam posisi tegak hingga Kenari Frill dengan bulu yang tumbuh terbalik ke atas, setiap jenis Kenari memiliki karakteristik yang unik. Para penangkar dan pecinta burung terus berupaya mengembangkan dan merawat berbagai jenis Kenari ini, menjadikannya sebagai bagian tak terpisahkan dari hobi dan industri burung peliharaan.

Berbagai Jenis Kenari, Ragam Warna, Keunggulan, dan Popularitas

Berbagai bentuk, keunggulan, dan warna Kenari telah berhasil dikembangkan, menarik minat penggemar burung. Jenis Kenari dapat dibedakan berdasarkan keunggulannya, seperti bentuk, warna, dan suara. Namun, dengan banyaknya kawin silang, pembagian jenis Kenari berdasarkan keunggulannya menjadi bias. Selain memiliki suara yang merdu, Kenari hasil persilangan juga memiliki warna bulu yang indah. Berikut ini adalah beberapa jenis burung Kenari populer yang memiliki banyak penggemar.

Belgian Fancy

Belgian Fancy Canary: Personality, Food & Care Guide (With Pictures) | Pet  Keen

Belgian Fancy merupakan salah satu jenis Kenari utama yang memberikan kontribusi pada perkembangan keturunan Kenari Inggris, terutama bagi Yorkshire dan Scotch Fancy yang memiliki perawakan sangat bagus. Meskipun jumlahnya kini telah berkurang, Belgian Fancy tetap menjadi favorit. Burung ini memiliki kepala kecil dengan leher yang panjang dan langsing. Bahunya mengangkat tinggi, memberi kesan gagah dengan sayap yang ringkas dan panjang. Meskipun tampak gagah dalam posisi tegak, burung ini mungkin terlihat bungkuk saat dilihat dari samping, sehingga sering dijuluki Si Bongkok Belgia.

Baca Juga :  Pola Suara Burung Kenari

Kenari Border

Kenari Border ring Foi 21 gacor ‼️ Gallery Elbar Malang - YouTube

Kenari Border populer di Eropa, berasal dari perbatasan negara Inggris dan Skotlandia. Meskipun mulai diternakkan sejak abad ke-18, jenis ini tidak lagi banyak beredar. Kenari Border memiliki bentuk tubuh dan kepala yang bulat, dengan ukuran yang ideal mencapai 14 cm. Warna bulunya bervariasi, termasuk kuning jeruk yang dalam dan hampir menyerupai warna aprikot.

Kenari Crested

Kenari Crested

Kenari Crested memiliki badan besar dengan mahkota atau jambul yang besar dan tebal. Ada juga yang memiliki kepala polos tanpa mahkota. Burung ini memiliki leher pendek dan badan lebar, dengan bulu tebal dan lebat. Mahkota yang dimilikinya mampu mengembang dari depan sampai ke belakang kepala. Kenari Crested yang bagus memiliki jambul yang berbentuk sempurna dan menyebar merata di atas mata dan kepala.

Fife Fancy

Fife Fancy Canary | Birds for sale, Pet bird cage, Canary

Kenari ini dikembangkan di daerah yang sama dengan Kenari Border, tetapi memiliki ukuran tubuh lebih kecil. Kenari ini sangat lincah bergerak dan bersuara merdu. Sejarahnya bermula dari pertentangan peternak mengenai ukuran tubuh Kenari, yang menghasilkan Fife Fancy dengan badan kecil. Kenari ini memiliki variasi warna yang sama seperti Kenari pada umumnya.

Kenari Frill

Mengetahui Jenis Burung Kenari Frill dan Ciri Khasnya | Ciri ...

Kenari Frill dikenal karena bulunya yang tumbuh terbalik ke atas, memberikan kesan berjumbai-jumbai. Berbagai jenis Kenari Frill bermunculan dari berbagai negara, dengan ukuran tubuh yang bervariasi. Meskipun tampak elok, penampilan bulunya dianggap lusuh oleh sebagian hobiis di Indonesia.

Kenari Gloster

Gloster Corona Canary Foto Stok - Unduh Gambar Sekarang - Burung kenari -  Kutilang, Burung, Latar belakang putih - iStock

Kenari Gloster merupakan hasil rekayasa genetik Kenari Crested dengan memperkecil ukuran tubuhnya. Burung ini memiliki penampilan fisik yang indah dan menjadi penyanyi yang populer di kalangan peternak dan penjual Kenari. Meskipun sudah banyak dipelihara di Indonesia, Kenari Gloster masih jarang dikonteskan.

Kenari Lancashire

Kenari Lancashire dipercaya dikembangkan oleh penangkar asal Belanda, dan dianggap sebagai burung raksasa dengan ukuran tubuh yang mencapai 20 cm. Kenari ini jarang membungkuk dan selalu berdiri tegak. Banyak digunakan sebagai induk untuk dikawinsilangkan dengan Kenari Crested dan Kenari Yorkshire.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Harga Burung Kenari Jambul

Kenari Lizard

Mengenal Kenari Lizard, Si Cantik Bersuara Merdu - Travel Jaya

Kenari Lizard memiliki motif bulu yang mirip dengan kadal, ditemukan oleh imigran di Inggris pada abad ke-18. Burung ini memiliki dua warna dasar, emas dan perak, dengan corak tubuh mirip tubuh kadal. Kenari Lizard memiliki panjang tubuh hingga 13 cm.

