5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Merawat Kenari Mabung

Hal yang Perlu Dihindari Saat Merawat Kenari Mabung

5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Merawat Kenari Mabung – Masa mabung atau molting adalah fase alami yang dialami oleh semua burung, termasuk kenari. Selama masa ini, burung mengalami perubahan fisik yang signifikan karena mengganti bulu-bulunya. Proses mabung ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik burung, karena jika tidak dirawat dengan baik, kenari bisa mengalami mabung yang tidak tuntas atau berkepanjangan. Kondisi ini dapat mengakibatkan kenari terus-menerus mabung tanpa henti, yang pada akhirnya merugikan kesehatannya.

Agar kenari dapat melalui masa mabung dengan lancar dan sehat, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pemilik burung. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima hal utama yang perlu dihindari saat merawat kenari mabung. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memastikan kenari Anda mendapatkan perawatan yang optimal selama masa mabungnya.

5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Merawat Kenari Mabung

Mari kita bahas satu per satu hal yang perlu dihindari saat merawat kenari mabung.

1. Memaksa Kenari Bunyi Saat Mabung

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik burung adalah membiarkan atau memaksa kenari bunyi saat sedang mabung. Beberapa orang mungkin merasa bangga jika kenari tetap berkicau meskipun sedang mabung, namun hal ini sebenarnya dapat menghambat proses mabung. Kenari yang dipaksa bunyi saat mabung cenderung mengalami masa mabung yang berkepanjangan karena tubuhnya tidak bisa fokus pada proses pergantian bulu.

Baca Juga :  10 Cara Menurunkan Birahi Kenari yang Over

Masa mabung seharusnya menjadi waktu istirahat bagi kenari, jadi pastikan untuk memberikan lingkungan yang tenang dan nyaman. Hindari memberikan perawatan harian yang terlalu intens atau perawatan lomba selama kenari sedang mabung.

2. Mengkrodong Kenari Sepenuhnya dalam Waktu Lama

Mengkrodong burung kenari selama mabung memang diperlukan dalam kondisi tertentu, seperti perubahan suhu atau cuaca buruk. Namun, mengkerodong burung secara penuh dalam waktu lama dapat menimbulkan masalah. Burung perlu mendapatkan sirkulasi udara yang baik, jadi pastikan untuk membuka krodong sesekali agar kenari bisa menghirup udara segar.

Jaga kebersihan kandang saat kenari dikerodong untuk mencegah penumpukan kotoran yang dapat menghasilkan gas amonia. Gas ini bisa berbahaya bagi kenari, terutama jika kandang dikerodong secara penuh dalam jangka waktu yang lama.

3. Memberikan Pakan dan EF Tinggi

Saat kenari sedang merontokkan bulu-bulunya, penting untuk menghindari pemberian pakan dan Ekstra Fooding (EF) tinggi. Makanan yang terlalu tinggi kandungan proteinnya dapat meningkatkan birahi kenari, yang seharusnya dalam kondisi turun atau down selama mabung.

Alih-alih, berikan pakan biji-bijian yang rendah protein dan cukup sayuran seperti sawi. Setelah bulu-bulu kenari sudah rontok semua dan bulu jarum mulai tumbuh, Anda bisa mulai memberikan EF tambahan seperti telur puyuh, jagung, atau apel untuk mendukung pertumbuhan bulu yang sehat.

4. Memandikan Kenari Saat Mabung

Memandikan kenari saat sedang mabung bukanlah ide yang baik. Mandi hanya dianjurkan untuk burung yang sehat dan sudah menyelesaikan masa mabungnya. Memandikan kenari saat sedang mabung, terutama setiap hari, dapat menghambat proses pergantian bulu.

Jika kenari tetap mandi sendiri, itu tidak masalah karena atas kemauannya sendiri. Namun, hindari memaksa kenari mandi dengan cara menyemprot atau metode lainnya.

Baca Juga :  Cara Merawat Kenari Gacor

5. Menjemur Kenari Saat Mabung

Saat kenari sedang mabung, hindari menjemur burung di bawah sinar matahari. Kenari yang sedang merontokkan bulu-bulunya tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Sebaliknya, burung membutuhkan kelembaban dan tempat yang tenang.

Menjemur kenari saat mabung dapat mengakibatkan pertumbuhan bulu yang tidak sempurna atau bahkan abnormal. Bulu baru bisa menjadi rusak, kering, atau terbalik jika terlalu banyak terkena sinar matahari saat mabung.

Kesimpulan

Memastikan kenari Anda mendapatkan perawatan yang tepat selama masa mabung sangat penting untuk kesehatannya. Hindari lima hal di atas saat merawat kenari mabung untuk menjaga kesehatannya dan mencegah mabung berkepanjangan. Berikan perhatian khusus pada kondisi kenari dan selalu pantau perkembangannya agar proses mabung berjalan lancar. Dengan perawatan yang baik, kenari Anda akan melewati masa mabung dengan sukses dan kembali sehat serta aktif

Dalam merawat kenari yang sedang mabung, penting untuk memperhatikan kondisi burung dengan cermat dan menjaga kesehatannya. Hindari lima hal yang telah dibahas di atas untuk memastikan kenari Anda mendapatkan perawatan yang optimal. Dengan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan kenari saat mabung, Anda dapat membantu proses pergantian bulu berjalan lancar dan mencegah masalah mabung berkepanjangan.

Selalu pantau perkembangan kenari selama masa mabung dan pastikan untuk memberikan lingkungan yang tenang dan nyaman. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli atau komunitas penggemar burung jika Anda membutuhkan saran tambahan tentang perawatan kenari mabung.

Dengan perawatan yang baik dan tepat, kenari Anda akan melewati masa mabung dengan sukses dan kembali sehat serta aktif. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam merawat kenari mabung. Sukses selalu untuk Anda dan kenari kesayangan Anda!

Baca Juga :  Harga Burung Kenari AF di Pasaran Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *