Perawatan Kenari Gloster

Perawatan Kenari Gloster

Kicauanburung.com – Perawatan Kenari Gloster – Kenari Gloster, atau disebut juga Gloster Canary, adalah salah satu jenis burung kenari yang populer di Indonesia. Dikenal dengan ciri fisiknya yang unik dan cantik, burung ini menjadi favorit banyak penghobi burung kicau. Nama Gloster sendiri diambil dari kota Gloster di Inggris, tempat asal kenari ini pertama kali dikembangkan.

Sejarah dan Asal Usul Kenari Gloster

Kenari Gloster pertama kali dikembangkan di kota Gloster, Inggris pada tahun 1920-an. Hobiis burung bernama Mr. Gloster yang berasal dari kota tersebut mencoba melakukan perkawinan silang antara kenari Yorkshire dengan kenari Parisian Frill. Hasil perkawinan tersebut menghasilkan kenari dengan ciri fisik yang unik, seperti kepala bulat dan ekor yang mengembang, yang kemudian diberi nama Gloster Canary.

Seiring waktu, kenari Gloster mulai dikenal dan diminati oleh penghobi burung di Inggris. Tak lama kemudian, kenari ini juga menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia, dan menjadi salah satu jenis kenari yang digemari hingga saat ini.

Ciri Fisik Kenari Gloster

Kenari Gloster memiliki ciri fisik yang membedakannya dari jenis kenari lainnya. Salah satu ciri yang paling khas adalah bentuk kepala yang bulat dan mengembang ke belakang. Hal ini terjadi karena adanya mutasi genetik yang mengubah bentuk tengkoraknya.

Selain itu, kenari Gloster juga memiliki postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan kenari jenis lainnya. Ukuran tubuhnya biasanya sekitar 12-14 cm, dengan berat berkisar antara 20-30 gram. Bulu pada tubuhnya umumnya berwarna kuning cerah, namun ada juga yang memiliki variasi warna seperti merah, putih, atau oranye.

Baca Juga :  Kenari Starblue Burung dengan Warna yang Menawan

Perawatan Kenari Gloster

Untuk menjaga kesehatan dan keindahan kenari Gloster, perawatan yang baik sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan:

Kandang dan Lingkungan

Kenari Gloster lebih cocok dipelihara di dalam kandang atau sangkar yang cukup luas. Pastikan kandang memiliki ukuran yang memadai untuk burung tersebut dapat bergerak dengan leluasa. Selain itu, sediakan juga tempat berteduh dan tempat makan yang cukup.

Perhatikan juga kebersihan kandang dengan membersihkannya secara rutin. Ganti pakan dan air minum setiap hari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung.

Makanan

Pastikan kenari Gloster mendapatkan makanan yang seimbang dan bergizi. Beri mereka pakan yang mengandung biji-bijian, seperti biji bunga matahari, jagung, dan biji niger. Tambahkan juga buah dan sayuran segar sebagai variasi makanan mereka.

Perawatan Bulu

Kenari Gloster memiliki bulu yang indah dan mengembang. Untuk menjaga keindahan bulunya, Anda dapat memberikan suplemen makanan yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan kesehatan bulu burung.

Perhatikan Kesehatan

Pantau kesehatan kenari Gloster secara rutin. Jika ada tanda-tanda buruk, seperti nafsu makan yang berkurang atau bulu yang rontok, segera bawa ke dokter hewan terpercaya untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Kenari Gloster dalam Lomba Burung

Kenari Gloster juga sering diikutsertakan dalam lomba burung. Kecantikan dan keunikan fisiknya membuat kenari ini menjadi perhatian para juri dan penonton. Kenari Gloster yang memiliki penampilan terbaik, mulai dari postur tubuh, bentuk kepala, hingga keindahan bulu, akan mendapatkan nilai yang tinggi.

Bagi para penghobi burung kicau, mengikuti lomba burung adalah salah satu cara untuk mengapresiasi keindahan dan bakat burung kenari Gloster.

Kesimpulan

Kenari Gloster merupakan jenis kenari yang memiliki ciri fisik unik dan cantik. Dengan kepala bulat dan ekor yang mengembang, kenari ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penghobi burung kicau di Indonesia. Perawatan yang baik dan makanan bergizi akan menjaga keindahan bulu dan kesehatan kenari Gloster. Tidak hanya sebagai hewan peliharaan, kenari Gloster juga sering diikutsertakan dalam lomba burung, di mana keindahan dan keunikan fisiknya menjadi sorotan. Jika Anda tertarik untuk memiliki kenari Gloster, pastikan Anda siap untuk memberikan perawatan dan kasih sayang yang baik kepada mereka.

Baca Juga :  Kenari F1 Panda Burung Kicau dengan Warna Unik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *