Makanan Burung Derkuku

Makanan Burung Derkuku

Kicauanburung.com – Makanan Burung Derkuku – Indonesia dikenal sebagai negara dengan keragaman hayati yang sangat tinggi. Salah satunya adalah burung derkuku (Geopelia strikeri), yang banyak dijumpai di daerah tropis dan subtropis Indonesia. Burung ini termasuk ke dalam keluarga burung merpati (Columbidae) dan sering dijadikan sebagai burung peliharaan karena kicauannya yang merdu dan indah.

Fakta Tentang Burung Derkuku

Deskripsi Burung Derkuku

Burung derkuku memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, dengan panjang sekitar 20 cm dan berat sekitar 50 gram. Bulu-bulunya berwarna abu-abu kecokelatan dengan bintik-bintik hitam pada bagian pinggir sayap dan ekor. Bagian leher dan kepala burung ini berwarna merah kecokelatan, dengan bulu-bulu yang tampak seperti jumbai.

Kicauan Burung Derkuku

Kicauan burung derkuku terkenal merdu dan indah, dengan nada yang berbeda-beda dari satu individu ke individu lainnya. Burung ini juga termasuk burung yang pandai menirukan suara-suara lain, seperti suara burung ciblek, kenari, dan lovebird.

Habitat Burung Derkuku

Burung derkuku banyak ditemukan di daerah hutan, perkebunan, kebun, dan taman-taman kota. Mereka juga sering terlihat di daerah perkampungan dan kota-kota kecil. Burung ini termasuk burung yang aktif pada pagi dan sore hari.

Baca Juga :  Jenis-jenis Pakan Trucukan

Kebiasaan Makan Burung Derkuku

Burung derkuku merupakan burung pemakan biji-bijian, seperti biji bunga matahari dan jagung. Mereka juga senang memakan buah-buahan seperti pepaya dan pisang, serta serangga dan cacing kecil. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, burung ini perlu diberi makanan yang seimbang dan mengandung nutrisi yang cukup.

Perdagangan dan Konservasi Burung Derkuku

Perdagangan burung derkuku yang berlebihan menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan hidup populasi burung ini di alam liar. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan undang-undang yang melarang perdagangan burung derkuku secara liar. Selain itu, upaya konservasi dan rehabilitasi habitat alamiah burung derkuku juga perlu dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup spesies ini.

Makanan Burung Derkuku

1. Biji-bijian

Burung derkuku merupakan burung pemakan biji-bijian, seperti biji bunga matahari, jagung, dan padi-padian. Biji-bijian merupakan sumber energi dan nutrisi penting bagi burung derkuku.

2. Buah-buahan

Burung derkuku juga senang memakan buah-buahan, seperti pepaya, pisang, dan mangga. Buah-buahan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh burung derkuku.

3. Serangga

Burung derkuku juga memakan serangga dan cacing kecil yang dapat ditemukan di sekitar habitatnya. Serangga seperti jangkrik, belalang, dan ulat bulu merupakan santapan favorit dari burung ini.

4. Makanan Komersial

Untuk memenuhi kebutuhan gizi nya, banyak peternak dan penggemar burung derkuku yang memberikan makanan komersial berupa biji-bijian yang sudah diolah dan dicampur dengan vitamin dan mineral tambahan.

5. Air

Air merupakan kebutuhan penting bagi burung derkuku. Pastikan selalu menyediakan air bersih yang dapat diakses dengan mudah oleh burung derkuku.

Keuntungan Memberikan Makanan yang Seimbang untuk Burung Derkuku

1. Meningkatkan Kesehatan Burung Derkuku

Makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi akan membantu meningkatkan kesehatan burung ini. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung derkuku terhadap penyakit dan infeksi.

Baca Juga :  Keuntungan Menggunakan Pakan Perkutut Gold Coin

2. Meningkatkan Keindahan Bulu Burung Derkuku

Makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi juga dapat membantu meningkatkan keindahan bulu burung derkuku. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu membuat bulu burung derkuku lebih tebal, cerah, dan indah.

3. Meningkatkan Kicauan Burung Derkuku

Makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi juga dapat membantu meningkatkan kicauan burung derkuku. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu meningkatkan kemampuan vokal burung derkuku sehingga kicauannya lebih merdu dan indah.

4. Meningkatkan Produksi Telur Burung Derkuku

Makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi juga dapat membantu meningkatkan produksi telur burung derkuku. Nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu menjaga kesehatan reproduksi burung derkuku dan meningkatkan produksi telur yang sehat dan berkualitas.

5. Menghindari Penyakit dan Infeksi

Memberikan makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi juga dapat membantu menghindari penyakit dan infeksi pada burung derkuku. Makanan yang tidak seimbang dan kurang nutrisi dapat menyebabkan burung derkuku rentan terhadap penyakit dan infeksi yang dapat mengancam kesehatannya.

Kesimpulan

Burung derkuku merupakan burung yang sangat terkenal di Indonesia karena kicauannya yang merdu dan indah. Untuk menjaga kesehatan dan keindahan burung derkuku, penting untuk memberikan makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi. Memberikan makanan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan kicauan burung derkuku dan menjaga kelangsungan hidup spesies ini di alam liar.