Jenis-jenis Pakan Merpati

Jenis-jenis Pakan Merpati

Kicauanburung.com – Jenis-jenis Pakan Merpati – Pakan merpati merupakan salah satu faktor kunci dalam menentukan performa merpati balap. Merpati balap memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar dapat terbang dengan kecepatan yang tinggi dan bertahan dalam jarak yang lama. Oleh karena itu, perlu diketahui pakan apa yang terbaik bagi merpati balap.

Jenis-jenis Pakan Merpati

Pakan merpati terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

Biji-bijian

Biji-bijian seperti jagung, kedelai, kacang tanah, dan beras merah merupakan sumber utama karbohidrat bagi merpati balap. Sebagian besar kandungan energi pada pakan merpati berasal dari biji-bijian ini.

Jagung

Biji-bijian yang paling sering digunakan sebagai pakan merpati yaitu jagung. Jagung mengandung karbohidrat yang tinggi dan mudah dicerna oleh merpati. Selain itu, jagung juga mengandung protein dan lemak yang cukup.

Kedelai

Kedelai mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan jagung. Namun, serat pada kedelai sulit dicerna oleh merpati, sehingga perlu dicampur dengan biji-bijian yang lain.

Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung protein dan lemak yang tinggi, namun kurang mengandung karbohidrat. Oleh karena itu, kacang tanah perlu dicampur dengan jagung atau biji-bijian lainnya.

Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan jagung, sehingga bisa menjadi alternatif pakan merpati. Namun, harga beras merah lebih mahal dibandingkan jagung.

Baca Juga :  Jenis-jenis Makanan untuk Burung Jalak Kebo

Buah-buahan dan Sayuran

Merpati membutuhkan Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh merpati. Buah-buahan seperti apel, pisang, dan jeruk dapat memberikan vitamin C, sedangkan sayuran seperti wortel dan bayam mengandung banyak vitamin dan mineral.

Apel

Apel mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk sistem pencernaan merpati. Namun, apel tidak mengandung protein dan lemak yang cukup, sehingga perlu dicampur dengan biji-bijian atau kacang-kacangan.

Pisang

Pisang mengandung vitamin C, kalium, dan karbohidrat yang baik untuk merpati. Namun, pisang juga tidak mengandung protein dan lemak yang cukup, sehingga perlu dicampur dengan pakan lainnya.

Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan serat yang baik untuk merpati. Namun, wortel juga tidak mengandung protein dan lemak yang cukup, sehingga perlu dicampur dengan biji-bijian atau kacang-kacangan.

Bayam

Sayuran Bayam mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Bayam juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan merpati.

Penyimpanan Pakan Merpati

Pakan merpati perlu disimpan dengan baik agar tidak rusak atau basi. Pakan yang basi atau rusak dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kesehatan pada merpati. Berikut adalah tips untuk menyimpan pakan merpati:

Simpan di Wadah yang Kering

Simpan pakan merpati di wadah yang kering dan tertutup rapat. Hindari menyimpan pakan di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung, karena dapat menyebabkan pakan menjadi basi atau rusak.

Simpan dalam Jumlah yang Cukup

Simpan pakan merpati dalam jumlah yang cukup untuk beberapa hari. Jangan menyimpan terlalu banyak pakan dalam satu wadah, karena dapat membuat pakan menjadi basi atau rusak.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan pakan merpati. Jangan menggunakan pakan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa, karena dapat menyebabkan merpati sakit.

Baca Juga :  Jenis-jenis Pakan Burung Kenari

Jumlah Asupan Pakan Merpati

Jumlah asupan pakan merpati yang dibutuhkan tergantung pada usia, berat badan, dan aktivitas merpati. Berikut adalah panduan umum untuk jumlah asupan pakan merpati:

Merpati Balap Dewasa

Merpati balap dewasa memerlukan sekitar 30-40 gram pakan per hari. Jumlah ini dapat diberikan dalam dua kali pemberian, yaitu pagi dan sore hari.

Merpati Balap Muda

Merpati balap muda memerlukan sekitar 20-30 gram pakan per hari. Jumlah ini dapat diberikan dalam tiga kali pemberian, yaitu pagi, siang, dan sore hari.

Kesimpulan

Pakan merpati merupakan sumber gizi penting bagi merpati balap. Jenis-jenis pakan yang diberikan harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga perlu diberikan sebagai sumber vitamin dan mineral. Pakan merpati perlu disimpan dengan baik agar tidak rusak atau basi, dan jumlah asupan pakan harus disesuaikan dengan usia, berat badan, dan aktivitas merpati.