Harga Burung Falk di Pasaran Internasional

Harga Burung Falk di Pasaran Internasional

Kicauanburung.comHarga Burung Falk di Pasaran Internasional – Burung Falk adalah jenis burung pemangsa yang berasal dari keluarga Falconidae. Burung ini dikenal sebagai burung dengan kecepatan terbang tertinggi di dunia dan memiliki kemampuan untuk menangkap mangsa yang lebih besar dari ukurannya sendiri.

Di Indonesia, Burung Falk dikenal dengan sebutan Alap-Alap dan banyak dipelihara sebagai burung hias atau untuk keperluan olahraga berburu.

Sejarah Burung Falk di Indonesia

Sejak zaman kolonial Belanda, burung falk sudah dikenal di Indonesia sebagai burung pemangsa yang bisa dilatih untuk berburu mangsa tertentu seperti bebek, ayam hutan, dan tupai. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan falconry atau hawking. Saat ini, kegiatan falconry masih ada di beberapa daerah di Indonesia meski jumlahnya terbatas.

Karakteristik Burung Falk

Burung Falk memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan memiliki sayap yang panjang. Tubuhnya yang ramping dan aerodinamis membuat burung ini mampu terbang dengan sangat cepat dan lincah. Burung ini juga memiliki paruh yang kuat dan kuku yang tajam untuk menangkap mangsa. Bulunya bervariasi dari warna coklat, hitam, hingga putih.

Kegunaan Burung Falk

Banyak orang yang memelihara burung falk sebagai hewan peliharaan atau untuk kepentingan olahraga berburu. Selain itu, burung falk juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bulunya yang indah sering dijadikan bahan kerajinan tangan atau dijual sebagai barang antik.

Baca Juga :  Jenis Burung Falk: Jenis, Ciri, dan Habitatnya di Indonesia

Beberapa negara juga mengimpor burung falk dari Indonesia untuk kepentingan penelitian dan keperluan industri.

Permasalahan yang dihadapi Burung Falk

Salah satu masalah yang dihadapi burung falk adalah perburuan liar yang masih dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, perdagangan burung falk yang tidak terkontrol juga menyebabkan jumlah populasi burung ini semakin menurun. Kondisi tersebut membuat burung falk masuk dalam daftar spesies yang dilindungi di Indonesia.

Harga Burung Falk di Pasaran

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Falk

Harga burung falk yang ada di pasaran dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan keahlian sang pemilik dalam melatih burung ini.

Burung jantan yang sudah terlatih untuk berburu biasanya lebih mahal dibandingkan burung betina atau burung muda. Selain itu, burung yang memiliki bulu berwarna putih atau langka juga memiliki harga yang lebih tinggi.

Harga Burung Falk di Pasaran Lokal

Di pasaran lokal, harga burung falk bervariasi tergantung dari faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Harga burung falk jantan yang terlatih dan siap berburu bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sementara itu, harga burung falk betina atau burung muda lebih terjangkau berkisar antara 5-10 juta rupiah.

Harga Burung Falk di Pasaran Internasional

Harga burung falk di pasaran internasional bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah tergantung dari jenis dan kondisi burung. Burung falk dengan bulu langka seperti burung falk albino atau burung falk berbulu putih murni bisa mencapai harga yang fantastis.

Selain itu, burung falk yang sudah terlatih untuk memburu mangsa tertentu juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Kesimpulan

Burung Falk adalah salah satu jenis burung pemangsa yang memiliki keindahan dan nilai ekonomis yang tinggi. Meskipun burung ini masih dilindungi, namun perdagangan dan perburuan liar yang tidak terkontrol tetap menjadi ancaman bagi keberlangsungan populasi burung ini.

Baca Juga :  Jenis Burung Falk yang Mahal di Indonesia

Harga burung falk di pasaran dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan keahlian melatih burung ini. Harga burung falk bisa mencapai puluhan juta hingga milyaran rupiah tergantung dari jenis, kondisi, dan keunikan burung tersebut.