Jenis Makanan Burung Puter Putih

Jenis Makanan Burung Puter Putih

Kicauaunburung.com – Jenis Makanan Burung Puter Putih – Burung puter putih atau sering juga disebut burung lovebird merupakan jenis burung yang populer di Indonesia karena keindahan tampilannya yang menawan. Burung ini memiliki gaya hidup yang aktif dan ceria, sehingga menjadi burung peliharaan yang disukai oleh banyak orang.

Untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan burung puter putih peliharaan Anda, Anda harus memberikan perhatian khusus terhadap makanan burung puter putih yang harus dikonsumsi. Artikel ini akan membahas tentang makanan burung puter putih yang tepat untuk menjaga kesehatan burung peliharaan Anda.

Kandungan Gizi dalam Makanan Burung Puter Putih

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi burung puter putih. Burung ini membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Burung puter putih juga membutuhkan serat yang cukup untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan mereka. Serat dapat ditemukan dalam biji-bijian, seperti beras merah, jagung, dan kacang hijau.

Protein

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan burung puter putih untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Burung ini membutuhkan

 

makanan yang mengandung protein berkualitas tinggi, seperti telur, ikan, dan daging.

Selain itu, burung puter putih juga dapat mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti kroto atau jangkrik sebagai camilan.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan burung puter putih. Burung ini membutuhkan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga :  Pilihan Jenis Pakan Kolibri di Indonesia

Buah-buahan yang dapat diberikan pada burung puter putih antara lain apel, pisang, dan melon. Sedangkan sayuran yang cocok untuk burung ini adalah brokoli, wortel, dan bayam.

Jenis Makanan Burung Puter Putih

Biji-bijian

Biji-bijian adalah jenis makanan utama untuk burung puter putih. Jenis biji-bijian yang disukai oleh burung puter putih antara lain biji bunga matahari, biji kacang tanah, dan jagung.

Sebelum diberikan pada burung, pastikan biji-bijian tersebut sudah dicuci dan dikeringkan dengan baik. Selain itu, jangan memberikan biji-bijian yang sudah basi atau berjamur karena dapat membahayakan kesehatan burung.

Suplemen dan Vitamin

Suplemen dan vitamin dapat diberikan pada burung puter putih untuk membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Beberapa vitamin yang penting untuk burung puter putih antara lain vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Suplemen dan vitamin dapat ditemukan di toko-toko hewan peliharaan atau dapat diberikan melalui makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Kroto dan Jangkrik

Kroto dan jangkrik adalah camilan yang disukai oleh burung puter putih. Namun, Anda harus memberikan camilan ini dengan bijak karena terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan pada burung.

Pastikan kroto dan jangkrik yang diberikan pada burung puter putih sudah segar dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Cara Memberikan Makanan Burung Puter Putih

Untuk memberikan makanan burung puter putih, Anda dapat menempatkan mangkuk makanan di dalam kandang atau menggantungkan tempat makan di dalam kandang. Pastikan tempat makanan selalu bersih dan terhindar dari kontaminasi parasit atau bakteri.

Selain itu, pastikan burung puter putih selalu memiliki akses ke air bersih dan segar. Gantilah air setiap hari untuk menjaga kebersihan air dan menghindari kontaminasi bakteri.

Baca Juga :  Apa Saja Makanan Burung Kakak Tua

Kesimpulan

Makanan burung puter putih sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan burung peliharaan Anda. Pastikan makanan yang diberikan mengandung nutrisi yang cukup, seperti karbohidrat kompleks, protein berkualitas tinggi, vitamin, dan mineral.

Anda juga dapat memberikan camilan seperti kroto atau jangkrik, namun pastikan tidak memberikan terlalu banyak dan pastikan camilan tersebut segar dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Dengan memberikan makanan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan dan kebahagiaan burung puter putih peliharaan Anda.