5 Perkutut Pembawa Rezeki, Mau Pelihara yang Mana?

5 Perkutut Pembawa Rezeki

5 Perkutut Pembawa Rezeki, Mau Pelihara yang Mana? – Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengeksplorasi tentang 5 jenis perkutut yang dipercaya membawa rezeki bagi pemiliknya. Burung perkutut telah lama menjadi objek daya tarik bagi para penghobi, terutama mereka yang memiliki minat khusus dalam katuranggan perkutut. Perkutut, sebagai binatang sakral, selalu terkait dengan mitos dan legenda, terutama dalam konteks budaya Jawa. Dikisahkan bahwa bahkan Prabu Brawijaya, seorang tokoh legendaris, memelihara perkutut, dan tradisi ini terus dilestarikan oleh raja-raja Mataram dan di Keraton Ngayogyakarta.

Tradisi memelihara perkutut tidak hanya berlaku di kalangan bangsawan, tetapi juga di kalangan masyarakat umum, tokoh pemerintahan, dan pedagang kaya. Mereka percaya bahwa memelihara perkutut dapat membawa ketentraman jiwa dan menghidupkan rezeki seseorang. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, perkutut dianggap mampu menciptakan harmoni dan ketenangan dalam kehidupan.

5 Perkutut Pembawa Rezeki

Mari kita bahas kelima jenis perkutut pembawa rezeki:

1. Perkutut Udan Mas

Perkutut Udan Mas dikenali dengan warna coklat muda keemasan pada bulu dada, punggung, dan sayapnya. Warna ini sangat khas dan mudah dikenali. Perkutut ini juga dikenal dengan paruh dan kaki yang berwarna putih bersih. Dipercaya oleh banyak orang bahwa memelihara perkutut Udan Mas dapat membawa rezeki yang melimpah, seperti hujan emas yang tak pernah berhenti.

2. Perkutut Banyu Mili

Perkutut Banyu Mili memiliki ciri unik berupa belahan pada leher hingga dubur yang terlihat seperti garis. Keberadaan burung ini dianggap membawa rezeki yang terus mengalir, seperti air yang mengalir. Karena itulah, banyak kolektor perkutut yang memburunya.

Baca Juga :  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Perkutut Putih

3. Perkutut Kantong Semar

Perkutut Kantong Semar memiliki ciri khas perut yang menonjol ke depan, menyerupai perut tokoh pewayangan Semar. Burung ini dianggap membawa pengaruh positif bagi pemiliknya, memelihara harta agar tidak terbuang sia-sia.

4. Perkutut Rondo Semoyo

Perkutut Rondo Semoyo memiliki ciri mati di sekitar mata yang berwarna kuning keputihan. Dalam mitologi Jawa, burung ini dikaitkan dengan keberuntungan dan kekuatan magis. Dipercaya bahwa perkutut ini akan mendoakan pemiliknya untuk mendapatkan rezeki yang halal selama hidup di dunia.

5. Perkutut Keruk Bumi

Perkutut Keruk Bumi memiliki jari-jari kaki yang berbeda, menekuk ke dalam. Meskipun terlihat seperti burung yang cacat, perkutut ini mampu melakukan aktivitas normal. Dipercaya bahwa memelihara perkutut Keruk Bumi dapat membawa rezeki yang baik, terutama bagi para petani atau orang yang mencari rezeki dari hasil bumi.

Kesimpulan

Dalam budaya Jawa, memelihara perkutut bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga memiliki makna filosofis yang dalam. Berbagai jenis perkutut dipercaya membawa rezeki bagi pemiliknya, masing-masing dengan karakteristik dan keunikan tersendiri. Dengan memahami dan merawatnya dengan baik, diharapkan pemilik perkutut dapat merasakan berkah dan keberuntungan dalam hidup mereka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki minat dalam dunia perkutut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *