Tips Membeli Perkutut Putih

Tips Membeli Perkutut Putih

Kicauanburung.com – Tips Membeli Perkutut Putih – Perkutut putih merupakan jenis burung yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan indah sehingga kerap dijadikan hewan peliharaan. Dalam dunia perburungan, perkutut putih juga dikenal sebagai burung balap yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Untuk para kolektor burung perkutut putih, tentu saja harga menjadi hal yang sangat penting. Berikut ini akan dijelaskan mengenai harga perkutut putih di Indonesia serta jenis-jenisnya.

2. Jenis-jenis Perkutut Putih

2.1 Perkutut Putih Lokal

Perkutut putih lokal merupakan jenis perkutut putih yang berasal dari Indonesia. Burung ini memiliki ukuran yang sedang dan suara yang merdu. Harga perkutut putih lokal cukup terjangkau, yaitu antara Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu.

Perkutut putih lokal umumnya memiliki tubuh yang berwarna putih dengan bulu-bulu yang lebat. Bulu-bulu tersebut membuatnya terlihat sangat cantik dan menarik perhatian.

Perkutut Putih Import

Perkutut putih import merupakan jenis perkutut putih yang berasal dari luar negeri, seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina. Burung ini memiliki ukuran yang lebih besar dari perkutut putih lokal dan suara yang lebih merdu.

Harga perkutut putih import cukup tinggi, yaitu antara Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas burung yang lebih baik.

Baca Juga :  5 Rawatan Harian Perkutut Agar Rajin Bunyi

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Perkutut Putih

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi harga perkutut putih, di antaranya:

Usia Burung

Usia burung menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga perkutut putih. Semakin tua burung, maka harganya cenderung semakin tinggi.

Jenis Kelamin

Perkutut putih jantan memiliki suara yang lebih merdu dibandingkan betina. Oleh karena itu, harga perkutut putih jantan cenderung lebih tinggi dibandingkan betina.

Kondisi Burung

Kondisi burung juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga perkutut putih. Burung yang sehat dan memiliki kondisi tubuh yang baik cenderung memiliki harga lebih tinggi.

Jenis Burung

Jenis burung juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga perkutut putih. Perkutut putih import umumnya memiliki harga lebih tinggi dibandingkan perkutut putih lokal karena kualitasnya yang lebih baik.

Tips Membeli Perkutut Putih

Bagi para kolektor burung perkutut putih, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum membeli burung:

Periksa Kondisi Burung

Sebelum membeli burung, pastikan untuk memeriksa kondisi burung secara menyeluruh. Pastikan burung dalam keadaan sehat dan tidak mengalami cacat atau masalah kesehatan lainnya.

Perbandingkan Harga

Sebelum membeli burung, perbandingkan terlebih dahulu harga burung dari beberapa penjual. Hal ini dapat membantu untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Cek Surat-surat Burung

Pastikan untuk memeriksa surat-surat burung sebelum membeli burung. Surat-surat tersebut dapat membantu mendapatkan informasi mengenai burung yang akan dibeli.

Beli dari Penjual Terpercaya

Terakhir, pastikan untuk membeli burung dari penjual yang terpercaya. Hal ini dapat membantu untuk mendapatkan burung yang sesuai dengan harapan dan tidak mengecewakan di kemudian hari.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai harga perkutut putih di Indonesia. Terdapat beberapa jenis perkutut putih yang dapat dipilih, mulai dari perkutut putih lokal hingga perkutut putih import.

Baca Juga :  Keindahan Sangkar Perkutut Mataraman

Harga perkutut putih dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia burung, jenis kelamin, kondisi burung, dan jenis burung. Sebelum membeli burung, pastikan untuk memeriksa kondisi burung secara menyeluruh dan membeli dari penjual yang terpercaya.