Burung Perkutut Jambul Khas Indonesia yang Menarik Perhatian Dunia

Kepopuleran Perkutut Jambul di Indonesia

Kicauanburung.com – Kepopuleran Perkutut Jambul di Indonesia – Perkutut jambul merupakan salah satu jenis burung yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memancarkan keunikan baik dari suara, bulu, maupun perilaku yang dimilikinya. Dalam bahasa Latin, burung ini bernama Geopelia cuneata. Perkutut jambul juga dikenal dengan sebutan perkutut jawa atau perkutut kalimantan.

Perkutut jambul memiliki suara yang khas dan merdu yang membuatnya sangat diminati sebagai burung kicauan. Selain itu, bulu-bulunya yang berwarna cokelat keabu-abuan dengan bercak-bercak hitam di kepala membuat burung ini terlihat sangat menarik.

Perkutut jambul banyak dibudidayakan di Indonesia dan bahkan telah menarik perhatian dunia. Berbagai kompetisi dan kontes kicau burung sering diadakan guna menentukan perkutut jambul terbaik.

Asal Usul Perkutut Jambul

Perkutut jambul berasal dari wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Namun, perkutut jambul ditemukan paling banyak di Indonesia. Burung ini biasanya hidup di daerah-daerah yang banyak pepohonan dan hutan seperti di Kalimantan dan Jawa.

Perkutut jambul merupakan burung yang sangat populer di Indonesia karena konon memiliki nilai filosofis yang tinggi. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, perkutut jambul dianggap sebagai burung yang membawa keberuntungan dan kedamaian.

Karakteristik Perkutut Jambul

Bentuk Tubuh dan Ukuran

Perkutut jambul memiliki bentuk tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 22 cm dan berat sekitar 140 gram. Burung ini memiliki bulu yang tebal dan lembut serta ekor yang panjang. Bulu di sekitar telinga burung ini menonjol seperti jambul.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Sangkar Perkutut Klasik

Suara dan Kicauan

Perkutut jambul dikenal dengan suara kicauan yang merdu dan sangat unik. Kicauan burung ini terdengar seperti “per-ku-tut” yang dilakukan dengan ritme yang teratur dan konsisten. Burung ini juga memiliki kemampuan untuk meniru suara burung lain.

Kebiasaan Makan

Perkutut jambul merupakan burung yang omnivora, artinya burung ini memakan berbagai jenis makanan termasuk biji-bijian, buah-buahan, serangga, dan ulat. Burung ini juga suka minum air segar.

Perilaku

Burung perkutut jambul biasanya hidup secara soliter dan jarang berkumpul dengan burung sejenis. Mereka juga cenderung aktif pada pagi dan sore hari dan suka beristirahat pada siang hari. Burung ini juga terkenal sebagai burung yang mudah jinak dan dapat dipelihara di dalam sangkar.

Budidaya Perkutut Jambul

Pemilihan Indukan

Untuk memulai budidaya perkutut jambul, pemilihan indukan yang baik merupakan hal yang sangat penting. Pilihlah indukan yang sehat, aktif, dan memiliki suara yang merdu.

Perawatan

Perkutut jambul dapat dipelihara di dalam sangkar atau kandang. Pastikan sangkar atau kandang yang dipilih memiliki ukuran yang cukup besar, bersih, dan nyaman untuk perkutut jambul. Berikan pakan yang seimbang dan hindari memberikan makanan yang beracun atau tidak sehat.

Pemasteran

Agar burung perkutut jambul dapat memiliki kicauan yang merdu, pemasteran dilakukan dengan menggunakan suara burung yang sudah terlatih. Pemasteran ini dapat dilakukan dengan cara memberikan rekaman suara burung kicauan pada burung perkutut jambul yang masih muda.

Perlombaan

Perkutut jambul sering diikutsertakan dalam berbagai lomba burung kicauan di Indonesia. Lomba ini melibatkan banyak peserta dan diadakan di berbagai wilayah di Indonesia. Lomba burung kicauan ini biasanya dinilai berdasarkan suara, penampilan, dan karakteristik burung yang bersangkutan.

Baca Juga :  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Perkutut Putih

Kepopuleran Perkutut Jambul di Indonesia

Perkutut jambul sangat populer di Indonesia dan telah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat. Burung ini sering dipelihara sebagai hobi dan bahkan dijadikan sebagai burung maskot oleh beberapa instansi tertentu.

Di beberapa daerah di Indonesia, perkutut jambul juga dianggap sebagai burung yang memiliki peran penting dalam upacara adat, seperti dalam upacara pernikahan atau pembukaan acara resmi. Bahkan burung ini seringkali diberikan nama-nama yang khas oleh pemiliknya.

Kesimpulan

Perkutut jambul merupakan burung yang sangat populer di Indonesia karena keunikan dari suara, bulu, dan perilaku yang dimilikinya. Burung ini juga memiliki nilai filosofis yang tinggi dalam kepercayaan masyarakat Jawa. Perkutut jambul juga menjadi burung yang sering dilombakan dalam acara burung kicauan di Indonesia dan telah menarik perhatian dunia.

Bagi para penggemar burung, perkutut jambul bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dipelihara. Namun, pastikan untuk memperoleh burung dari sumber yang terpercaya dan memeliharanya dengan baik agar burung tersebut dapat tumbuh sehat dan memiliki kicauan yang merdu.