Jenis-jenis Pakan Burung Branjangan

Jenis-jenis Pakan Burung Branjangan

Kicauanburung.com – Jenis-jenis Pakan Burung Branjangan – Burung branjangan atau dalam bahasa Inggris disebut white-rumped shama merupakan burung pengicau yang populer di Indonesia. Selain memiliki suara yang merdu, burung branjangan juga memiliki penampilan yang cantik dengan bulu berwarna kehitaman dan perut putih.

Untuk menjaga kesehatan dan menjaga kualitas suara burung branjangan, pakan yang tepat sangatlah penting. Pada artikel ini, kami akan membahas jenis-jenis pakan burung branjangan yang perlu diketahui.

Pakan Berprotein Tinggi

Jangkrik

Salah satu jenis pakan burung branjangan yang paling populer yaitu jangkrik. Jangkrik mengandung protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan burung branjangan. Namun, jangan memberikan jangkrik yang terlalu besar atau terlalu banyak, karena dapat menyebabkan obesitas pada burung.

Cacing Sutra

Pakan berprotein tinggi yang baik untuk burung branjangan adalah cacing sutra. Cacing sutra dapat meningkatkan stamina burung dan membantu menjaga kesehatannya. Namun, pastikan cacing sutra yang diberikan bersih dan bebas dari kuman.

Telur Puyuh

Telur puyuh mengandung protein yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan burung branjangan. Namun, pastikan telur puyuh yang diberikan sudah matang dan bebas dari bakteri.

Udang Kering

Udang kering mengandung protein, mineral, dan vitamin yang baik untuk burung branjangan. Namun, jangan memberikan udang kering yang terlalu banyak, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada burung.

Baca Juga :  Cara Memberikan Kroto Pakan Burung

Kroto

Kroto atau semut rangrang merupakan pakan yang mengandung protein dan asam amino yang baik untuk burung branjangan. Namun, pastikan kroto yang diberikan bersih dan bebas dari kuman.

Pakan Buah-buahan

Pisang

Salah satu jenis buah yang baik untuk burung branjangan adalah pisang. Pisang mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan burung.

Apel

Apel juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk burung branjangan. Namun, pastikan untuk menghilangkan biji apel sebelum memberikannya pada burung.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu pencernaan burung branjangan. Namun, pastikan untuk menghilangkan biji pepaya sebelum memberikannya pada burung.

Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan burung branjangan. Namun, jangan memberikan jambu biji yang terlalu matang atau terlalu mentah.

Mangga

Mangga mengandung vitamin A dan C serta serat yang baik untuk burung branjangan. Namun, pastikan untuk menghilangkan biji mangga sebelum memberikannya pada burung.

Pakan Serangga

Ngengat

Salah satu jenis serangga yang populer sebagai pakan burung branjangan adalah ngengat. Ngengat mengandung protein dan lemak yang baik untuk kesehatan burung.

Belalang

Selain ngengat, Belalang juga merupakan pakan serangga yang populer untuk burung branjangan. Belalang mengandung protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan burung.

Jangkrik

Sebagai pakan berprotein tinggi, jangkrik juga dapat diberikan sebagai pakan serangga pada burung branjangan. Namun, pastikan jangkrik yang diberikan tidak terlalu besar atau terlalu banyak.

Lalat Buah

Lalat buah mengandung protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan burung branjangan. Namun, pastikan lalat buah yang diberikan bersih dan bebas dari kuman.

Capung

Capung mengandung protein dan lemak yang baik untuk burung branjangan. Namun, pastikan capung yang diberikan bersih dan bebas dari kuman.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Makanan Burung Kakatua

Pakan Pelet

Pelet Burung Branjangan

Yang pertama yaitu Pelet burung branjangan merupakan pakan pelet yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan nutrisi dan kesehatan burung branjangan. Kandungan dalam Pelet burung branjangan yaitu protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh burung.

Pelet Multivitamin

Pelet multivitamin mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan burung branjangan. Pemakaian Pelet multivitamin dapat diberikan sebagai tambahan nutrisi pada pakan burung branjangan yang lain.

Pelet Serangga

Pelet serangga merupakan pakan pelet yang mengandung serangga sebagai sumber protein. Pemberian Pelet serangga dapat sebagai alternatif pakan pada burung branjangan yang sulit menerima pakan serangga segar.

Pelet Buah-buahan

Pelet buah-buahan mengandung buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral. Sebagai alternatif Pelet buah-buahan dapat diberikan pada burung branjangan yang sulit menerima buah-buahan segar.

Pelet Sayuran

Pelet sayuran mengandung sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral sebagai alternatif pakan pada burung branjangan yang sulit menerima sayuran segar.

Kesimpulan

Pada kesimpulan, dapat disimpulkan bahwa pakan burung branjangan yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan burung dan meningkatkan kualitas suaranya. Jenis-jenis pakan burung branjangan yang perlu diberikan meliputi pakan berprotein tinggi, buah-buahan, serangga, dan pelet. Pastikan untuk memberikan pakan yang seimbang dan bersih untuk menjaga kesehatan burung branjangan dengan baik.