Burung Perkutut Silver Langka dan Berharga di Indonesia

Burung Perkutut Silver Langka dan Berharga di Indonesia

Kicauanburung.com – Burung Perkutut Silver Langka dan Berharga di Indonesia – Perkutut silver merupakan jenis burung kicauan yang memiliki nilai ekonomis dan estetika yang tinggi. Meskipun masih tergolong langka, namun keberadaannya semakin diminati oleh para penggemar burung kicauan di Indonesia. Bagaimana keistimewaan burung perkutut silver tersebut? Mari kita simak penjelasannya.

Asal Usul Perkutut Silver

Perkutut silver merupakan hasil persilangan antara perkutut biasa dengan jenis burung perkutut lain yang memiliki bulu berwarna silver atau abu-abu kebiruan. Prospek perkembangbiakan burung ini cukup menjanjikan karena memiliki performa suara yang cukup merdu dan daya tarik visual yang luar biasa.

Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar, harga jual perkutut silver pun semakin tinggi. Banyak penangkar burung yang tertarik untuk menangkarkan jenis ini karena potensi keuntungannya yang besar.

Karakteristik Perkutut Silver

Perkutut silver memiliki tubuh yang ramping dengan ukuran sedang. Bulu-bulunya berwarna silver atau abu-abu kebiruan dengan belang hitam di sekitar leher dan dada. Mata burung ini berwarna merah kecokelatan dan paruhnya berwarna hitam. Suara kicauannya khas dan merdu dengan nada yang cukup nyaring.

Selain itu, perkutut silver juga memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Mereka dapat dilatih untuk mengeluarkan suara kicauan yang beragam dan indah. Oleh karena itu, burung ini cukup populer di kalangan pecinta burung kicauan.

Perawatan Perkutut Silver

Perkutut silver termasuk burung yang cukup mudah perawatannya. Untuk menjaga kesehatannya, burung ini membutuhkan makanan yang seimbang seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, mereka juga membutuhkan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk hidup.

Baca Juga :  Ciri-ciri Burung Perkutut

Agar burung ini dapat tumbuh dengan baik dan memiliki suara kicauan yang merdu, perlu dilakukan latihan dan pemasteran suara secara teratur. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan masteran suara dari burung perkutut yang sudah terlatih.

Perlindungan Perkutut Silver

Perkutut silver termasuk burung yang dilindungi oleh undang-undang di Indonesia. Oleh karena itu, untuk memperolehnya harus dilakukan dengan cara yang legal dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Para penangkar burung juga diharapkan dapat melakukan praktik budidaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian jenis burung ini agar tidak punah di alam liar.

Harga Jual Perkutut Silver

Harga jual perkutut silver cukup bervariasi tergantung dari kualitas dan umur burung. Untuk burung yang masih muda atau belum terlatih, harganya berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Sedangkan untuk burung yang sudah terlatih dan memiliki suara kicauan yang merdu, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Harga burung ini memang cukup mahal, namun keberadaannya semakin diburu oleh para penggemar burung kicauan di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk menjaga kelestariannya agar tidak punah di alam liar.

Kesimpulan

Perkutut silver merupakan burung kicauan yang langka dan berharga di Indonesia. Keberadaannya semakin diminati oleh para penangkar burung dan penggemar burung kicauan karena memiliki nilai ekonomis dan estetika yang tinggi. Meskipun demikian, perlindungan dan konservasi terhadap jenis burung ini perlu dilakukan agar tidak punah di alam liar.

Untuk memperoleh perkutut silver, pastikan Anda mendapatkannya dari sumber yang legal dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, lakukan perawatan dan pelatihan suara secara teratur agar burung ini dapat tumbuh dengan baik dan memiliki suara kicauan yang merdu.

Baca Juga :  Burung Perkutut Jambul Khas Indonesia yang Menarik Perhatian Dunia

Dengan menjaga kelestarian perkutut silver, kita turut berkontribusi dalam menjaga keanekaragaman hayati Indonesia dan memperkaya keindahan alam.