Kenari Norwich

Burung Kenari Norwich Jagoan dari kota Norwich - Lentera Hidup7

Kenari Norwich merupakan burung kenari yang menarik dengan bulu tebal dan bentuk yang serba bulat. Selain penampilan fisiknya yang tampan, Kenari Norwich juga memiliki nyanyian yang bagus, membuatnya diminati di Eropa.

Red Canary

Red Factor Canary Health, Personality, Colors and Sounds - PetGuide |  PetGuide

Kenari merah pertama kali dikembangkan pada tahun 1930 oleh Dr. Hans Duncker, dengan hasil persilangan finch Venezuela Red Siskin dengan Kenari kuning. Kenari merah memiliki warna bulu yang menarik dan ukuran tubuh standar 14 cm.

Kenari Roller

Ciri Ciri Burung Kenari Roller Dengan Kicauan Panjang dan Bervariasi | Kuş,  Ses, Kusu

Kenari Roller berasal dari Jerman, terkenal dengan kicauannya yang panjang dan ngerol. Burung ini dikembangbiakkan khusus untuk kemampuan menyanyinya. Meskipun memiliki variasi warna yang banyak, sebagian besar berwarna hijau atau kuning.

Tabel Perbedaan

Dengan ragam jenis dan keunikan masing-masing, Kenari terus menggoda antusiasme para penggemar burung di seluruh dunia. Dari bentuk tubuh hingga warna bulu dan kemampuan menyanyi, setiap jenis Kenari memiliki daya tariknya sendiri, menjadikannya salah satu burung peliharaan yang paling diminati.

Jenis Kenari Keunggulan Warna Bulu Ukuran Tubuh
Belgian Fancy Peran dalam perkembangan keturunan Kenari Inggris; kepala kecil dengan leher panjang; postur gagah dalam posisi tegak Putih, Kuning, Oranye 17-18 cm
Kenari Border Bentuk tubuh dan kepala bulat; ukuran ideal; warna kuning jeruk yang dalam Kuning jeruk, hijau, cokelat Maksimal 14 cm
Kenari Crested Badan besar dengan mahkota atau jambul besar; bulu tebal dan lebat; jambul yang menyebar merata di atas mata dan kepala 17-20 cm
Fife Fancy Ukuran tubuh lebih kecil; lincah bergerak dan bersuara merdu; variasi warna yang sama seperti Kenari pada umumnya Maksimal 11,5 cm
Kenari Frill Bulu tumbuh terbalik ke atas; bermunculan dari berbagai negara dengan variasi ukuran tubuh; penampilan bulu tampak lusuh Beragam
Kenari Gloster Hasil rekayasa genetik Kenari Crested; penampilan fisik indah; penyanyi yang populer Maksimal 11 cm
Kenari Lancashire Ukuran tubuh mencapai 20 cm; jarang membungkuk; digunakan sebagai induk untuk dikawinsilangkan dengan Kenari Crested dan Kenari Yorkshire Kuning, jarang putih Maksimal 20 cm
Kenari Lizard Motif bulu mirip kadal; dua warna dasar emas dan perak; panjang tubuh hingga 13 cm Maksimal 13 cm
Kenari Norwich Bulu tebal dan bentuk serba bulat; nyanyian yang bagus; diminati di Eropa Hijau 15-16 cm
Red Canary Warna bulu merah menarik; hasil persilangan dengan finch Venezuela Red Siskin; ukuran tubuh standar Standar 14 cm
Kenari Roller Kicauan panjang dan ngerol; dikembangbiakkan khusus untuk kemampuan menyanyi; variasi warna hijau atau kuning Beragam 12-12,5 cm
Baca Juga :  Keunggulan Sangkar Kenari Diamond

Tabel di atas memperlihatkan perbedaan antara berbagai jenis Kenari berdasarkan keunggulan, warna bulu, dan ukuran tubuhnya. Dengan ragam karakteristik yang unik, setiap jenis Kenari menawarkan daya tariknya sendiri bagi para penggemar burung.

Kesimpulan

Dengan berbagai jenis Kenari yang telah kita telusuri, tidak dapat disangkal bahwa pesona burung-burung cantik ini terus memikat hati para pecinta burung di seluruh dunia. Dari Belgian Fancy yang elegan hingga Kenari Roller yang memiliki suara kicauan yang memikat, setiap jenis Kenari memberikan kontribusi uniknya dalam dunia burung peliharaan. Keanekaragaman warna bulu, bentuk tubuh, dan kemampuan suara memberikan banyak pilihan bagi para penggemar burung untuk menemukan Kenari yang sesuai dengan preferensi mereka.

Namun, selain keindahan visual dan suara yang merdu, penting untuk diingat bahwa tanggung jawab terhadap pemeliharaan dan kesejahteraan Kenari juga merupakan bagian integral dari pengalaman menjadi pecinta burung. Dengan memberikan perawatan yang baik dan memahami kebutuhan mereka, kita dapat memastikan bahwa Kenari terus menikmati kehidupan yang sehat dan bahagia di lingkungan kita. Dengan demikian, mari terus menghargai kecantikan dan keunikan dari setiap jenis Kenari, sambil memperhatikan tanggung jawab kita sebagai pemilik yang bertanggung jawab dan penyayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *