Makanan Burung Puter Biar Rajin Bunyi

Makanan Burung Puter Biar Rajin Bunyi

Kicauanburung.com – Makanan Burung Puter Biar Rajin Bunyi – Burung puter merupakan jenis burung yang memiliki suara merdu dan indah. Memiliki burung puter dirumah tentunya bisa menambah kesenangan bagi penghuni rumah. Namun, terkadang burung puter tidak terlalu aktif dalam berkicau. Salah satu cara untuk membuat burung puter lebih rajin bunyi adalah dengan memberi makanan yang tepat. Makanan burung puter biar rajin bunyi harus mengandung nutrisi yang cukup dan bergizi.

Kenali Nutrisi yang Dibutuhkan Burung Puter

Sebelum membahas makanan burung puter biar rajin bunyi, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu nutrisi yang dibutuhkan oleh burung puter. Nutrisi yang dibutuhkan burung puter antara lain protein, serat, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Protein berfungsi untuk memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh, sedangkan serat membantu pencernaan dan memperlancar buang air besar. Lemak dan karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, sedangkan vitamin dan mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan burung puter.

Protein

Kebutuhan protein pada burung puter sekitar 15-20% dari total asupan makanan. Sumber protein yang baik untuk burung puter adalah telur, cacing tanah, jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Hindari memberikan ikan atau daging karena burung puter sulit mencernanya.

Baca Juga :  Apa Saja Makanan Burung Ciblek

Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang paling mudah ditemukan. Ada baiknya memasak telur terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung puter. Selain itu, telur juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang burung puter.

Cacing Tanah

Cacing tanah mengandung protein tinggi dan lemak yang baik untuk kesehatan burung puter. Biasanya cacing yang dijual sudah diberikan pakan tambahan sehingga lebih bergizi.

Jangkrik

Salah satu makanan favorit burung puter adalah jangkrik. Makanan ini mudah dicari di peternakan burung atau di pasar burung.

Kroto

Makanan favorit lainnya yaitu Kroto atau semut rangrang. Kandungan dalam makanan ini protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan burung puter. Namun, jangan terlalu sering memberikan kroto karena dapat membuat burung puter menjadi kegemukan.

Ulat Hongkong

Ulat hongkong mengandung protein tinggi dan lemak yang baik untuk kesehatan burung puter.

Serat

Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan burung puter. Sumber serat yang baik untuk burung puter antara lain sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi.

Lemak dan Karbohidrat

Lemak dan karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi untuk burung puter. Sumber lemak dan karbohidrat yang baik untuk burung puter antara lain biji-bijian seperti beras ketan, jagung, dan kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang merah.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan burung puter. Sumber vitamin dan mineral yang baik untuk burung puter antara lain sayuran dan buah-buahan seperti wortel, brokoli, apel, dan pisang.

Makanan Burung Puter Biar Rajin Bunyi

Setelah mengenal nutrisi yang dibutuhkan burung puter, berikut adalah beberapa jenis makanan burung puter biar rajin bunyi:

Baca Juga :  Jenis Makanan Burung Nuri Kepala Hitam

Beras Ketan

Beras ketan mengandung karbohidrat yang baik untuk kesehatan burung puter. Pemberiannya dapat diberikan pada burung puter yang baru saja mabung atau burung puter yang sedang disiapkan untuk lomba.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan burung puter. Makanan Ubi jalar bisa diberikan pada burung puter yang sedang mabung atau burung puter yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit.

Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu makanan favorit burung puter. Kandungan dalam jangkrik yaitu protein dan lemak yang baik untuk kesehatan burung puter. Namun, jangan terlalu sering memberikan jangkrik karena dapat membuat burung puter menjadi kegemukan.

Kroto

Kroto atau semut rangrang memiliki rasa yang enak dan menjadi makanan favorit burung puter. Kandungan dalam kroto yaitu protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan burung puter. Namun, jangan terlalu sering memberikan kroto karena dapat membuat burung puter menjadi kegemukan.

Pisang

Pisang mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan burung puter. Selain itu juga mengandung karbohidrat yang baik sebagai sumber energi. Pemberian pisang ini dapat diberikan pada burung puter yang sedang mabung atau burung puter yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit.

Cara Memberi Makanan Burung Puter

Berikut adalah beberapa tips dalam memberi makanan burung puter:

Beri Makanan yang Bersih

Pastikan makanan yang diberikan pada burung puter bersih dan bebas dari kotoran atau debu. Cuci makanan terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung puter.

Jangan Berikan Terlalu Banyak

Berikan makanan pada burung puter secukupnya saja. Jangan terlalu banyak karena dapat membuat burung puter menjadi kegemukan atau tidak nafsu makan.

Baca Juga :  Cara Memberikan Makanan pada Burung Kolibri

Atur Jadwal Pemberian Makanan

Atur jadwal pemberian makanan pada burung puter. Pemberian makanan yang teratur dapat membuat burung puter lebih terbiasa dan rajin makan.

Kesimpulan

Memberi makanan burung puter biar rajin bunyi tidaklah sulit. Yang perlu diperhatikan adalah memberikan makanan yang tepat dan bergizi. Nutrisi yang tepat akan membuat burung puter lebih sehat dan aktif dalam berkicau. Selain itu, kita juga harus memperhatikan cara memberi makanan dan jangan terlalu banyak memberikan makanan pada burung puter. Dengan memberi makanan yang tepat dan cara yang benar, burung puter kita akan semakin rajin dan aktif dalam berkicau.