Cara Memelihara dan Merawat Murai Batu Ekor Panjang

Cara Memelihara dan Merawat Murai Batu Ekor Panjang

Kicauanburung.com – Cara Memelihara dan Merawat Murai Batu Ekor Panjang – Murai Batu Ekor Panjang adalah salah satu jenis burung berkicau yang menjadi buruan para pecinta burung. Burung ini memiliki nama ilmiah Pycnonotus zeylanicus dan termasuk dalam keluarga Pycnonotidae. Memiliki ciri khas ekor yang panjang, meruncing dengan warna hitam kecoklatan.

Burung Murai Batu Ekor Panjang memiliki suara kicauan yang merdu dan berkarakteristik khas. Oleh karena itu, burung ini sering diikutsertakan dalam lomba burung berkicau. Selain itu, murai batu juga sering dijadikan hewan peliharaan karena keindahan suaranya dan karakteristiknya yang lucu.

Asal Usul

Burung Murai Batu Ekor Panjang berasal dari daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Burung ini biasanya ditemukan di hutan dan hutan pegunungan, terutama pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

Terkenal di Indonesia sebagai burung berkicau yang sangat populer menjadikan burung ini sering dijuluki sebagai “raja” atau “pangeran” dalam dunia burung berkicau.

Ciri-Ciri

Burung Murai Batu Ekor Panjang memiliki ciri-ciri yang sangat khas. Ukuran tubuh burung jantan lebih besar daripada betina, dengan panjang tubuh mencapai 18 cm dan berat sekitar 40 gram. Burung jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah, dengan kombinasi warna putih, hitam, dan coklat kekuningan.

Selain itu, burung Murai Batu Ekor Panjang juga memiliki ekor yang panjang dan meruncing. Ekor burung jantan lebih panjang dan mencapai 15 cm, sedangkan betina hanya mencapai 12 cm. Ekor burung ini juga memiliki warna hitam kecoklatan.

Baca Juga :  Ciri-ciri Jenis Murai Batu Borneo: Panduan Lengkap untuk Penggemar Burung Kicau

Habitat

Burung Murai Batu Ekor Panjang biasanya ditemukan di hutan dan hutan pegunungan, terutama pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Burung ini juga sering ditemukan di sekitar persawahan, perkebunan, dan pemukiman penduduk.

Pada pagi dan sore hari burung ini sangat aktif beraktivitas. Burung ini juga suka mandi di air, sehingga sering ditemukan di dekat sumber air seperti sungai atau kolam.

Makanan

Burung Murai Batu Ekor Panjang adalah burung omnivora, artinya burung ini bisa makan segala jenis makanan seperti serangga, buah-buahan, dan biji-bijian. Namun, burung ini lebih suka makan serangga seperti jangkrik, ulat, dan belalang.

Burung Murai Batu Ekor Panjang juga dikenal sebagai burung pemakan buah-buahan seperti pisang, pepaya, dan mangga. Selain itu, burung ini juga suka memakan biji-bijian seperti gabah, jagung, dan beras.

Perawatan dan Pemeliharaan

Burung Murai Batu Ekor Panjang merupakan burung yang mudah dipelihara dan dirawat. Burung ini dapat ditempatkan dalam sangkar atau kandang yang cukup besar dan diberi makanan yang seimbang. Selain itu, burung ini juga perlu diberikan vitamin dan suplemen mineral untuk menjaga kesehatannya.

Jangan lupa untuk membersihkan sangkar atau kandang secara rutin agar burung tetap sehat dan nyaman. Selain itu, berikan juga mainan atau benda-benda lain seperti ranting atau kertas bekas untuk menghibur burung.

Cara Memelihara dan Merawat Murai Batu Ekor Panjang

1. Pilihlah burung yang sehat dan aktif ketika membeli Murai Batu Ekor Panjang

2. Berikan pakan yang seimbang, terutama serangga seperti jangkrik, ulat, dan belalang

3. Berikan juga buah-buahan dan biji-bijian untuk variasi makanan

4. Jangan lupa untuk membersihkan sangkar atau kandang secara rutin

Baca Juga :  Harga Murai Trotol Jantan di Indonesia

5. Berikan mainan atau benda-benda lain untuk menghibur burung

Lomba Murai Batu Ekor Panjang

Burung Murai Batu Ekor Panjang sering diikutsertakan dalam lomba burung berkicau. Lomba ini biasanya diadakan di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Lomba burung berkicau ini menarik banyak peserta dan penonton, karena selain bisa menyalurkan hobi, juga bisa mendapatkan hadiah yang menarik.

Kriteria Penilaian Lomba Murai Batu Ekor Panjang

Terdapat beberapa kriteria yang digunakan dalam penilaian lomba burung Murai Batu Ekor Panjang, yaitu:

1. Kualitas suara kicauan

2. Durasi suara kicauan

3. Variasi suara kicauan

4. Gerakan tubuh dan ekor

5. Penampilan fisik burung

Kesimpulan

Burung Murai Batu Ekor Panjang adalah salah satu jenis burung berkicau yang menjadi buruan para pecinta burung. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan karakteristik khas. Selain itu, burung ini juga mudah dipelihara dan dirawat. Burung ini sering diikutsertakan dalam lomba burung berkicau dan menarik banyak peserta dan penonton.

Untuk menjaga kelestarian burung Murai Batu Ekor Panjang, diperlukan upaya-upaya pelestarian dan pencegahan pemburuan liar. Selain itu, para pecinta burung juga dapat memelihara burung ini secara bertanggung jawab dan tidak membahayakan kelestariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *