Harga Kutilang Emas di Indonesia

Harga Kutilang Emas di Indonesia

Kicauanburung.com – Harga Kutilang Emas di Indonesia – Indonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Salah satu kekayaan alam yang cukup terkenal adalah burung kutilang emas. Burung ini memiliki warna yang indah dan suaranya yang merdu membuatnya menjadi burung yang dicari banyak orang.

Apa itu Burung Kutilang Emas?

Burung kutilang emas atau dalam bahasa ilmiahnya Nectarinia sperata adalah burung kecil yang berasal dari Asia Tenggara. Burung ini memiliki ciri khas berwarna emas kekuningan di bagian bawahnya dan hijau kebiruan di bagian atasnya. Selain itu, burung ini juga memiliki paruh berbentuk seperti garpu yang berguna untuk mencari nektar bunga sebagai makanannya.

Burung kutilang emas termasuk dalam keluarga burung kolibri dan biasanya hidup di daerah yang banyak terdapat bunga seperti kebun atau taman. Suaranya yang merdu juga membuat burung ini sering dijadikan sebagai burung kicauan yang populer.

Harga Kutilang Emas di Pasaran

Karena keindahannya, burung kutilang emas menjadi salah satu burung yang cukup dicari oleh para pecinta burung. Namun, harga burung kutilang emas cukup tinggi dan tergolong mahal di pasaran.

Harga burung kutilang emas bervariasi tergantung dari faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, kualitas bulu, dan kesehatan burung tersebut. Untuk burung kutilang emas yang sehat dan memiliki kondisi yang baik, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Baca Juga :  Tips Membeli dan Menjaga Kesehatan Burung Kutilang

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Kutilang Emas

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung kutilang emas:

Jenis Kelamin

Harga burung kutilang emas jantan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan betina karena suaranya yang lebih merdu dan cantik.

Usia

Burung kutilang emas yang masih muda biasanya lebih murah dibandingkan dengan burung yang sudah dewasa atau bahkan burung yang sudah berumur.

Kualitas Bulu

Burung kutilang emas yang memiliki bulu yang lebih indah dan bersih biasanya akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang bulunya kurang bersih atau tidak seindah burung yang lain.

Kesehatan Burung

Burung kutilang emas yang sehat dan aktif biasanya akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang sakit atau tidak aktif.

Lokasi Penjualan

Harga burung kutilang emas juga bisa dipengaruhi oleh lokasi penjualan. Harga di daerah yang memiliki permintaan tinggi tentu saja akan lebih mahal dibandingkan dengan daerah yang permintaannya kurang.

Peraturan Mengenai Perdagangan Burung Kutilang Emas

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki undang-undang yang mengatur tentang perdagangan hewan dan tumbuhan. Salah satu peraturan yang mengatur tentang perdagangan burung kutilang emas adalah Keputusan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Nomor SK.291/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2018 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 447/Kpts-II/1995 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Dalam peraturan ini, burung kutilang emas termasuk dalam jenis satwa yang dilindungi dan tidak boleh diperjualbelikan tanpa izin dari pihak yang berwenang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian burung kutilang emas agar tidak terancam punah.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, burung kutilang emas adalah burung yang sangat indah dan memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Namun, sebagai warga negara Indonesia, kita juga harus menjaga kelestarian burung kutilang emas agar tidak terancam punah. Oleh karena itu, mari kita tetap melestarikan kekayaan alam Indonesia dengan cara yang baik dan benar.

Baca Juga :  Harga Kutilang Emas di Pasaran