Keindahan Suara Burung Murai Ekor Panjang

Keindahan Suara Burung Murai Ekor Panjang

Kicauanburung.com – Keindahan Suara Burung Murai Ekor Panjang – Murai Ekor Panjang atau yang populer disebut MEP merupakan burung kicauan favorit di Indonesia. Burung ini mempunyai keistimewaan tersendiri dan menjadi incaran para pecinta burung untuk dipelihara.

Asal Usul Murai Ekor Panjang

Murai Ekor Panjang pertama kali ditemukan di hutan-hutan Indonesia. Burung ini terkenal dengan suaranya yang merdu dan kerap dipercaya membawa keberuntungan. Karena keindahan suaranya, burung ini menjadi salah satu burung kicauan yang sangat populer di Indonesia.

Murai Ekor Panjang sendiri merupakan jenis burung dari keluarga Muscicapidae yang terdiri dari 28 spesies. Burung ini memiliki ukuran sedang, dengan panjang tubuh sekitar 18 hingga 28 cm, dan bobot sekitar 70 hingga 100 gram.

Di Indonesia, murai ekor panjang dapat ditemukan di banyak daerah seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Namun, burung ini tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di negara-negara seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Karakteristik Murai Ekor Panjang

Murai Ekor Panjang memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari jenis burung kicauan lain. Salah satunya adalah ekornya yang panjang dan berbulu tebal. Warna bulu pada tubuh burung ini kebanyakan berwarna hitam, coklat, atau kombinasi dari keduanya.

Selain itu, burung ini juga terkenal dengan suaranya yang khas dan merdu. Suara burung ini terdiri dari berbagai macam jenis suara, seperti suara ngeplong, ngerol, dan suara kutilang.

Baca Juga :  Harga Sangkar Murai Biasa di Indonesia

Perawatan Murai Ekor Panjang

Untuk memelihara Murai Ekor Panjang, diperlukan perawatan yang baik dan benar agar burung ini tetap sehat dan merasa nyaman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung ini antara lain :

  1. Memberikan pakan yang sehat dan bergizi
  2. Menjaga kebersihan sangkar atau kandang
  3. Merawat bulu dan kuku burung secara berkala
  4. Menjaga suhu kandang dan kelembapan udara
  5. Memberikan perhatian dan kasih sayang pada burung

Dengan perawatan yang baik, burung ini dapat hidup hingga usia 10 tahun atau lebih.

Manfaat Memelihara Murai Ekor Panjang

Memelihara Murai Ekor Panjang tidak hanya memberikan keindahan suara yang merdu, tetapi juga memiliki manfaat lain bagi pemiliknya. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari memelihara burung ini antara lain :

  1. Menambah rasa cinta terhadap alam dan lingkungan sekitar
  2. Menjadi penghilang stress dan penyembuh depresi
  3. Memupuk rasa tanggung jawab dan disiplin
  4. Menjalin hubungan sosial dengan sesama pecinta burung
  5. Membuka peluang usaha di bidang jual beli burung

Keindahan Suara Burung Murai Ekor Panjang

Terkadang, para pecinta burung hanya memandang burung dari segi keindahan bulunya saja. Namun, Murai Ekor Panjang memiliki keistimewaan lain yang tidak dimiliki oleh jenis burung kicauan lainnya, yaitu suaranya yang merdu.

Ada beberapa jenis suara Murai Ekor Panjang yang dapat dihasilkan oleh burung ini, antara lain :

  1. Suara ngeplong
  2. Suara ngerol
  3. Suara kutilang
  4. Suara seruling
  5. Suara kicauan burung lain

Prestasi Murai Ekor Panjang di Lomba Burung

Murai Ekor Panjang juga sering diikutsertakan dalam berbagai perlombaan burung kicauan. Burung ini kerap menjuarai berbagai kategori lomba, seperti lomba burung terbaik, lomba suara terbaik, dan lomba penampilan terbaik.

Beberapa prestasi murai ekor panjang yang pernah diraih adalah :

  1. Juara 1 Lomba Burung Nasional
  2. Juara 1 Lomba Burung Sulawesi Cup
  3. Juara 1 Lomba Burung Jawa Tengah
  4. Juara 1 Lomba Burung Kalimantan Cup
Baca Juga :  Tips Memilih Murai Batu Ekor Panjang

Kesimpulan

Murai Ekor Panjang merupakan burung kicauan favorit di Indonesia. Burung ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadi incaran para pecinta burung untuk dipelihara.

Memelihara burung ini tidak hanya memberikan keindahan suara yang merdu, tetapi juga dapat memberikan manfaat lain bagi pemiliknya. Oleh karena itu, tidak heran jika Murai Ekor Panjang menjadi salah satu burung kicauan yang paling populer di Indonesia.

Table Murai Ekor Panjang

Ukuran Panjang Tubuh Berat
Sedang 18-28 cm 70-100 gram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *