Cara Merawat Burung Perkutut di Kurungan

Cara Merawat Burung Perkutut di Kurungan

Kicauanburung.com – Cara Merawat Burung Perkutut di Kurungan – Kurungan perkutut adalah sarana pemeliharaan burung perkutut yang populer di Indonesia. Burung perkutut merupakan salah satu burung langka yang banyak diburu oleh para pencinta burung kicauan. Kurungan perkutut berfungsi untuk menjaga keindahan kicauan burung perkutut dan menghindari terjadinya perburuan liar.

Sejarah dan Jenis Kurungan Perkutut

Sejarah Kurungan Perkutut

Kurungan perkutut telah digunakan sejak zaman kerajaan Majapahit. Pada masa itu, burung perkutut dijadikan sebagai simbol kesetiaan dan kejantanan bagi para raja dan bangsawan. Kurungan perkutut pada masa itu berbentuk sederhana dan terbuat dari bambu.

Pada zaman kolonial Belanda, kurungan perkutut semakin populer sebagai sarana hiburan. Kurungan perkutut yang digunakan pada masa itu dibuat dari bahan logam dan memiliki berbagai ukuran dan bentuk. Kurungan perkutut juga menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat di pedesaan.

Jenis Kurungan Perkutut

Saat ini, terdapat berbagai jenis kurungan perkutut yang digunakan oleh para penggemar burung perkutut. Jenis-jenis kurungan tersebut antara lain kurungan bambu, kurungan kayu, dan kurungan besi. Kurungan bambu biasanya digunakan untuk pemeliharaan perkutut yang masih muda, sedangkan kurungan kayu dan besi digunakan untuk perkutut yang sudah dewasa.

Selain itu, terdapat juga kurungan perkutut yang dilengkapi dengan perangkat canggih, seperti lampu pemanas dan dispenser air otomatis. Kurungan semacam ini biasanya digunakan oleh para penggemar burung perkutut yang sangat serius dalam memelihara burung kesayangannya.

Baca Juga :  Harga Sangkar Layang Perkutut

Cara Merawat Burung Perkutut di Kurungan

Pemberian Makanan dan Minuman

Pemberian makanan dan minuman merupakan hal yang sangat penting dalam merawat burung perkutut di kurungan. Burung perkutut sebaiknya diberi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti cacing sutera dan ulat hongkong. Selain itu, burung perkutut juga membutuhkan air bersih dan segar setiap hari.

Perawatan Kandang

Kandang burung perkutut sebaiknya dibersihkan secara rutin agar tetap bersih dan sehat. Selain itu, kandang juga perlu dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat bertelur dan tempat mandi. Kandang burung perkutut juga perlu dijaga agar tetap kering dan terhindar dari serangan hama dan penyakit.

Perlindungan dan Pelestarian Burung Perkutut

Perlindungan Burung Perkutut

Burung perkutut merupakan salah satu burung langka yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Oleh karena itu, pemburu burung perkutut bisa terjerat hukuman penjara dan denda yang cukup tinggi.

Pelestarian Burung Perkutut

Untuk memperkuat upaya pelestarian burung perkutut, pemerintah Indonesia telah membentuk berbagai program dan kebijakan, seperti program penangkaran dan rehabilitasi burung perkutut. Selain itu, para penggemar burung perkutut juga diminta untuk tidak membeli burung perkutut yang berasal dari perburuan liar.

Kesimpulan

Kurungan perkutut merupakan sarana pemeliharaan burung perkutut yang sangat penting untuk menjaga kelestarian burung langka tersebut. Penggunaan kurungan perkutut yang benar dan pemberian perawatan yang baik akan membuat burung perkutut tetap sehat dan merdu dalam kicauannya. Namun, pelestarian burung perkutut juga membutuhkan peran aktif dari semua pihak untuk mencegah perburuan liar dan menghargai keberadaan burung langka tersebut.