Ciri-Ciri Fisik Perkutut Putih Mata Merah

Perkutut Putih Mata Merah

Kicauanburung.com – Ciri-Ciri Fisik Perkutut Putih Mata Merah – Perkutut putih mata merah adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan memikat hati para pecinta burung. Bahkan, suara kicauannya dianggap sebagai salah satu yang terbaik di antara burung kicau lainnya.

Burung perkutut putih mata merah ini juga dikenal sebagai burung perkutut jantan. Perkutut putih mata merah memang sangat diminati untuk dijadikan burung peliharaan karena suaranya yang merdu dan bisa dijadikan ajang kompetisi.

Di Indonesia, perkutut putih mata merah populer terutama di Pulau Jawa dan Bali. Bahkan, burung ini sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat di sana.

Ciri-Ciri Fisik Perkutut Putih Mata Merah

Perkutut putih mata merah memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, yaitu sekitar 30 cm. Burung ini memiliki bulu putih bersih dengan warna merah pada bagian matanya. Ciri khas lain yang dimiliki oleh perkutut putih mata merah adalah jambul kecil atau bulu pada bagian kepala yang mengembang saat burung ini sedang bersemangat.

Selain itu, burung ini memiliki paruh yang pendek dan lebar. Kaki burung ini juga pendek dan cenderung berwarna merah. Meskipun begitu, burung ini sangat dikenal karena suaranya yang merdu dan memikat hati para pecinta burung.

Cara Pemeliharaan

Pemeliharaan burung perkutut putih mata merah cukup mudah. Burung ini bisa dipelihara di dalam sangkar atau kandang dengan ukuran yang cukup besar, sehingga burung bisa bergerak dengan leluasa. Burung ini juga membutuhkan pakan yang seimbang dan bergizi, seperti biji-bijian dan buah-buahan.

Baca Juga :  Cara Tepat Mencetak Perkutut Silver

Perkutut putih mata merah juga membutuhkan perawatan yang rutin, seperti membersihkan kandang dan memberikan vitamin atau suplemen yang diperlukan. Selain itu, burung ini juga perlu dilatih agar suaranya semakin merdu dan bisa diikutkan dalam kompetisi burung kicau.

Potensi Bisnis

Burung perkutut putih mata merah memiliki potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Burung ini bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi, terutama bagi burung yang memiliki suara kicauan yang bagus dan rajin berkicau. Bahkan, beberapa penggemar burung perkutut putih mata merah rela mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membeli burung dengan kriteria tertentu.

Burung perkutut putih mata merah juga bisa dijadikan sebagai ajang kompetisi burung kicau yang cukup populer di Indonesia. Kompetisi burung kicau ini biasanya diselenggarakan oleh para penggemar burung kicau dan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Konservasi

Perkutut putih mata merah termasuk dalam kategori burung yang tidak dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Meskipun begitu, burung ini memiliki potensi untuk mengalami kepunahan di alam liar karena habitatnya yang semakin terancam.

Untuk itu, diperlukan upaya konservasi untuk menjaga keberlangsungan hidup burung perkutut putih mata merah ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak penangkaran burung ini dan melestarikan habitat alaminya.

Keunikan

Perkutut putih mata merah memiliki suara kicauan yang unik dan sangat memikat hati para pecinta burung. Suara kicauannya yang merdu dan berirama bisa membuat orang yang mendengarkannya merasa rileks dan tenang.

Selain itu, burung ini juga memiliki ciri khas pada bagian matanya yang berwarna merah. Hal ini membuat burung ini semakin terlihat indah dan menarik untuk dipelihara.

Baca Juga :  Perbedaan Antara Berkutut Putih Mojopahit Jantan dan Betina

Kesimpulan

Perkutut putih mata merah adalah burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan memikat hati para pecinta burung. Selain itu, burung ini juga memiliki ciri khas pada bagian matanya yang berwarna merah. Meskipun begitu, burung ini membutuhkan perawatan yang baik dan konservasi untuk menjaga keberlangsungan hidupnya di alam liar.