Harga Burung Gelatik di Indonesia

Harga Burung Gelatik di Indonesia

Kicauanburung.comHarga Burung Gelatik di Indonesia – Burung gelatik adalah salah satu jenis burung yang populer di Indonesia karena keindahannya dan kemampuannya untuk berkicau yang merdu. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang tertarik untuk memelihara burung ini sebagai hobi atau bahkan untuk tujuan bisnis.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli burung gelatik, tentu penting untuk mengetahui berapa harga burung gelatik di Indonesia. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga burung gelatik, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu mengenai jenis-jenis burung gelatik yang ada di Indonesia.

Jenis-jenis Burung Gelatik di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis burung gelatik yang populer, antara lain burung gelatik jawa, burung gelatik batu, burung gelatik bali, dan burung gelatik borneo. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai setiap jenis burung gelatik tersebut:

Burung Gelatik Jawa

Burung gelatik jawa atau sering disebut dengan burung gelatik jambul memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 13-15 cm. Ciri-ciri dari burung ini yaitu memiliki warna bulu yang cerah dan keindahannya tidak kalah dengan burung kicau lainnya. Habitat dari burung gelatik jawa yaitu di Pulau Jawa, Bali, dan sekitarnya.

Baca Juga :  Perawatan Burung Gelatik Batu

Burung Gelatik Batu

Burung gelatik batu atau sering disebut dengan burung gelatik sumatra memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan burung gelatik jawa, yaitu sekitar 20 cm. Warna bulu dari burung ini yaitu coklat tua dan keunggulannya terletak pada suaranya yang merdu dan bervariasi.

Burung Gelatik Bali

Burung gelatik bali atau sering disebut dengan burung gelatik karang memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan burung gelatik jawa, yaitu sekitar 14-15 cm. Warna bulu dari gelatik bali cerah dan dapat ditemukan di daerah Bali dan sekitarnya.

Burung Gelatik Borneo

Burung gelatik borneo atau sering disebut dengan burung gelatik kalimantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan burung gelatik jawa, yaitu sekitar 17-18 cm. Warna bulu dari burung ini cenderung gelap dan keunikan suaranya terletak pada kemampuannya untuk menirukan suara burung lain.

Harga Burung Gelatik di Indonesia

Dari keempat jenis diatas tersebut, tentu setiap jenis memiliki harga yang berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar harga burung gelatik di Indonesia berdasarkan jenisnya:

Jenis Burung Gelatik Harga
Burung Gelatik Jawa Rp. 200.000 – Rp. 500.000
Burung Gelatik Batu Rp. 500.000 – Rp. 1.500.000
Burung Gelatik Bali Rp. 200.000 – Rp. 500.000
Burung Gelatik Borneo Rp. 500.000 – Rp. 1.500.000

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Gelatik di Indonesia

Tentu saja, faktor-faktor tertentu mempengaruhi harga burung gelatik di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga burung gelatik:

Usia Burung Gelatik

Seperti halnya hewan lainnya, usia burung gelatik juga mempengaruhi harga jualnya. Burung gelatik muda biasanya dihargai lebih murah daripada burung gelatik dewasa atau yang sudah berumur.

Baca Juga :  Ciri-Ciri dan Karakteristik Burung Gelatik

Warna Bulu Burung Gelatik

Warna bulu burung gelatik juga mempengaruhi harga jualnya. Burung gelatik dengan warna bulu yang cerah atau langka biasanya dihargai lebih mahal daripada burung gelatik dengan warna bulu yang biasa-biasa saja.

Kemampuan Berkicau

Kemampuan burung gelatik dalam berkicau juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga jualnya. Burung gelatik yang memiliki suara yang merdu dan bervariasi biasanya dihargai lebih mahal daripada burung gelatik yang kurang mampu dalam berkicau.

Lokasi dan Kelangkaan

Lokasi dan kelangkaan juga mempengaruhi harga burung gelatik. Burung gelatik yang berasal dari daerah tertentu atau yang langka biasanya dihargai lebih mahal daripada burung gelatik yang mudah ditemukan di pasar burung.

Keuntungan dan Kerugian Memelihara Burung Gelatik

Memelihara burung gelatik tentu memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Berikut ini adalah beberapa keuntungan memelihara burung gelatik:

Sebagai Hobi

Memelihara burung gelatik bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Anda bisa menikmati keindahan burung gelatik dan mendengarkan kicauannya yang merdu di waktu senggang.

Menghasilkan Uang

Bagi Anda yang mahir dalam merawat dan melatih burung gelatik, Anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi dan menghasilkan uang tambahan sebagai bisnis sampingan.

Namun, tentu saja memelihara burung gelatik juga memiliki kerugian, antara lain:

Biaya Perawatan

Memelihara burung gelatik membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit, seperti membeli makanan, kandang, dan aksesoris lainnya.

Membuat Suara Bising

Burung gelatik yang berkicau dengan suara yang merdu bisa menjadi bising dan mengganggu tetangga di sekitar rumah Anda.

Kesimpulan

Di Indonesia, burung gelatik adalah salah satu jenis burung yang populer di kalangan pecinta burung. Harga burung gelatik di Indonesia bervariasi tergantung pada jenis burung, usia, warna bulu, kemampuan berkicau, lokasi, dan kelangkaan. Memelihara burung gelatik memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri, sehingga penting untuk mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memeliharanya.

Baca Juga :  Pesona Kecantikan Burung Gelatik Jawa